Penerapan Metode Inquiry Dan Discovery pada Pembelajaran IPA di Madrasah Ibtidaiyah
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan metode inquiry dan discovery dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di Madrasah Ibtidaiyah berdasarkan kajian pustaka. Metode penelitian yang digunakan adalah kajian literatur (library research) dengan sumber data yang diperoleh dari jurnal-jurnal bereputasi dan buku-buku relevan yang membahas metode inquiry dan discovery. Hasil kajian menunjukkan bahwa metode inquiry dan discovery memberikan kontribusi positif terhadap proses pembelajaran IPA. Metode inquiry mendorong siswa untuk aktif bertanya, mengamati, dan menyelidiki permasalahan secara sistematis, sedangkan metode discovery memungkinkan siswa menemukan konsep-konsep baru melalui eksplorasi dan percobaan. Keduanya berperan dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis, kemampuan pemecahan masalah, dan pemahaman konsep siswa. Selain itu, literatur juga mengungkapkan bahwa penerapan kedua metode ini dapat meningkatkan motivasi belajar siswa karena mereka terlibat langsung dalam proses pembelajaran. Namun, keberhasilan penerapan metode ini sangat bergantung pada peran guru dalam merancang pembelajaran yang terstruktur dan mendukung eksplorasi siswa. Penelitian ini memberikan wawasan tentang pentingnya penerapan metode inquiry dan discovery dalam pembelajaran IPA di Madrasah Ibtidaiyah. Temuan ini diharapkan dapat menjadi acuan bagi guru dan praktisi pendidikan untuk mengembangkan strategi pembelajaran yang lebih inovatif dan efektif.
Downloads
References
Fatonah, S., & Prasetyo, Z. K. (2014). Pembelajaran Sains. Ombak. Gulo, W. (2008). Strategi Belajar Mengajar. Grasindo.
Laksana, D. N. L., & Dasna, I. W. (2017). Bagaimana Melakukan Penilaian Proses Pada Pembelajaran Berbasis Inkuiri? Journal of Education Technology, 1(4), 224. https://doi.org/10.23887/jet.v1i4.12858
Sagala. (2011). Konsep dan Makna Pembelajaran. Alfabeta.
Sanjani, M. A. (2019). Pelaksanaan Strategi Pembelajaran Inkuiri. Jurnal Serunai Administrasi Pendidikan, 8(2), 40–45.
Sanjaya, W. (2012). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Kencana. Shoimin, A. (2014). Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Ar-ruzz Media.
Lieung, K. W. (2019). Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Musamus Journal Of Primary Education, 1(2), 073–082. Https://Doi.Org/10.35724/Musjpe.V1i2.1465
M, I., Rukli, R., & Baharullah, B. (2019). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Menggunakan Metode Discovery Learning Berbasis Grander Di Sekolah Dasar. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 3(2),127–139. https://Doi.Org/10.33487/Edumaspul.V3i2.147
Nurul Istikomah, S. C. R. A. T. A. H. (2018). Penerapan Model Discovery Learning Pada Pembelajaran Ips Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Didaktika
Dwija Indria (Solo), 6(3), 130–139. Pangesti, W., & Radia, E. H. (2021). Meta Analisis Pegaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Sekolah Dasar. Elementary School: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ke-Sd-An, 8(2), 281–286. Https://Doi.Org/10.31316/Esjurnal.V8i2.1313
Panjaitan, W. A., Simarmata, E. J., Sipayung, R., & Silaban, P. J. (2020). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Discovery Learning Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1350–1357. Https://Doi.Org/10.31004/Basicedu.V4i4.549
Copyright (c) 2025 Sufraini Sufraini, Putri Arwinda

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.