Urgensi Integrasi Ilmu Ke-MI-an dengan Ilmu Islam: Studi Kepustakaan

  • Putri Sekar Sari Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta
Keywords: Integrasi ilmu, ilmu islam, madrasah ibtidaiyah

Abstract

Pendidikan menjadi tumpuan dan kunci utama dalam membimbing dan mengarahkan generasi emas menapaki masa depan. Namun, adanya tawaran konsep dan paradigma dalam aspek pendidikan menjadi penyebab terjadinya dikursus dikotomi dan dualisme pendidikan, sehingga integrasi keilmuan dalam islam terus diupayakan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pentingnya integrasi ilmu ke-MI-an dan ilmu islam, namun tidak hanya terfokus pada urgensinya saja melainkan memberikan pemahaman akan konsep dan implementasi integrasi ilmu ke-MI-an denan ilmu islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode studi kepustakaan (library research). Adapun proses pengumpulan ddan sumber data dalam penelitian ini diperoleh melalui studi pustaka seperti buku-buku terkait pokok bahasan, artikel jurnal dan penelitian-penelitian terdahulu yang relevan dengan topik penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa integrasi ilmu umum dengan ilmu Islam bukan hanya sekedar memadukan dua sumber pengetahuan saja, melainkan memperkaya pemahaman dan pengalaman tentang dunia dan nilai-nilai individu sebagai manusia. Hal ini sangat penting untuk menghasilkan individu yang lebih terdidik, berempati, dan berkontribusi positif dalam masyarakat

