Analisis Keterampilan Proses Sains Peserta Didik Sekolah Dasar pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam

  • Sela Septiani UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Siti Fatonah UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
Keywords: Keterampilan Proses Sains, Ilmu Pengetahuan Alam, Sekolah Dasar

Abstract

Keterampilan proses sains merupakan kemampuan penting yang harus dimiliki siswa untuk mengembangkan pemahaman ilmiah dan keterampilan berpikir kritis. Karena kurangnya latihan peserta didik merasa kesulitan dalam mengungkapkan pendapat mereka. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keterampilan proses sains peserta didik sekolah dasar dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian yang peneliti lakukan di Sekolah Dasar Negeri 4 Margajaya pada peserta didik kelas IV. Hasil penelitian diperoleh bahwa telah menerapkan keterampilan dasar proses sains. Kemudian metode konvensional menekankan pembelajaran yang dipimpin oleh guru, sedangkan metode berbasis proyek mendorong peserta didik untuk terlibat langsung dalam proyek nyata atau simulasi. Ini membantu mereka mengembangkan keterampilan proses sains seperti merancang eksperimen dan mengevaluasi hasil secara langsung. Praktikum memungkinkan peserta didik belajar secara aktif melalui pengalaman langsung, memperkuat keterampilan observasi dan praktis mereka. Namun, waktu pembelajaran yang terbatas sering menjadi kendala bagi guru dalam menyelenggarakan kegiatan praktikum yang memadai karena harus menyelesaikan kurikulum yang ditetapkan. Lingkungan belajar yang aman dan teratur penting agar peserta didik dapat fokus pada kegiatan praktikum tanpa khawatir tentang keselamatan mereka atau keadaan yang tidak teratur. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif dalam pengembangan kemampuan yang lebih efektif dalam menerapkan keterampilan proses sains dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di sekolah dasar. Dengan menganalisis keterampilan proses sains, guru dapat mengetahui sejauh mana keterampilan proses sains yang dimiliki oleh peserta didik. Hal ini memungkinkan guru untuk merancang strategi pengajaran yang lebih efektif dan sesuai dengan kebutuhan peserta didik, sehingga mereka dapat mengembangkan keterampilan tersebut dengan lebih baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adlini, M. N., Dinda, A. H., Yulinda, S., Chotimah, O., & Merliyana, S. J. (2022). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka. Edumaspul - Jurnal Pendidikan, 6(1), 975. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3394

Alifa, N. S. (2021). Pengembangan Media Video Pembelajaran Animasi Berbasis Kinemaster Untuk Meningkatkan Pemahaman Pada Mata Pelajaran Ipa Siswa Kelas IV Sdn Kedaleman IV. JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) : Edutech and Intructional Research, 8(2), 169.

Amaliah, F. N. (2020). Peran Pengelola Bank Sampah Ramah Lingkungan (Ramli) Dalam Pemberdayaan Masyarakat Di Perumahan Graha Indah Kota Samarinda. Learning Society: Jurnal CSR, Pendidikan, dan Pemberdayaan Masyarakat, 1(2), 20. https://doi.org/10.30872/ls.v1i2.430

Amir, M. (2021). Pendekatan Belajar dan Pembelajaran. Ash-Shahabah: Jurnal Pendidikan dan Studi Islam, 7(2), 197. https://doi.org/10.59638/ash.v7i2.429

Anggraini, E. S., Damayanti, N. A., Fauziah, F. S., Ilmaknun, L., Mahya, V. A., & Lubis, P. (2023). Pentingnya Penataan Lingkungan Belajar yang Kondusif bagi Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(2), 7534. https://doi.org/10.31004/jptam.v7i2.7423

Anwar, Zainul, Yuni Masrifatin, dan Andi Prastowo. 2023. “Merdeka Belajar: Kesiapan Guru Dalam Pembelajaran Di Madrasah Ibtidaiyah.” Mentari : Journal of Islamic Primary School 1(2): 111–19.

Azizah, I. N., & Widjajanti, D. B. (2019). Keefektifan pembelajaran berbasis proyek ditinjau dari prestasi belajar, kemampuan berpikir kritis, dan kepercayaan diri siswa. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 6(2), 240. http://dx.doi.org/10.21831/jrpm.v6i2.15927

Bidayah, L. (2019). Upaya Meningkatkan Kemampuan Belajar Siswa Melalui Keterampilan Pendekatan Proses. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 5(2), 108. https://doi.org/10.31949/educatio.v5i2.21

Budiman, I. A. (2020). Perkembangan Keterampilan Motorik. Mg Publisher.

