Faktor-faktor yang mempengaruhi Keberhasilan Proses Pembelajaran di SD/MI
Abstract
Keberhasilan proses pembelajaran di sekolah dasar ditentukan oleh kualitas guru yang baik, kurikulum yang sesuai, kapasitas sekolah yang baik, penggunaan metode pembelajaran yang efektif, lingkungan belajar yang mendukung, serta keterlibatan orang tua dalam pendidikan anak. Kombinasi dari faktor-faktor tersebut menciptakan kondisi optimal bagi siswa untuk belajar dan berkembang. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan proses pembelajaran. Data diperoleh melalui pangkalan data PISA edisi 2018 dengan kode nomor SC017 dan SC061. Data dianalisis dengan bantuan aplikasi JASP (Jeffrey's Amazing Statistics Program) dengan metode analisis CFA (Confirmatory Factor Analysis). Penelitian ini menggunakan data primer dengan jumlah responden sebanyak 335 sekolah di Indonesia. Indikator yang digunakan untuk mengukur pengaruh keberhasilan proses pembelajaran adalah KS1 tenaga pengajar kurang bermutu, KS2 kekurangan materi pendidikan, KS3 kekurangan sarana prasarana sekolah, FM1 siswa meninggalkan kelas, siswa FM2 kurang menghormati guru, dan siswa FM3 mengintimidasi siswa lain. CFI = 0,999, NFI = 0,985, IFI = 0,999 dan RNI = 0,999 juga sesuai dengan kriteria yang diterapkan untuk memperoleh model yang fit. Dengan demikian model tersebut fit atau berarti model yang diajukan fit karena didukung oleh data. Ini menunjukkan bahwa model keseluruhan dapat diterima.
Downloads
References
Fuadi, H., Robbia, A. Z., Jamaluddin, J., & Jufri, A. W. (2020). Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 5(2), 108–116. https://doi.org/10.29303/jipp.v5i2.122
Gutiérrez, N., Mercader, I., Carrión, J. J., & Trigueros, R. (2022). Self-Concept and Feeling of Belonging as a Predictor Variable of the Attitude towards the Study from the PISA 2018 Report. Education Sciences, 12(2). https://doi.org/10.3390/educsci12020091
Hewi, L., & Shaleh, M. (2020). Refleksi Hasil PISA (The Programme For International Student Assesment): Upaya Perbaikan Bertumpu Pada Pendidikan Anak Usia Dini). Jurnal Golden Age, 4(01), 30–41. https://doi.org/10.29408/jga.v4i01.2018
Mercader Rubio, I., Oropesa Ruiz, N. F., Ángel, N. G., & Fernández Martínez, M. M. (2022). Motivational Profile, Future Expectations, and Attitudes toward Study of Secondary School Students in Spain: Results of the PISA Report 2018. International Journal of Environmental Research and Public Health, 19(7). https://doi.org/10.3390/ijerph19073864
Nur’aini, F., Ulumuddin, I., Sari, L. S., & Fujianita, S. (2021). Meningkatkan Kemampuan Literasi Dasar Siswa Indonesia Berdasarkan Analisis Data PISA 2018. Pusat Penelitian Kebijakan, 3, 1–10.
Referensi Data Kemdikbud. (2020).
Semper, J. V. O., Lizasoain, I., Abaurrea, J., González-García, C., & Ayuga-Téllez, E. (2021). What kind of school organizational decisions serve to enhance sustainable personal and social growth? Sustainability (Switzerland), 13(17), 1–29. https://doi.org/10.3390/su13179995
Ulkhaq, M. M. (2021). Efficiency Analysis of Indonesian Schools: A Stochastic Frontier Analysis using OECD PISA 2018 Data. Second Asia Pacific International Conference on Industrial Engineering and Operations Management, 2956–2964.
Ulkhaq, M. M. (2022a). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Prestasi Bahasa Siswa Indonesia : Analisis Melalui Pisa Data 2018. November, 62–67.
Ulkhaq, M. M. (2022b). Prosiding National Seminar on Accounting , Finance , Apakah ICT Mempengaruhi Nilai Sains Siswa Indonesia ? Analisis Melalui Data Pisa 2018. 2(8), 43–49.
Ulkhaq, M. M. (2023). Determinan pencapaian siswa bidang matematika : Perbandingan antara indonesia dan singapura Pendahuluan. 02(01), 9–16.
Ulumudin, I. (2020). Evaluasi Kegiatan Pembelajaran Yang Dilakukan Oleh Guru Berdasarkan Hasil Pisa 2018. Jurnal Penelitian Kebijakan Pendidikan, 13(1), 15–26. https://doi.org/10.24832/jpkp.v13i1.346
Xu, Z., & Fang, C. (2021). The Relationship Between School Bullying and Subjective Well-Being: The Mediating Effect of School Belonging. Frontiers in Psychology, 12(September), 1–10. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2021.725542
Copyright (c) 2024 Muh. Asharif Suleman, Zulfi Idayanti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.