Pengembangan Panduan Praktikum Berbasis Keterampilan Proses Sains pada Mata Pelajaran IPA untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa di MI Sabilillah Tanjung Kertosono Nganjuk

  • Nurul Mukaromah Dwi Hayati STAI Miftahul Ula Nganjuk
Keywords: Panduan praktikum IPA, Keterampilan Proses Sains, Pemahaman Konsep IPA

Abstract

Dalam dunia pendidikan pembelajaran IPA adalah suatu bidang ilmu yang memerlukan praktikum untuk pembuktian yang sistematis. Dalam mencapai pembelajaran yang mencakup tentang produk, proses, dan sikap ilmiah dibutuhkan praktikum dalam pembelajaran IPA. Berdasarkan dari hasil wawancara guru kelas IV bahwa di MI tersebut belum tersedia buku yang khusus untuk melakukan kegiatan praktikum sehingga siswa kurang termotivasi dan kurang memahami konsep dasar dalam melakukan kegiatan praktikum IPA. Untuk mencapai tujuan tersebut, maka diperlukan bahan ajar yang sesuai. Bahan ajar yang sesuai adalah lembar panduan praktikum IPA bebasis ketrampilam proses sains. Tujuan penelitian adalah: Untuk mengetahui kelayakan panduan praktikum IPA dalam meni ngkatkan pemahaman konsep IPA pada siswa MI, Untuk mengetahui keefetifan panduan praktikum pada mata pelajaran IPA. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D). Model Pengembangan yang digunakan adalah 4-D (Define, Design, Development, Disseminate)    Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV MI Sabilillah Tanjung. Metode pengumpulan data dalam penelitian menggunakan teknik observasi, wawancara, dan angket. Teknis analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif. Proses pengembangan panduan praktikum IPA berbasis keterampilan proses sains terdapat empat tahap yaitu pendefinisian, perancangan produk, pengembangan produk, penyebaran produk. Kelayakan dan keefektifan panduan praktikum IPA berbasis keterampilan proses sains terbukti sangat layak dengan hasil validasi dari validator ahli materi 92%, ahli desain 93%, respon guru 85% dan respon siswa 74%, dan dengan hasil keefektifan 78% efektif untuk digunakan pada proses kegiatan belajar mengajar terutama pada kegiatan  praktek IPA.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad Susanto, Teori Belajar dan Pembelajaran diSekolah Dasar, (Jakarta: PT Kharisma Putra Utama), 2013
Suryaningrum, V., & Anwar, Z. (2025). Pengembangan Media Pembelajaran GALARAMA pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa Kelas IV di MI As-Salam Bogo Nglawak Kertosono Nganjuk. Mentari : Journal of Islamic Primary School, 3(1), 41-54. Retrieved from https://ejournal.staimnglawak.ac.id/index.php/ment/article/view/1685
Suryaningsih, Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis IT untuk Meningkatkan Kognitif dan Keterampilan Proses Dasar Siswa Kelas IV SD/MI, Tesis, Yogyakarta: Program Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, 2017,
Niken.“Pengembangan Penuntun Praktikum Biologi Bernuansa Keterampilan Proses Sains untuk Siswa Kelas XI Semester Genap”. Jurnal Kesehatan. Vol 8(1), pp. 48-53. 2017
Jale Kalemkus, Sule Bayraktar and Sabahattin Ciftcl, Comparative Effects of Argumentation and Laboratory Experimens on Metacognition, Attitudes, and Science Process Skills of Primary School Children, Journal Of Scirnce Learning, 2021.4 (2).
Astri Anggraini, “Pengembangan Petunjuk Praktikum Biologi Pada Materi Jamur Dengan Pola Pemberdayaan Berpikir Melalui Pertanyaan (Studi Kasus Di Kelas X.3
Published
2025-06-30
How to Cite
Hayati, N. (2025). Pengembangan Panduan Praktikum Berbasis Keterampilan Proses Sains pada Mata Pelajaran IPA untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa di MI Sabilillah Tanjung Kertosono Nganjuk. Mentari : Journal of Islamic Primary School, 3(2), 153-166. Retrieved from https://ejournal.staimnglawak.ac.id/index.php/ment/article/view/1770
Section
Articles