Dekan FKIP Universitas Halu Oleo. (2019). Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi (SNPBIO) 2019: Biologi dan Pembelajaran di Era Revolusi Industri 4.0. UHO EduPress.

Dewi, A. K., Ayuwanti, I., & Setyawati, A. (2024). Perbandingan Model Pembelajaran Problem Posing Dengan Pembelajaran Konvensional Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik (JI-MR), 5(1), 85. https://doi.org/10.33365/ji-mr.v5i1.5097

Dewi, P. Y. A., Kusumawati, N., Pratiwi, E. N., Sukiastini, I. G. A. N. K., Arifin, Moh. M., Nisa’, R., Uslan, Widyasanti, N. P., Kusumawati, P. R. D., & Masnur. (2021). Teori dan Aplikasi Pembelajaran IPA SD/MI. Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.

Hartanti, N. B. (2020). Pelatihan Kewirausahaan Dalam Mengolah Rumput Laut Menjadi Manisan Dan Dodol Pada Kelompok Belajar Sipatuo Di LKP BBEC Bontang. Learning Society: Jurnal CSR, Pendidikan, dan Pemberdayaan Masyarakat, 1(2), 25. https://doi.org/10.30872/ls.v1i2.431

Is, B., & Suryatik. (2024). Pendidikan Kejujuran dalam Kurikulum Pendidikan Agama Islam. CV. Adanu Abimata.

Melati, R. S., Ardianti, S. D., & Fardani, M. A. (2021). Analisis Karakter Disiplin dan Tanggung Jawab Siswa Sekolah Dasar pada Masa Pembelajaran Daring. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 3066. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.1229

Monica, J., & Fitriawati, D. (2020). Efektivitas Penggunaan Aplikasi Zoom Sebagai Media Pembelajaran Online Pada Mahasiswa Saat Pandemi Covid-19. Jurnal Communio : Jurnal Ilmu Komunikas, IX(2), 1635. https://doi.org/10.35508/jikom.v9i2.2416

Mukhlishin, M. N. (2023). Pembelajaran Pendidikan Agama Islam untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa. CV. Adanu Abimata.

Mundiyah. (2020). Penerapan Metode Eksperimen Untuk Meningkatkan Aktivitas Siswa Pada Pembelajaran IPA Kelas V SD Negeri Ngemplak Kecamatan Windusari Kabupaten Magelang Provinsi Jawa Tengah. Workshop Inovasi Pembelajaran di Sekolah Dasar, 3(4), 550. https://doi.org/10.20961/shes.v3i4.53402

Prastowo, A. (2019). Analisis Pembelajaran Tematik Terpadu. Kencana.

Rahayu, A. (2020). Analisis Keterampilan Proses Sains Mahasiswa Pada Praktikum Dasar-Dasar Kimia Analitik. Dalton: Jurnal Pendidikan Kimia dan Ilmu Kimia, 3(1), 6. http://dx.doi.org/10.31602/dl.v3i1.3102

Rahman, A. (2022). Project Based Learning sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar dan Keterampilan Proses Sains Peserta Didik. Penerbit NEM.

Rikmasari, R., & Rosesa, S. (2022). Model Pembelajaran Discovery Learning Sebagai Solusi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Ipa Siswa Sekolah Dasar. Pedagogik, 10(1), 39. https://doi.org/10.33558/pedagogik.v10i1.4606

Savitri, O., & Meilana, S. F. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Flipped Classroom terhadap Pemahaman Konsep IPA Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 7242. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3457

Siahaan, K. W. A., Lumbangaol, S. T. P., Marbun, J., Nainggolan, A. D., Ritonga, J. M., & Barus, D. P. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dengan Multi Representasi terhadap Keterampilan Proses Sains dan Penguasaan Konsep IPA. Jurnal Basicedu, 5(1), 202. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.614

Supadi. (2020). Manajemen Mutu Pendidikan. UNJ Press.

Sutianah, C. (2021). Landasan Pendidikan. CV. Penerbit Qiara Media.

Syaifudin. (2023). Peran Metode Praktikum Dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Di Madrasah Ibtidaiyah Studi Deskriptif Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa. Mentari Journal of Islamic Primary School, 1(1), 38.

Yafie, E., & Sutama, I. W. (2019). Pengembangan Kognitif (Sains Pada Anak Usia Dini). Universitas Negeri Malang.

Published
2024-09-24
How to Cite
Septiani, S., & Fatonah, S. (2024). Analisis Keterampilan Proses Sains Peserta Didik Sekolah Dasar pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Mentari : Journal of Islamic Primary School, 2(3), 180-190. Retrieved from https://ejournal.staimnglawak.ac.id/index.php/ment/article/view/1459