Konsep Tujuan Pembelajaran, Pendidik, Dan Peserta Didik Dalam Persepektif ‘Athiyah Al-Abrasyi

  • Moch. Farich Alfani UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
Keywords: Kosep Tujuan Pembelajaran, Pendidik, Peserta Didik

Abstract

Kajian ini dilatar belakangi dengan adanya pendidikan islam yang hanya dijadikan praktek pendidikan dan belum sampai pada pemenuhan ketersambungan jiwa ruhaniyah keismlaman yang jelas. Selain itu, lambanya pertumbuhan serta perkembangan pendidikan islam bukan hanya terjadi pada era abad pertengahan tetapi era sekarang masih berlangsung. Secara umum salah satu pemikirannya tentang pendidikan Islam banyak dipengaruhi oleh pemikiran Ibnu Sina, Ibnu Miskawaih, Imam al-Ghazali dan Ibnu Khaldun sedangkan ‘Athiyah Al-Abrasyi adalah seorang cendekiawan, tokoh pendidikan, ulama dan seorang guru besar dari Mesir. Peneliti menggunakan metode studi literatur dengan pendekatan kualitatif sistematis dengan menggunakan PRISMA (Preferred Reporting Items for Systematic Reviews and Meta Analyses). Pengumpulan data dilakukan dari kajian kitab-kitab turots ulama salaf serta hasil penelitian yang telah dipublikasikan dalam kurun waktu tahun 2015 sampai dengan tahun 2023 pada jurnal nasional dan jurnal internasional bereputasi. Hasil dari kajian ini menyimpulkan bahwa 1) konsep tujuan pembelajaran yang dikemukakan oleh ‘Athiyah Al-Abrasyi adalah lebih fokus kepada jiwa dan akhlak, namun tujuan-tujuan yang lain juga menjadi tujuan yang tidak dapat dilupakan dan diabaikan. Dengan didukung tujuan lainnya yaitu memperhatikan keseimbangan antara kepentingan dunia dan akhirat, memperhatikan segi-segi manfaat, mempelajari ilmu semata-mata untuk ilmu saja, dan memperhatikan pendidikan kejuruan, pertukangan untuk mencari rizki, 2) konsep pendidik menurut ‘Athiyah Al-Abrasyi bukan hanya memperhatikan peningkatan profesionalisme saja. Akan tetapi, pendidik juga harus memiliki sifat-sifat ideal, sehingga bisa didengar dan dipatuhi, serta tingkah lakunya dapat ditiru dan diteladani dengan baik, 3) konsep peserta didik menurut ‘Athiyah Al-Abrasyi bahwa peserta didik memiliki hak dan kewajibannya sebagai pedoman bagi pendidikan Islam.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad Riyadh Maulidi. (2022). Rekontruksi Konsep Evaluasi Pendidikan Rasulullah Saw Dalam Mewujudkan Reparasi Pendidikan Di Indonesia. Al Ulya: Jurnal Pendidikan Islam, 7(1), 11–37.
Ahmad Sabri. (2020). Pendidikan Islam Menyongsong Era Industri 4.0 (Pertama). CV Budi Utama; April.
Ahmad Susanto. (2019). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar (2 ed.). PRENADAMEDIA GROUP.
Al-Abrasyi, M. A. (1987). Dasar-Dasar Pokok Pendidikan Islam, Terj. Bustami A. Ghani dan Dhohar bahry, (ke VII). Bulan Bingtang.
Al-Abrasyi, Muhammad ‘Athiyah. (1962). Ruh al-Tarbiyah wa Ta’lim (Pertama). Kairo: Dar Ihya al-Kutub al Arabiyah.
Al-Abrasyi, Muhammad ‘Athiyah. (1969). Ruh Al-Islam (1 ed.). : Dar al-Ihya’ al-Kutub al-‘arabiyati.
Al-Abrasyi, Muhammad ‘Athiyah. (1976). At-Tarbiyah Al-Islamiyah (3 ed.). Mesir: Isa Babi al-Halabi.
Alfiah. (2015). Hadist Tarbawi (Cetakan Tahun 2015). Kreasi Edukasi.
