Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Canva untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Islam Terpadu Darul Falah Kertosono Nganjuk
Abstract
Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Aplikasi Canva Kelas III di SD Islam Terpadu Darul Falah Kertosono Nganjuk atas dasar fenomena yang ada di sekolah yakni belum optimalnya penggunaan media pembelajaran, dikarenakan lebih fokus pada penguasaan kelas, dalam proses pembelajaran masih terbatas menggunakan LKS sebagai media pembelajaran.
Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mendeskripsikan pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Aplikasi Canva materi Kisah Nabi Ibrahim kelas III (2) Mendeskripsikan hasil uji coba Media Pembelajaran Interaktif Aplikasi Canva materi Kisah Nabi Ibrahim kelas III Sekolah Dasar Islam Terpadu Darul Falah Kertosono Nganjuk tahun ajaran 2023/2024.
Metode penelitian yang digunakan adalah model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation) dengan desain penelitian R&D (Research & Development). Peneliti berfokus pada pengembangan media berbasis canva untuk memenuhi kebutuhan siswa, teknik pengumpalan data berupa observasi, wawancara dan angket, sedangkan analisis data yang digunakan deskriptif kualitatif, subjek penelitian ini berjumlah 12 siswa.
Hasil penelitian secara umum menunjukkan skor dari uji validasi ahli media 93%, uji validasi ahli materi 94%, respon siswa terhadap media 95%, pada uji coba memperoleh 98% dengan kualifikasi sangat baik dimana siswa memahami materi dan mampu menggunakan media, serta respon guru kelas terhadap media 98%. Dengan demikian Multimedia Pembelajaran Interaktif Aplikasi Canva sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran.
Downloads
References
Dr. Nurdyansyah, S.Pd., M.Pd, Media Pembelajaran Inovatif, Sidoarjo, Umsida Press, 2019
Permendikbud Nomor 65 Tahun 2013 tentang standar proses Pendidikan Dasar dan Menengah.
Rachmatullah Dkk, Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis Canva, Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, Vol. 12 No. 2, 2020
Hasil wawancara dengan guru PAI di SD Islam Terpadu Darul Falah, Kertosono, 20 April 2024
Budi Santoso Dkk, Tantangan Pendidikan Islam Menuju Era Society 5.0: Urgensi Pengembangan Berpikir Kritis dalam Pembelajaran PAI di Sekolah Dasar, Jurnal Papeda; Vol 5, No.1, 2023
Copyright (c) 2025 M. Khoirul Anam Catur Pamungkas

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.