Peningkatan Peningkatan Pemahaman Nilai Pancasila Melalui Media Pembelajaran Permainan Ular Tangga Kelas I MI Nurul Hidayah Urangagung
Abstract
Artikel ini mengulas penerapan media permainan edukatif ular tangga sebagai strategi untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap nilai-nilai Pancasila dalam mata pelajaran Pendidikan Pancasila di kelas I MI Nurul Hidayah Sidoarjo. Permainan ular tangga dinilai efektif dalam menyampaikan konsep-konsep abstrak kepada siswa usia dini karena mampu membangun suasana belajar yang aktif, menyenangkan, dan interaktif. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus, dengan masing-masing siklus meliputi tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan mencakup tes, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan dalam pemahaman siswa, dengan rata-rata nilai yang meningkat dari 63,08 pada siklus I menjadi 78,08 pada siklus II, serta peningkatan ketuntasan belajar dari 30,7% menjadi 92,3%. Kebaruan penelitian ini terletak pada integrasi nilai-nilai Pancasila ke dalam bentuk permainan tematik yang disertai kegiatan reflektif. Penelitian ini merekomendasikan penggunaan media permainan edukatif sebagai pendekatan inovatif dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila di tingkat sekolah dasar.
Downloads
References
Ardianingtyas, R. W., & Purnamasari, V. (2024). Pengaruh Media Ular Tangga Pintar terhadap Hasil Belajar Pendidikan Pancasila Siswa Kelas II. DIKDAS MATAPPA: Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar, 7(2), 367–373.
Janah, M. N., Reni, D. S., Wulandari, N. S., Musayadah, B., & Maulana, R. Y. (2025). EFEKTIVITAS PERMAINAN ULAR TANGGA DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS), 5(1), 197–204.
Anwar, Z. (2023). Perkembangan Pendidikan Dasar Islam: Paradigma Revolusi Sains Thomas Kuhn. Kartika: Jurnal Studi Keislaman, 3(1), 94–110. https://doi.org/10.59240/kjsk.v3i1.36
Ramadhani, A. (2022). Penerapan Media Permainan Ular Tangga untuk Meningkatkan Pemahaman Nilai Pancasila. Jurnal Inovasi Pembelajaran, 7(2), 78–88.
Suryani, L. (2021). Pengaruh Media Permainan Edukatif terhadap Hasil Belajar PPKn Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 8(1), 45–54.
Suyanto. (2018). Pembelajaran Tematik untuk Sekolah Dasar. Universitas Terbuka.
Wati, A. (2021). Pengembangan media permainan ular tangga untuk meningkatkan hasil belajar siswa sekolah dasar. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 68–73.
Copyright (c) 2025 Khilyatul Isma, Moh. Agus Syairofi Syafi’

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.