Satu Dasawarsa Pendidikan di Desa Wonokarto Sekampung Lampung Timur 1941-1951
Abstract
Kegiatan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pendidikan pada masa kolonial Belanda di Desa Wonokarto dan perkembangan pendidikan pada masa kemerdekaan Desa Wonokarto. Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu sejarah yang berfokus pada penelitian masa lalu dan masa sekarang, termasuk sejarah tokoh biografi dan hal-hal yang berkaitan dengan masyarakat yang dapat ditelusuri berdasarkan data sejarah masa lalu. Pendekatan historis juga dilakukan dengan konteks sosial dan modern untuk mendapatkan kaitan kronologis dengan tema yang dikaji. Sejarah pada suatu daerah tentu berbeda-beda, seperti didesa Wonokarto. Pada zaman kolonisasi tahun 1941 orang-orang wonogiri dan surakarta melakukan migrasi dari jawa ke sumatra tepatnya di provinsi lampung lalu menetap dan membangun desa Wonokarto pada 31 maret 1941. Pendidikan didesa Wonokarto yaitu pada tahun 1941 kolonial Belanda membangun Sekolah Rakyat. Latar belakang didirikan Sekolah Rakyat tersebut yaitu untuk mencerdaskan anak-anak transkolonial sebagai tindak lanjut dari kebijakan pemerintah kolonial Belanda yang menerapkan potilik etis, yaitu politik balas jasa terhadap pribumi. Politik etis tersebut selain untuk program transmigrasi juga mempunyai tujuan untuk program pendidikan. Mengenai perkembangan selanjutnya berdirinya masjid pertama yaitu masjid Jami Al-Ikhlas dan beberapa taman pendidikan Al-Qur’an.
Downloads
References
Arif prasetyo, 24 Tahun, Wawancara, 61B Desa Wonokarto, kec. Sekampung, kab. Lampung Timur, 30 April 2023, 20:00.
Assyakurrohim, D., Ikhram, D., Sirodj, R. A., & Afgani, M. W. (2023). Metode Studi Kasus dalam Penelitian Kualitatif. Jurnal Pendidikan Sains dan Komputer, 3(01), 1-9.
Awalia, R., Rama, B., & Rasyid, M. R. (2023). Perkembangan Pendidikan Islam Masa Awal Di Jawa, Lembaga & Tokohnya. ADIBA: JOURNAL OF EDUCATION, 3(1), 29-39.
Eko Suyanto, wawancara, 61B Desa Wonokarto, kec. Sekampung, kab. Lampung Timur, Diakses pada: 15 Maret 2023
Fitri, A., Wismanto, W., Nursikin, M., Mashuri, M., & Amin, K. (2023). Peran Ganda Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membimbing Siswa Bermasalah di SD Islam Al-Rasyid Pekanbaru. Journal on Education, 5(3), 9710-9717.
Katino, 2023, 70 Tahun, Wawancara, 61B Desa Wonokarto, kec. Sekampung, kab. Lampung Timur, 15 Mey 2023, 18:50
Kasri, Wawancara, 83 tahun, 10 Oktober 2023, Wonokarto, Sekampung Kabupaten Lampung Timur 18:40
Kulsum, U., & Muhid, A. (2022). Pendidikan Karakter Melalui Pendidikan Agama Islam Di Era Revolusi Digital. Intelektual: Jurnal Pendidikan Dan Studi Keislaman, 12(2), 157-170.
Listari, W. K., & Alimni, A. (2023). Pendidikan Islam Masa Dinasti Abbasiyah dan Perkembangan Pendidikan Islam Masa Modern. JPT: Jurnal Pendidikan Tematik, 4(2), 119-129.
Marzuki Marzuki, Prinsip Dasar Akhlak Mulia : Pengantar Studi Konsep-Konsep Dasar Etika Dalam Islam (Yogyakarta: Debut Wahana Press, 2009), 34.
Nurwahyuni, K., & Hudaidah, H. (2021). Sejarah Sistem Pendidikan di Indonesia dari Masa ke Masa. Berkala Ilmiah Pendidikan, 1(2), 53-59.
Rahman, K. (2018). Perkembangan lembaga pendidikan islam di indonesia. Jurnal Tarbiyatuna: Kajian Pendidikan Islam, 2(1), 1-14.
Sinar, 2023, 65 Tahun, Wawancara, 61B Desa Wonokarto, kec. Sekampung, kab. Lampung Timur, 29 April 2023, 19:50
Suroyo, 2023, 58 Tahun, Wawancara, 61B Desa Wonokarto, kec. Sekampung, kab. Lampung Timur, 28 April 2023, 19:05
Syafrin, Y., Kamal, M., Arifmiboy, A., & Husni, A. (2023). Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Educativo: Jurnal Pendidikan, 2(1), 72-77.
Zulfatus Sobihah, “Pendidikan Karakter (Akhlak) Menurut Perspektif Islam,” Tarbawiyah : Jurnal Ilmiah Pendidikan4, no. 1 (June 24, 2020): 78–90, https://doi.org/10.32332/tarbawiyah.v4i1.1743