Analisis Penerapan Penilaian Authentik Kurikulum 2013 dalam Mata Pelajaran Tematik Terpadu Tingkat Sekolah Dasar

  • Rofiatus Surul Pendidikan
Keywords: Penilaian Authentik, Kurikulum 2013, Pelajaran Tematik Terpadu Tingkat Sekolah Dasar

Abstract

Penilaian merupakan salah satu kompenen penting dalam pembelajaran yang berfungsi untuk mengukur sejauh mana kemampuan belajar siswa. Selain itu, adanya penilaian juga berfungsi sebagai pijakan untuk melakukan evaluasi dalam rangka mengembangkan kualitas pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana penerapan penilaian authentik kurikum 2013 di SDN 07 Kaliwining dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif dengan teknik purposive sampling. Metode pengumpulan datanya meliputi tiga tahapan, yakni observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu sebagai berikut: 1).Reduksi data (Reduksi Data), penyajian Data (Data Display), menarik Kesimpulan (Verifikasi). Sedangkan untuk menguji keabsahan datanya maka perlu dilakukan uji keabsahan data yaitu dengan menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Dengan adanya penelitian tersebut diperoleh hasil bahwa penerapan penilaian authentik kurikulum 2013 di SDN 07 Kalwining Rambipuji dalam penilaian di dalam aspek penilaian kognitif di SDN Kaliwining 07 Rambipuji, biasanya dilaksanakan dengan berbagai tes, baik itu tes tulis, tes lisan, maupun penugasan. Penilaian kompetensi sikap siswa di SDN Kaliwining 07 Rambipuji, di dalam proses penilaian sikap siswa biasanya pendidik memperoleh dari hasil pengamatan terhadap peserta didik ketika berada di dalam kelas maupun diluar kelas. Penilaian kompetensi keterampilan SDN Kaliwining 07, di dapatkan dari penilaian proyek yang diberikan oleh guru, sedangkan untuk penilaian kompetensi keterampilan menggunakan portofolio di SDN Kaliwining 07 Rambipuji Jember.

References

A. Michael Huberman, Michael A dan Matthew B. Miles. Analisis Data Kualitatif Buku Sumber Tentang Metode-Metode Baru. Jakarta: UI-Press, 1992.

Hamdayana, Jumanta. (2016). Metodelogi Pengajaran. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Kunandar. (2013). Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013). Jakarta: Rajawali Press.

Lexy J Moleong. (2011). Metodelogi Penelitian Kualitatif Bandung: PT Remaja Rosdakarya Mulyadin, Implementasi Kebijakan Pembelajaran Tematik Terpadu Kurikulum 2013 di SD Muhammadiyah 1 Malang, Jurnal Edutama, 3 (2).

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta. Undang-Undang Republik Indonesia. 2013. Peraturan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 66 Tahun 2013 tentang Standar Penilaian Pendidikan. Jakarta.

Sunarti, Rahmawati. 2014. Penilaian Dalam Kurikulum 2013 Membantu Guru dan Calon Guru Mengetahui Langkah-Langkah Penilaian Pembelajaran. Yogyakarta: CV ANDI OFFSET.

Undang-Undang No 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Published
2024-03-18
How to Cite
Surul, R. (2024). Analisis Penerapan Penilaian Authentik Kurikulum 2013 dalam Mata Pelajaran Tematik Terpadu Tingkat Sekolah Dasar. Mentari : Journal of Islamic Primary School, 2(1), 42-51. Retrieved from https://ejournal.staimnglawak.ac.id/index.php/ment/article/view/1398
Section
Articles