Strategi Pembelajaran Berbasis Proyek Pada Anak Sekolah Dasar
Abstract
Artikel ini bertujuan dalam menganalisis strategi model pembelajaran berbasis proyek jenjang sekolah dasar. Metode menerapkan kajian literatur dengan mengkaji berbagai sumber terpercaya. Agar model tersebut efektif meningkatkan kreativitas siswa, guru perlu memahami dan menguasai strategi (PBL). Pendekatan (PBL) berpusat pada siswa, dimana mereka aktif membangun pengetahuan melalui praktik dan pembaharuan ide. Siswa terlibat dalam proyek penanggulangan masalah secara relevan melalui riset, hipotesis, diskusi, dan pengujian ide baru. Pada strategi (PBL) pasti ada kendala, seperti memilih proyek yang pas dan kurangnya minat siswa, dengan adanya kerja sama anatara siswa dan guru serta penggunaan teknologi yang mendukung dapat meningkatkan efektivitas pembelajaran berbasis proyek. Kita perlu pelajari lebih lanjut tentang efektivitas (PBL) di berbagai situasi dan cara mengatasi kekurangannya.
Downloads
References
Afni, N. (2020). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Di Sekolah Dasar. Social, Humanities, and Education Studies (SHEs): Conference Series, 3(4), 1003. https://jurnal.uns.ac.id/shes
Alawiyah, I., & Sopandi, W. (2016). Pembelajaran Berbasis Proyek Untuk Meningkatkan Sikap Ilmiah Siswa Sekolah Dasar Pada Materi Peristiwa Alam. Jurnal Penelitian Pendidikan, 16(2), 169. https://doi.org/10.17509/jpp.v16i2.4241
Anggraini, P. D., & Wulandari, S. S. (2020). Analisis Penggunaan Model Pembelajaran Project Based Learning Dalam Peningkatan Keaktifan Siswa. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 9(2), 295. https://doi.org/10.26740/jpap.v9n2.p292-299
Ani, S. (2019). PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK DALAM MEMBUAT ALAT PERAGA IPA UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR DAN KEAKTIFAN SISWA KELAS IV SDN CERMO 01 KARE MADIUN. 25.
Dewi, M. S. A., & Lestari, N. A. P. (2020). E-Modul Interaktif Berbasis Proyek Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran, 4(3), 439.
Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika, 21(1), 35. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.38075
Mufidah, L., Setyosari, P., & Adi, E. P. (2017). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Proyek Di Kelas Iii Sekolah Dasar. 2(1), 33.
Nikolaos, N., Arifianto, Y. A., & Triposa, R. (2024). Strategi Pembelajaran Berbasis Proyek dalam Meningkatkan Kreativitas Siswa Sekolah Dasar. ELEOS: Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen, 3(2), 148. https://doi.org/10.53814/eleos.v3i2.73
Nirmayani, L. H., & Dewi, N. P. C. P. (2021). Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) Sesuai Pembelajaran Abad 21 Bermuatan Tri Kaya Parisudha. Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran, 4(3), 379–382. https://doi.org/10.23887/jp2.v4i3.39891
Norhikmah, N., Rizky, N. F., Puspita, D., & Saudah, S. (2022). Inovasi Pembelajaran dimasa Pendemi: Implementasi Pembelajaran berbasis Proyek Pendekatan Destinasi Imajinasi. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 3907. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.1886
Nugraha, I. R. R., Supriadi, U., & Firmansyah, M. I. (2023). Efektivitas Strategi Pembelajran Project Based Learning dalam meningkatkan Kreativitas Siswa. Jurnal Penelitian dan Pendidikan IPS, 17(1), 43. http://ejournal.unikama.ac.id/index.php/JPPI
Nursalam, N., Sulaeman, S., & Latuapo, R. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka melalui Pembelajaran Berbasis Proyek pada Sekolah Penggerak Kelompok Bermain Terpadu Nurul Falah dan Ar-Rasyid Banda. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 8(1), 18–19. https://doi.org/10.24832/jpnk.v8i1.3769
Rati, N. W., Kusmaryatni, N., & Rediani, N. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Kreativitas Dan Hasil Belajar Mahasiswa. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 6(1), 62. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v6i1.9059
Rina Susanti. (2023). PENGARUH METODE PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA SEKOLAH DASAR. 6, 3999.
Rizqoh, A. (2022). Pembelajaran Berbasis Proyek Berbantuan Media Interaktif Malang 3D (Mari Berpetualang Tiga Dimensi) Pada Materi Sistem Tata Surya Untuk Meningkatkan Sikap Ilmiah Siswa. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 3429. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i3.2530
Sa’diyah, H., Fajari, L. E. W., Aini, S., & Fajrudin, L. (2023). Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Peningkatan Keterampilan Sosial Siswa di Sekolah Dasar. Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 11(1). https://doi.org/10.20961/jkc.v11i1.71789
Sari, L. K., Sunanih, S., & Saleh, Y. T. (2021). Model Pembelajaran Berbasis Proyek Berpengaruh terhadap Hasil Belajar IPA. Journal for Lesson and Learning Studies, 4(1), 112–117.
Tanjung, R., Dalimunthe, E. M., Ramadhini, F., & Sari, D. M. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Meningkatkan Kepedulian Siswa terhadap Lingkungan pada Pembelajaran IPS Kelas IV B MI Panyabungan. ITTIHAD-Jurnal Pendidikan, 5(1), 93–97.
Anwar, Zainul, dan Raudhatul Jannah. 2023. “Telaah Kurikulum 13 Dan Kurikulum Merdeka Di SD/MI.” Mentari : Journal of Islamic Primary School 1(3): 151–62.
Yandhari, I. A. V., Alamsyah, T. P., & Halimatusadiah, D. (2019). Penerapan Strategi Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahahan Masalah Matematis Siswa Kelas IV. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 10(2), 147. https://doi.org/10.15294/kreano.v10i2.19671
Yani, I. L., & Taufik, T. (2020). Penerapan Model Project Based Learning (Pjbl) pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar. e-Journal Pembelajaran Inovasi, Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(10), 71.
Yusika, I., & Turdjai, T. (2021). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK (PjBL) UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA. Diadik: Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 11(1), 5. https://doi.org/10.33369/diadik.v11i1.18365
Copyright (c) 2024 Nazalia Zahra, Siti Masyithoh
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.