Strategi Pengembangan Keilmuan Dasar Islam (PGMI): Paradigma Keilmuan Integratif
Abstract
Penggunaan strategi dalam konsep pembelajaran sekolah dasar sering dianggap mandul dalam mereproduksi komponen output yang dijadikan standar pemerintah, khususnya pengaktualisasian nilai keislaman dalam dinamika perkembangan era teknologi 5.0. Dengan pengembangan strategi keilmuan dasar islam berbasis keilmuan integratif, seorang pendidik tidak lagi hanya melanjutkan estafet adat pembelajaran kuno selama ini, tetapi juga mampu bermetamorfosis dalam membingkai desain pembaharuan yang dapat ditiru oleh kalangan akademisi. Beragamnya karakter peserta didik yang susah ditebak dalam menjangkau seluruh disiplin ilmu dalam pembelajaran SD/MI mengakibatkan nilai keislaman didalamnya pudar. Penelitian ini merupakan penelitian studi kepustakaan (library research). Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa (1) menggabungkan beberapa mata pelajaran ke dalam satu paket studi. Sub-disiplin ilmu harus diintegrasikan ke dalam bidang induk menjadi satu kesatuan (dalam satu mata pelajaran). (2) membangun hubungan lintas disiplin antara materi yang tercakup dalam kelas atau jam yang berbeda. (3) pemeriksaan subjek dari berbagai sudut (perspektif komparatif); dan (4) menghubungkan subjek dengan nilai, peristiwa, dan isu terkini yang terus berkembang (transdisipliner).
Downloads
References
Abdul Majid. (t.t.). Strategi Pembelajaran (1 ed., Vol. 1). PT Remaja Rosdakarya.
Abdul Munip. (t.t.). Hadis Tarbawi. Jurnal Pendidikan Islam (JPI), 1, 159.
Abdullah Idi. (III). Pengembangan Kurikulum (Teori & Praktik) (III). Ar - Ruzz Media.
Al-Abrasyi, M. A. (1987). Dasar-Dasar Pokok Pendidikan Islam, Terj. Bustami A. Ghani dan Dhohar bahry, (ke VII). Bulan Bingtang.
Al-Ibrashi, Muhamad Atiya. (1990). Education In Islam, terj. Studi Tentang Pendidikan Islam. Pusat Studi Ilmu dan Amal., 2, 45–50.
Anastasiia Kuzmenko, Tatiana Chernova, Oksana Kravchuk, Maryna Kabysh, Tetyana Holubenko,. (2023). Innovative Educational Technologies: European Experience and its Implementation in the Training of Specialists in the Context of War and Global Challenges of the 21st Century. October 15, 2023, 12(5), 68–80. https://doi.org/10.5430/jct.v12n5p68
Ara Hidayat & Imam Machali. (2012). Pengelolaan Pendidikan (1 ed.). Penerbit Kaukaba.
Delphine Allès and Amanda tho Seeth. (t.t.). From Consumption to Production: The Extroversion of Indonesian Islamic Education. 26 March 2021.
Dr. Muqowim. (t.t.). Pengembangan Soft Skills Guru (Pertama). PT Pustaka Insan Madani.
Dr. Rahmat Hidayat, MA & Dr. Abdillah, S.Ag, M.Pd. (t.t.). Buku Ilmu Pendidikan Rahmat Hidayat & Abdillah: Vol. September 2019. Penerbit LPPPI.
Hannah R. Slack & Michael Priestley. (t.t.). Online learning and assessment during the Covid-19 pandemic: Exploring the impact on undergraduate student well-being. 22 May 2022, 2(3), 65–70. https://doi.org/10.1080/02602938.2022.2076804
Hasani Ahmad Said. (t.t.). TAFSIR AL-MISHBAH IN THE FRAME WORK OF INDONESIAN GOLDEN TRIANGLE TAFSIRS: A REVIEW ON THE CORRELATION STUDY (MUNASABAH) OF QURAN. Lecturer at Faculty of Sharia, State Institute for Islamic Studies Raden Intan Lampung, Vol. 3 No. 2 DECEMBER 2014.
Khofiatun, K., & Ramli, M. (2016). Peran Kompetensi Pedagogik Guru Dalam Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(5), 984–988.
Mahyuddin Barni. (1). DASAR DAN TUJUAN PENDIDIKAN ISLAM. Al-Banjari, 7, 34–37.
Moch. Farich Alfani dkk. (t.t.). Character Education Values in Introduction to Islamic Studies: A Transformative Scholarly Paradigm. Edulab : Majalah Ilmiah Laboratorium Pendidikan, 9(1), 1–17. https://doi.org/10.14421/edulab.2024.91.06
Moh. Padil & Angga Prasetyo. (UMP 11053). Strategi Pengelolaan SD/MI. UIN Maliki-Press.
Mujib, Abdul & Yusuf Mudzakkir. (2006). Ilmu Pendidikan Islam (13 ed., Vol. 1). Kencana Predana Media.
MUNIRUL IKHWAN. (t.t.). / ةيسينودنالا ةلودلل يمسرلا ينيدلا باطخلا ىلإ ةضراعملا يف ةمجرتلا ةيريسفتلا :ةلودلا يدحت Challenging the State: Exegetical Translation in Opposition to the Official Religious Discourse of the Indonesian State. Edinburgh University Press on behalf of the Centre for Islamic Studies at SOAS, Vol. 17, No. 3.
Nate Doimer. (2022). Motivating Generation Z: A Study of the unique learning styles of a generation [Culminating Project Type, ST. CLOUD STATE UNIVERSITY]. https://www.stcloudstate.edu/library/archives/. https://repository.stcloudstate.edu/eng_etds/13/
Ningsih, T. (2019). Peran Pendidikan Islam Dalam Membentuk Karakter Siswa Di Era Revolosi Industri 4.0 Di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Banyumas. INSANIA: Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 24(2), 220–231.
Roqib. (t.t.). Ilmu Pendidikan Islam ; Pengembangan Pendidikan Integratif di Sekolah (Cetakan 1, Juni). LKIS Yogyakarta. https://books.google.co.id/books?hl=en&lr=&id=h9BqDwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PR1&dq=strategi+integratif+ilmu+dasar+islam&ots=3hQ3qrKGLF&sig=6-K4fb3CrO0ccaLM9vDTif5cbac&redir_esc=y#v=onepage&q=strategi%20integratif%20ilmu%20dasar%20islam&f=false
Suaedi. (t.t.). Pengantar Filsafat Ilmu.
Sudaryono, Guguk Margono, Wardani Rahayu. (2013). Pengembangan Instrumen Penelitian Pendidikan (Pertama, 2013, Vol. 1). Graha Ilmu.
Sumiarsi, N. (2015). Analisis kompetensi pedagogik dan pengembangan pembelajaran guru SD negeri 041 Tarakan. Jurnal Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan, 3(1).
Sunhaji; (2009). Strategi pembelajaran: Konsep dasar, metode, dan aplikasi dalam proses belajar mengajar (Purwokerto). STAIN Purwokerto Press.
Szabó, Csilla Marianna, Bartal, Orsolya, Nagy, Bálint. (2021). The-methods-and-ittools-used-in-higher-education-assessed-in-the-characteristics-and-attitude-of-gen-zActa-Polytechnica-Hungarica. Acta Polytechnica Hongaria, 18(1, 2021).
Zed, Mustika. (2008). Metode Penelitian Kepustakaan (1 ed.). Yayasan Obor Indonesia.
Copyright (c) 2024 Muhammad Farich Alfani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.