Al-Ibrashi, Muhamad Atiya. (1990). Education In Islam, terj. Studi Tentang Pendidikan Islam. Pusat Studi Ilmu dan Amal., 2, 45–50.
Al-Mahalli, Imam Jalaludin As-Suyuti. (2004). Tafsir Jalalain Berikut Asbabun Nuzul Jilid 2. Sinar Baru Algensido.
Anastasiia Kuzmenko, Tatiana Chernova, Oksana Kravchuk, Maryna Kabysh, Tetyana Holubenko,. (2023). Innovative Educational Technologies: European Experience and its Implementation in the Training of Specialists in the Context of War and Global Challenges of the 21st Century. October 15, 2023, 12(5), 68–80. https://doi.org/10.5430/jct.v12n5p68
Ara Hidayat & Imam Machali. (2012). Pengelolaan Pendidikan (1 ed.). Penerbit Kaukaba.
Arief, Armai dan Busdahiar. (2009). Ilmu Pendidikan Islam (1 ed.). PT Wahana Kardofa.
Arif, Armai. (2002). Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam (2 ed.). Ciputra Pers.
Aziz, F. A. (2022). Moral Peserta Didik dan Pendidikan Islam Menurut Pemikiran ‘Athiyah Al-Abrasyi.
Dr. Mulyono, M.Pd. (2004). Strategi Pembelajaran Menuju Efektivitas Pembelajaran di Abad Global (Pertama). Maliki Press.
Hanafi, Halik. (2018). Ilmu Pendidikan Islam (2 ed.). Deepublish.
Jauhari, M. I. (2022). Relevansi Konsep Pendidikan ‘Athiyah Al-Abrasyi Terhadap Pendidikan Era Modern, Tawshiyah. Jurnal Sosial Keagaman Dan Pendidikan Islam, 17(01), 27–30.
John W. Creswell. (2018). 30 Ketrampilan Esensial untuk Penelitian Kualitatif (1 ed.). The King Books.
Langgulung. (1987). Azas-Azas Pendidikan Islam (13 ed.). Pustaka Al-Husna.
Muid, A., & Ma’shum, Luthfillah. (2022). Implikasi Konsep Tujuan Pendidikan Islam Muhammad ‘Athiyah Al Abrasyi Terhadap Pendidikan Di Indonesia,. Jurnal Ilmu Pengetahuan Dan Pendidikan Islam, 10(2), 12–18.
Nurdiyanto, Muhajir, Saefudin Zuhri, Hasan Basri, Andewi Suhartini. (2024). Hakikat Kurikulum Pendidikan Islam di Era Modern. Al Ulya: Jurnal Pendidikan Islam, 9(1), 16–38.
Rasimin, Andi Bahtiar Semma, Zakiyuddin, Mukti Ali, Muhammad Irfan Helmy. (2024). Multi-dimensional challenges in the Indonesian social science information technology-based learning: A systematic literature review. Heliyon, 10(7), 1–10. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2024.e28706
Sa‟diyah, H. (2013). Profil Guru Ideal dalam Pandangan Muhammad ‘Athiyah Al Abrasyi. Jurnal Tadris, 7(2), 45–49.
Sedya Sentosa, Karim Abdullah. (2021). PEMIKIRAN MUHAMMAD ATHIYA AL-ABRASYI TENTANG PENDIDIKAN DAN RELEVANSINYA DENGAN DUNIA MODERN. “Undaris” Universitas Darul Ulum Islamic Centre Sudirman GUPPI, 1(2), 61–70.
Sudaryono, Guguk Margono, Wardani Rahayu. (2013). Pengembangan Instrumen Penelitian Pendidikan (Pertama, 2013, Vol. 1). Graha Ilmu.
Yudhiyantoro, B. I. (2022). Studi Komparasi Teori Pembelajaran ‘Athiyah Al-Abrasyi Dan Pendidikan Karakter Serta Relevansinya Dengan Pendidikan Islam. Tafhim Al- ’Ilmi, 14(01), 17–20.
Published
2025-03-31
How to Cite
Alfani, M. (2025). Konsep Tujuan Pembelajaran, Pendidik, Dan Peserta Didik Dalam Persepektif ‘Athiyah Al-Abrasyi. Mentari : Journal of Islamic Primary School, 3(1). Retrieved from https://ejournal.staimnglawak.ac.id/index.php/ment/article/view/1680