Pengembangan Media Fun Thinkers Book Tematik Materi Tema VIII Subtema I Aku Anggota Pramuka Kelas III Sekolah Dasar Negeri II Pecuk Patianrowo Nganjuk Tahun Ajaran 2022/2023

  • Mega Anggraeni STAI Miftahul Ula Nganjuk
  • Mohamad Ayyub Mubtadik STAI Miftahul Ula Nganjuk
Keywords: Fun Thinker Book, Media Pembelajaran, Pembelajaran Tematik

Abstract

Pengembangan media Fun Thinkers Book Tematik Tema VIII Subtema I Aku Anggota Pramuka Kelas III di SDN 2 Pecuk atas dasar fenomena yang ada di sekolah yakni belum optimalnya penggunaan media pembelajaran, dikarenakan lebih fokus pada penguasaan kelas, dalam proses pembelajaran masih menggunakan penugasan sehingga guru memanfaatkan lingkungan sekitar sebagai media pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mendeskripsikan pengembangan media fun thinkers book tematik materi tema VIII subtema I aku anggota pramuka kelas III Sekolah Dasar Negeri II Pecuk Patianrowo Nganjuk tahun ajaran 2022/2023. (2) Mendeskripsikan validitas pengembangan media fun thinkers book tematik materi tema VIII subtema I aku anggota pramuka kelas III Sekolah Dasar Negeri II Pecuk Patianrowo Nganjuk tahun ajaran 2022/2023. (3) Mendeskripsikan hasil uji coba pengembangan media fun thinkers book tematik materi tema VIII subtema I aku anggota pramuka kelas III Sekolah Dasar Negeri II Pecuk Patianrowo Nganjuk tahun ajaran 2022/2023. Metode penelitian yang digunakan adalah model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation,Evaluation) dengan desain penelitian R&D (Research & Development). Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan angket, jenis data yang digunakan adalah data kualitatif dan data kuantitatif. Subjek penelitian ini berjumlah 10 siswa. Hasil penelitian secara umum menunjukkan skor dari uji validasi ahli media diperoleh persentase 100%, uji validasi ahli materi diperoleh persentase 94%, sedangkan respon siswa terhadap media diperoleh 90% pada uji coba tahap 1, pada uji coba tahap 2 memperoleh presentase 98% dengan kualifikasi sangat baik dimana siswa memahami materi dan mampu menggunakan media, serta respon guru kelas terhadap media sebesar 98%. Dengan demikian media Fun Thinkers Book sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Jalinus, Nizwardi dan ambyar. Media dan Sumber Belajar. Jakarta: Kencana. 2016.

Sugiyono. Metode Penelitian dan Pengembangan. Bandung: Alfabeta. 2019. Megawati.

Sukenti, Mia. Pengembangan Media Kalkulator Ajaib Materi Perkalian pada Siswa Kelas 3 MI Al-Azhaar Bandung Tulungagung. Skripsi: Prodi PGMI Universitas Maliki Malang. 2014.

Anwar, Zainul, Sabarudin Sabarudin, dan Nurani Rahmania. 2023. “Analysis of Challenges Faced by PGMI Students at STAI Miftahul Ula Nganjuk in the Development of Digital Learning Media.” EDUTEC : Journal of Education And Technology 7(2): 496–505. doi:10.29062/edu.v7i2.767.

Published
2024-06-06
How to Cite
Anggraeni, M., & Mubtadik, M. (2024). Pengembangan Media Fun Thinkers Book Tematik Materi Tema VIII Subtema I Aku Anggota Pramuka Kelas III Sekolah Dasar Negeri II Pecuk Patianrowo Nganjuk Tahun Ajaran 2022/2023. Mentari : Journal of Islamic Primary School, 2(2), 100-113. Retrieved from https://ejournal.staimnglawak.ac.id/index.php/ment/article/view/1448
Section
Articles