ISU-ISU KONTEMPORER: Terkait Ilmu Ke-Madrasah Ibtidaiyah
Abstract
Pendidikan di Madrasah Ibtidaiyah menghadapi tantangan untuk mempertahankan identitasnya sebagai institusi pendidikan awal yang menanamkan ajaran agama. Problem yang terkait dengan praktik pembelajaran harus diperhatikan secara menyeluruh. Dikarenakan madrasah adalah lembaga pendidikan Islam dengan tujuan penting untuk mendidik generasi muda Islam untuk menjadi penggerak dalam pembangunan masyarakat dan negara ke arah masa depan yang lebih baik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan isu kontemporer terkait ilmu ke-Madrasah Ibtidaiyah. Dalam uraian tersebut, memberikan ikhtisar tentang berbagai isu dan topik yang dibicarakan dalam konteks pendidikan di Madrasah Ibtidaiyah secara global. penelitian ini termasuk dalam kategori penelitian pustaka. Penelitian ini juga termasuk dalam kategori penelitian kualitatif. Hasil penelitian menggambarkan Dari hasil penelitian, terungkap gambaran mengenai prototipe Madrasah Ibtidaiyah (MI), serta pemahaman mengenai isu-isu yang sedang terjadi dalam konteks pendidikan saat ini di kelas-kelas kontemporer.
Downloads
References
Awwaliyah, Robiatul, And Hasan Baharun. 2018. “Pendidikan Islam dalam Sistem PendidikanNasional (Telaah Epistemologi Terhadap Problematika Pendidikan Islam)” 19 (1).
Muvid, Muhammad Basyrul, Miftahuddin, dan Moh. Abdullah. 2020. “Pendidikan Islam Kontemporer Perspektif Hasan Langgulung dan Zakiah Darajat”. Zawiyah: Jurnal Pemikiran Islam 6(1).
Hidayat, Nur. 2012. “Isu-isu Kontemporer Keterpaduan Antara Islam Dengan Perdamaian”. 1 (17).
Achadi, Muh Wasith. n.d. 2018. “Pendidikan Islam dalam Sistem Pendidikan Nasional,” Jurnal Al Ghazali (1).16.
Muqoyyidin, A. W. (2013). Membangun Kesadaran Inklusif-Multikultural untuk Deradikalisasi Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Islam, 2(1).
Shaleh, A. R. (2005). Pendidikan agama & pembangunan watak bangsa. Raja Grafindo Persada.
Sarnoto, A. Z. (2013). Konsepsi Politik Pendidikan di Indonesia. Jurnal Educhild: Pendidikan dan Sosial, 1(1).
Damopolii, M. (2007). POTRET PENDIDIKAN ISLAM: Perspektif Pembaruan Pemikiran dan Gerakan Islam Indonesia Kontemporer. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 10(1).
Nurdin, A. (2018). Reformasi Manajemen Pendidikan di Madrasah (Sebuah Tantangan Idealitas dan Realitas)
Mahfud, C. (2018). Rethinking Politik Pendidikan Islam Di Indonesia. Madania: Jurnal Ilmu Keislaman, 1(2).
Nazir, M. (2011). Metode penelitian, Bogor: Ghalia Indonesia, cet. Ke-7
Aeni, A. N. (2014). Pendidikan Karakter Untuk Siswa SD Dalam Perspektif Islam. Mimbar Sekolah Dasar, 1(1).
Gardner, H., & Hatch, T. (1989). Educational implications of the theory of multiple intelligences. Educational researcher, 18(8).
Soemarwoto, O. (1991). Indonesia dalam kancah isu lingkungan global. Gramedia Pustaka Utama
Maryati, S. (2015). Dinamika pengangguran terdidik: tantangan menuju bonus demografi di Indonesia. JURNAL ECONOMICA: Research of Economic and Economic Education, 3(2).
Istiadi, Y. (2018). Pendidikan lingkungan hidup terlupakan dalam kurikulum.
Bhakti, N. A., Istiqomah, I., & Suprapto, S. (2018). Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Indeks Pembangunan Manusia di Indonesia Periode 2008-2012. EKUITAS: Jurnal Ekonomi dan Keuangan, 18(4).
Harahap, N. (2014). Penelitian Kepustakaan. Jurnal Iqra', 8(1), 68-69.
Anwar, Zainul, dan Yuni Masrifatin. 2023. “KONSEP INTEGRASI ILMU KE-MI-AN DENGAN ILMU ISLAM.” Mentari : Journal of Islamic Primary School 1(4): 290–300.