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah, M. A. (2006). Islamic Studies di Perguruan Tinggi: Pendekatan Integratif- Interkonektif. Pustaka Pelajar.
Ahmad, D. N. F., Fadilah, A. A., Ningtyas, D. C., & Putri, S. N. (2021). Merdeka Belajar dalam Perspektif Hukum Indonesia. Indonesian Journal of Law and Policy Studies, 2(1), 51–60. https://doi.org/10.35897/jurnaltinta.v3i1.649
Al-Qathan, M. K. (2015). Studi Ilmu-Ilmu Qur’an. Pustaka Litera Antar Nusa.
Anwar, Z., & Masrifatin, Y. (2023). Konsep Integrasi Ilmu Ke Mi-an dengan Ilmu Islam. Mentari: Journal Of Islamic Primary School, 1(4), 290–300.
Aulia, Putri, M., & Siti, M. (2024). Peran Orang Tua dalam Perkembangan Emosional Anak Sekolah Dasar. Mentari Jounal of Islamic Primary School, 2(2), 75–82.
Azizah, A. A. M. (2021). Analisis Pembelajaran IPS di SD/MI dalam Kurikulum 2013. JMIE (Journal of Madrasah Ibtidaiyah Education), 5(1), 1. https://doi.org/10.32934/jmie.v5i1.266
Baharuddin, & dkk. (2011). Dikotomi Pendidikan Islam: Historisatas dan Implikasi pada Masyarakat Islam. Remaja Rosdakarya.
Basit, A. (2023). Konsep Pendidikan Integratif. Misykat Al-Anwar Jurnal Kajian Islam Dan Masyarakat, 6(1), 91. https://doi.org/10.24853/ma.6.1.91-118
Candra, R., Sari, P. S., & Nuansa, A. G. (2023). Stereotip Gender Pada Profesi Guru Tari Laki-Laki di Lingkungan Pendidikan Formal. SETARA: Jurnal Studi Gender Dan Anak, 5(2), 28–40.
Darda, A. (2015). Integrasi Ilmu dan Agama: Perkembangan Konseptual di Indonesia. 1, 40.
Fiteriani, I. (2014). Analisis model integrasi ilmu dan agama dalam pelaksanaan pendidikan di Sekolah Dasar Islam Bandar Lampung. Terampil Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 1(2), 1–30. http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/terampil/article/view/1314/1042
Hanum, R. (2017). Integrasi Ilmu dan Kurikulu Sekolah Islam Terpadu di Aceh. 1, 32.
Hidayat, F. (2015). Pengembangan Paradigma Integrasi Ilmu: Harmonisasi Islam dan Sains dalam Pendidikan. Jurnal Pendidikan Islam, 4(2), 299. https://doi.org/10.14421/jpi.2015.42.299-318
Imron, A. (2017). Implementasi Pengembangan Materi PAI MI Perspektif Integrasi Interkoneksi. Magistra, 8(2).
Istiqomah, N., & Putro, K. Z. (2021). Konsep Integrasi Ilmu Ke-MI-an dengan Ilmu Islam. Madrosatuna : Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 5(1), 37–46.
Khawani, A. (2022). Urgensi Integrasi Ilmu Ke MI-an dengan Ilmu Islam. Tarbiyah Al-Awlad, 12(2), 147–152.
Kurniawan, S. (2019). Perspektif Umat Islam tentang Agama dan Ilmu Pengetahuan. Dinamika Penelitian: Media Komunikasi Penelitian Sosial Keagamaan, 19(1), 145–166.
Lestari, S., & Putro, K. Z. (2021). Integrasi Ilmu Keislaman MI dalam Pembentukan Karakter Generasi Emas. Jurnal Pendidikan Islam, 12(1), 33–44. https://journal.uhamka.ac.id/index.php/jpi/article/view/7008
Lubis, R. R., & Nasution, M. H. (2017). Implementasi Pendidikan Karakter di Madrasah Ibtidaiyah. JIP: Jurnal Ilmiah PGMI, 3(1), 5–10. https://doi.org/10.35335/lebah.v14i1.62
Mawardini, I. D. (2022). Integrasi Pendidikan Karakter Mata Pelajaran IPS di MI Terhadap Nilai-Nilai Islam. Islamic Elementary School: Journal of Education, 2(2), 125–140.
Nurfadhilah, N. (2019). Analisis Pendidikan Karakter Dalam Mempersiapkan Pubertas Menuju Generasi Emas Indonesia 2045. Jurnal Pendidikan Dasar, 10(1), 85–100. https://doi.org/10.21009/jpd.v10i1.11124
Nurul, L. M. (2018). Integrasi pendidikan Islam dan Sains. Uwais Inspirasi Indonesia.
Omeri, N. (2015). Pentingnya Pendidikan Karakter dalam Dunia Pendidikan. Manajer Pendidikan, 9(3), 1044–1054. https://doi.org/10.58578/anwarul.v3i5.1457
Retnanto, A. (2017). Integrasi Keilmuan dalam Pendidikan Islam. Elementary, 5(2), 361–372. http://dx.doi.org/10.1186/s13662-017-1121-6%0Ahttps://doi.org/10.1007/s41980-018-0101-2%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.cnsns.2018.04.019%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.cam.2017.10.014%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.apm.2011.07.041%0Ahttp://arxiv.org/abs/1502.020
Salim, A. (2016). Integrasi Nilai –Nilai Karakter Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Studi Di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Swasta Kabupaten Kulon Progo Yogyakarta. LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 6(2), 111. https://doi.org/10.21927/literasi.2015.6(2).111-133
Salminawati. (2017). Konsep Integrasi Islam dalam Pembelajaran MI. Proceeding Seminar Nasional Dan Pertemuan Perkumpulan Dosen Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Se-Indonesia.
Saputro, K. Z. (2021). Konsep Integrasi Ilmu Ke-MI-an dengan Ilmu Islam. Madrosatuna : Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 5(1), 37–46.
Sari, M., & Asmendri. (2020). Penelitian Kepustakaan (Library Research) dalam Penelitian Pendidikan IPA. Natural Science [Diakses 11 Juli 2022], 6(1), 41–53.
Siregar, P. (2014). Integrasi Ilmu-Ilmu Keislaman dalam Perspektif M. Amin Abdullah. MIQOT: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 38(2), 335–354. http://jurnalmiqotojs.uinsu.ac.id/index.php/jurnalmiqot/article/view/66
Slamet. (2019). Implementasi Konsep Integrasi Ilmu dan Agama. As-Salam: Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Keislaman, 2(3), 231–245. http://journal.stai-yamisa.ac.id/index.php/assalam/article/view/15
Suyatno, S. (2016). Integrasi Ilmu di Sekolah Dasar (Studi Kasus Kurikulum Terpadu di SDIT Lukman Al-Hakim Surakarta). Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), 1(3), 212. https://doi.org/10.22219/jp2sd.v1i3.2727
Tamami, B. (2019). Dikotomi Pendidikan Agama Islam dan Pendidikan Umum di Indonesia. TARLIM: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(1), 1–19.
Taufiqurrahman, S. (2021). Integrasi Pendidikan Dasar dan Ilmu Agama Islam di MI PGM Kota Cirebon. Genderang Asa: Journal of Primary Education, 2(2), 14–29. http://grahajurnal.id/index.php/genderangasa/article/view/157%0Ahttps://grahajurnal.id/index.php/genderangasa/article/download/157/27
Wangsa, D. (2022). Integrasi Ilmu dalam Pembelajaran Integration of Knowledge in Learning. Journey-Liaison Academia and Society Availabel, 1(1), 167–173. https://j-las.lemkomindo.org/index.php/BCoPJ-LAS
Published
2024-09-24
How to Cite
Sari, P. (2024). Urgensi Integrasi Ilmu Ke-MI-an dengan Ilmu Islam: Studi Kepustakaan. Mentari : Journal of Islamic Primary School, 2(3), 231-241. Retrieved from https://ejournal.staimnglawak.ac.id/index.php/ment/article/view/1555