Analisis Keterampilan Proses Sains Peserta Didik Sekolah Dasar pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam
Abstract
Keterampilan proses sains merupakan kemampuan penting yang harus dimiliki siswa untuk mengembangkan pemahaman ilmiah dan keterampilan berpikir kritis. Karena kurangnya latihan peserta didik merasa kesulitan dalam mengungkapkan pendapat mereka. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keterampilan proses sains peserta didik sekolah dasar dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian yang peneliti lakukan di Sekolah Dasar Negeri 4 Margajaya pada peserta didik kelas IV. Hasil penelitian diperoleh bahwa telah menerapkan keterampilan dasar proses sains. Kemudian metode konvensional menekankan pembelajaran yang dipimpin oleh guru, sedangkan metode berbasis proyek mendorong peserta didik untuk terlibat langsung dalam proyek nyata atau simulasi. Ini membantu mereka mengembangkan keterampilan proses sains seperti merancang eksperimen dan mengevaluasi hasil secara langsung. Praktikum memungkinkan peserta didik belajar secara aktif melalui pengalaman langsung, memperkuat keterampilan observasi dan praktis mereka. Namun, waktu pembelajaran yang terbatas sering menjadi kendala bagi guru dalam menyelenggarakan kegiatan praktikum yang memadai karena harus menyelesaikan kurikulum yang ditetapkan. Lingkungan belajar yang aman dan teratur penting agar peserta didik dapat fokus pada kegiatan praktikum tanpa khawatir tentang keselamatan mereka atau keadaan yang tidak teratur. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif dalam pengembangan kemampuan yang lebih efektif dalam menerapkan keterampilan proses sains dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di sekolah dasar. Dengan menganalisis keterampilan proses sains, guru dapat mengetahui sejauh mana keterampilan proses sains yang dimiliki oleh peserta didik. Hal ini memungkinkan guru untuk merancang strategi pengajaran yang lebih efektif dan sesuai dengan kebutuhan peserta didik, sehingga mereka dapat mengembangkan keterampilan tersebut dengan lebih baik.
Downloads
References
Adlini, M. N., Dinda, A. H., Yulinda, S., Chotimah, O., & Merliyana, S. J. (2022). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka. Edumaspul - Jurnal Pendidikan, 6(1), 975. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3394
Alifa, N. S. (2021). Pengembangan Media Video Pembelajaran Animasi Berbasis Kinemaster Untuk Meningkatkan Pemahaman Pada Mata Pelajaran Ipa Siswa Kelas IV Sdn Kedaleman IV. JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) : Edutech and Intructional Research, 8(2), 169.
Amaliah, F. N. (2020). Peran Pengelola Bank Sampah Ramah Lingkungan (Ramli) Dalam Pemberdayaan Masyarakat Di Perumahan Graha Indah Kota Samarinda. Learning Society: Jurnal CSR, Pendidikan, dan Pemberdayaan Masyarakat, 1(2), 20. https://doi.org/10.30872/ls.v1i2.430
Amir, M. (2021). Pendekatan Belajar dan Pembelajaran. Ash-Shahabah: Jurnal Pendidikan dan Studi Islam, 7(2), 197. https://doi.org/10.59638/ash.v7i2.429
Anggraini, E. S., Damayanti, N. A., Fauziah, F. S., Ilmaknun, L., Mahya, V. A., & Lubis, P. (2023). Pentingnya Penataan Lingkungan Belajar yang Kondusif bagi Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(2), 7534. https://doi.org/10.31004/jptam.v7i2.7423
Anwar, Zainul, Yuni Masrifatin, dan Andi Prastowo. 2023. “Merdeka Belajar: Kesiapan Guru Dalam Pembelajaran Di Madrasah Ibtidaiyah.” Mentari : Journal of Islamic Primary School 1(2): 111–19.
Azizah, I. N., & Widjajanti, D. B. (2019). Keefektifan pembelajaran berbasis proyek ditinjau dari prestasi belajar, kemampuan berpikir kritis, dan kepercayaan diri siswa. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 6(2), 240. http://dx.doi.org/10.21831/jrpm.v6i2.15927
Bidayah, L. (2019). Upaya Meningkatkan Kemampuan Belajar Siswa Melalui Keterampilan Pendekatan Proses. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 5(2), 108. https://doi.org/10.31949/educatio.v5i2.21
Budiman, I. A. (2020). Perkembangan Keterampilan Motorik. Mg Publisher.
