Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Antusiasme Siswa dalam Pembelajaran PAI dengan Materi “Ketika Kehidupan Telah Berhenti” Melalui Penggunaan Metode Diskusi, Kerja Kelompok dan Media Visual

  • Iin Hindasih STAI Al-Masthuriyah Sukabumi
  • Ratna Wulan STAI Al-Masthuriyah Sukabumi
Keywords: Aktivitas, Antusisme, Metode pembelajaran diskusi, Kerja Kelompok dengan Visual

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivasi belajar siswa. Dengan metode belajar menggunakan metode diskusi kelompok.Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa Diskusi kelompok sangat penting dilakukan untuk pembelajaraan PAI agar pembelajaran lebih baik dan aktif.

Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan metode pembelajaran diskusi dan tanya jawab dengan menggunakan media visual dalam meningkatkan aktivitas dan antusiasme belajar siswa dalam pembelajaran PAI kelas V SD Lembur Sawah Kecamatan Cicantayan pada semester genap tahun pelajaran 2024/2025. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan aktivitas dan antusiasme belajar siswa dalam pembelajaran PAI kelas V SD Lembur Sawah Kecamatan Cicantayan pada semester genap tahun pelajaran 2024/2025.

Menggunakan jenis penelitian studi kasus dengan pendekatan kualitatif yang datanya diperoleh dari wawancara, observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan penelitian, pembelajaran PAI di SMP Negeri 3 Jombang berjalan lancar, nilai siswa bagus dan pelaksanaan program keagamaan konsisten. Eksplorasi media audio visual dalam pembelajaran PAI terkendala fasilitas pembelajaran, perlu pengembangan visualisasi materi, dan penyesuaian karakter belajar siswa.

Penelitian tindakan kelas ini, terdiri dari dua siklus, dimana setiap siklusnya terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi. Alat pengumpulan data menggunakan instrumen berupa lembar pengamatan peserta didik dalam proses pembelajaran. Hasil penelitian ini adalah pada siklus I, aktivitas dan antusiasme belajar siswa yang tercemin dari kegiatan pembelajan yang cukup aktif sudah cukup baik. Hal ini terlihat dari data yang ada dengan jumlah siswa 46 orang terdapat kenaikan 10,5 % yaitu dari 56,7% dengan kategori rendah, menjadi 67,2% dan berada dalam kategori sedang yang aktif dalam pembelajaran. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode diskusi, kerja kelompok dengan menggunakan media visual dapat meningkatkan aktivitas dan antusiasme siswa dalam pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdul Kosim, Tajudin Nur, T. Fuad Wahab dan Wahya

Aktivitas pembelajaran menurut para ahli-Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim-Riau-diunduh pada tgl 17 februari, pukul 10.13

Andriana iyas-PENERAPAN METODE KERJA KELOMPOK DALAM PEMBELAJARAN

Benyamin Nanga, Christina Ngadha dkk (2023) PENERAPAN METODE DISKUSI UNTUK MENGAKTIFKAN PROSES BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS 3 SD DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA

Enjel Merianti, Yufi Latmini Lasari( (2023) PERAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI SD/MI

Herlina1, Mardiah Astuti dkk ( 2024) PEMANFAATAN MEDIA DIGITAL DALAM MENARIK MINAT SISWA SD/MI TERHADAP PEMBELAJARAN PAI

https://repository.uir.ac.id (diunduh pada tgl 18 februari 2025, pukul 21.10)

Khosyati- Meningkatkan Antusiasme Belajar- Fakultas Agama Islam UMP

KONSEPSI MAKNA HARI KIAMAT DALAM TAFSIR ALQURAN

Marghjiati (2018) Penerapan Metode Kerja Kelompok Untuk Meningkatkan Hasil Belajar oleh.

Muji Yandera (2010)Penerapan media pembelajaran audio visual untuk meningkatkan hasilbelajar -LPTK Fakultas Tarbiyah dan Keguruan

Mutmainah, Muhammad dkk (2024) Inovasi Model Pembelajaran Pai Menggunakan Media Audio Visual dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Smpn 1 Purwosari

Sapto Haryoko (2009) , “Efektifitas Pemanfaatan Media Audio-Visual Sebagai Alternatif Optimalisasi Model Pembelajaran”. Jurnal Edukasi@ Elektro, Volume 5, (1), hal.1-10.

Sukewi, Proses Belajar Mengajar, (Semarang: IKIP Semarang Press, 1994), hal. 23

Wahyu Latul Akmal, Suroyo dkk (2024) Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Sejarah Dengan Menggunakan Metode Diskusi Kelompok Terbuka Kelas X SMA Negeri 1 Koto Gasib

Published
2025-06-30
How to Cite
Hindasih, I., & Wulan, R. (2025). Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Antusiasme Siswa dalam Pembelajaran PAI dengan Materi “Ketika Kehidupan Telah Berhenti” Melalui Penggunaan Metode Diskusi, Kerja Kelompok dan Media Visual. Mentari : Journal of Islamic Primary School, 3(2), 113-130. Retrieved from https://ejournal.staimnglawak.ac.id/index.php/ment/article/view/1737
Section
Articles