Dekan FKIP Universitas Halu Oleo. (2019). Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi (SNPBIO) 2019: Biologi dan Pembelajaran di Era Revolusi Industri 4.0. UHO EduPress.
Dewi, A. K., Ayuwanti, I., & Setyawati, A. (2024). Perbandingan Model Pembelajaran Problem Posing Dengan Pembelajaran Konvensional Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik (JI-MR), 5(1), 85. https://doi.org/10.33365/ji-mr.v5i1.5097
Dewi, P. Y. A., Kusumawati, N., Pratiwi, E. N., Sukiastini, I. G. A. N. K., Arifin, Moh. M., Nisa’, R., Uslan, Widyasanti, N. P., Kusumawati, P. R. D., & Masnur. (2021). Teori dan Aplikasi Pembelajaran IPA SD/MI. Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.
Hartanti, N. B. (2020). Pelatihan Kewirausahaan Dalam Mengolah Rumput Laut Menjadi Manisan Dan Dodol Pada Kelompok Belajar Sipatuo Di LKP BBEC Bontang. Learning Society: Jurnal CSR, Pendidikan, dan Pemberdayaan Masyarakat, 1(2), 25. https://doi.org/10.30872/ls.v1i2.431
Is, B., & Suryatik. (2024). Pendidikan Kejujuran dalam Kurikulum Pendidikan Agama Islam. CV. Adanu Abimata.
Melati, R. S., Ardianti, S. D., & Fardani, M. A. (2021). Analisis Karakter Disiplin dan Tanggung Jawab Siswa Sekolah Dasar pada Masa Pembelajaran Daring. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 3066. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.1229
Monica, J., & Fitriawati, D. (2020). Efektivitas Penggunaan Aplikasi Zoom Sebagai Media Pembelajaran Online Pada Mahasiswa Saat Pandemi Covid-19. Jurnal Communio : Jurnal Ilmu Komunikas, IX(2), 1635. https://doi.org/10.35508/jikom.v9i2.2416
Mukhlishin, M. N. (2023). Pembelajaran Pendidikan Agama Islam untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa. CV. Adanu Abimata.
Mundiyah. (2020). Penerapan Metode Eksperimen Untuk Meningkatkan Aktivitas Siswa Pada Pembelajaran IPA Kelas V SD Negeri Ngemplak Kecamatan Windusari Kabupaten Magelang Provinsi Jawa Tengah. Workshop Inovasi Pembelajaran di Sekolah Dasar, 3(4), 550. https://doi.org/10.20961/shes.v3i4.53402
Prastowo, A. (2019). Analisis Pembelajaran Tematik Terpadu. Kencana.
Rahayu, A. (2020). Analisis Keterampilan Proses Sains Mahasiswa Pada Praktikum Dasar-Dasar Kimia Analitik. Dalton: Jurnal Pendidikan Kimia dan Ilmu Kimia, 3(1), 6. http://dx.doi.org/10.31602/dl.v3i1.3102
Rahman, A. (2022). Project Based Learning sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar dan Keterampilan Proses Sains Peserta Didik. Penerbit NEM.
Rikmasari, R., & Rosesa, S. (2022). Model Pembelajaran Discovery Learning Sebagai Solusi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Ipa Siswa Sekolah Dasar. Pedagogik, 10(1), 39. https://doi.org/10.33558/pedagogik.v10i1.4606
Savitri, O., & Meilana, S. F. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Flipped Classroom terhadap Pemahaman Konsep IPA Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 7242. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3457
Siahaan, K. W. A., Lumbangaol, S. T. P., Marbun, J., Nainggolan, A. D., Ritonga, J. M., & Barus, D. P. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dengan Multi Representasi terhadap Keterampilan Proses Sains dan Penguasaan Konsep IPA. Jurnal Basicedu, 5(1), 202. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.614
Supadi. (2020). Manajemen Mutu Pendidikan. UNJ Press.
Sutianah, C. (2021). Landasan Pendidikan. CV. Penerbit Qiara Media.
Syaifudin. (2023). Peran Metode Praktikum Dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Di Madrasah Ibtidaiyah Studi Deskriptif Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa. Mentari Journal of Islamic Primary School, 1(1), 38.
Yafie, E., & Sutama, I. W. (2019). Pengembangan Kognitif (Sains Pada Anak Usia Dini). Universitas Negeri Malang.
Copyright (c) 2024 Sela Septiani, Siti Fatonah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.