KONSEP INTEGRASI ILMU KE-MI-AN DENGAN ILMU ISLAM

Keywords: Integrasi Ilmu, Madrasah Ibtidaiyah, Ilmu islam

Abstract

Dalam upaya mengatasi dikotomi keilmuan antara ilmu umum dan ilmu agama dalam pendidikan Islam di Indonesia, artikel ini mengeksplorasi konsep integrasi ilmu keislaman dengan ilmu umum. Artikel ini bertujuan untuk menyoroti pentingnya integrasi antara ilmu agama dan ilmu umum dalam pendidikan Islam serta menggambarkan implementasinya dalam konteks madrasah ibtidaiyah. Dalam penelitian ini, dilakukan analisis studi pustaka dengan mengumpulkan informasi dari berbagai sumber ilmiah yang relevan, memaparkannya secara diskriptif, dan menerapkan pendekatan analisis kualitatif untuk menyajikan keterkaitan informasi guna mengambil kesimpulan. Integrasi ilmu keislaman dengan ilmu umum di madrasah ibtidaiyah bertujuan untuk membentuk karakter religius, berbudi pekerti, berilmu, dan memiliki keterampilan sesuai tuntutan zaman. Upaya ini melibatkan berbagai pendekatan dalam pendidikan karakter dan menegaskan perlunya harmoni antara ilmu agama dan ilmu umum. Integrasi ilmu keislaman dengan ilmu umum dalam pendidikan Islam di madrasah ibtidaiyah membawa implikasi penting untuk menciptakan generasi yang memiliki keselarasan pengetahuan, karakter, dan relevansi dengan tuntutan zaman.

References

Abdullah, M. A. (2006). Islamic studies di perguruan tinggi: Pendekatan integratif-interkonektif. Pustaka Pelajar.
Adair, J. (2008). Kepemimpinan Yang Memotivasi (F. Ilyas, Ed.). Gramedia Pustaka Utama.
Bagir, Z. A. (2005). Integrasi Ilmu dan Agama: Interpretasi dan Aksi. Mizan Pustaka.
Basit, A. (2023). Konsep Pendidikan Integratif. Misykat Al-Anwar Jurnal Kajian Islam Dan Masyarakat, 6(1), 91–118.
Chaeruddin, B. (2016). Ilmu-ilmu umum dan ilmu-ilmu keislaman (suatu upaya integrasi). Jurnal Inspiratif Pendidikan, 5(1), 209–222.
Darda, A. (2016). Integrasi ilmu dan agama: Perkembangan konseptual di Indonesia. At-Ta’dib, 10(1).
Duryat, H. M. (2021). Paradigma Pendidikan Islam: Upaya Penguatan Pendidikan Agama Islam di Institusi yang Bermutu dan Berdaya Saing. Penerbit Alfabeta.
Hanum, R. (2019). Integrasi Ilmu Dalam Kurikulum Sekolah Islam Terpadu Di Aceh (Studi Kasus SD IT Aceh Besar dan Bireuen). Pionir: Jurnal Pendidikan, 8(1).
Ikhwan, A. (2014). Integrasi Pendidikan Islam (Nilai-Nilai Islami dalam Pembelajaran). Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam, 2(2), 179–194.
Istiqomah, N., & Putro, K. (2022). Konsep Integrasi Ilmu Ke-MI-an dengan Ilmu Islam. MADROSATUNA : Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 5(1 SE-Articles). https://jurnal.iailm.ac.id/index.php/madrosatuna/article/view/466
Jamal, N. (2017). Model-Model Integrasi Keilmuan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam. KABILAH: Journal of Social Community, 2(1), 83–101.
Khalil Al-Qathan, M. (2015). Studi Ilmu—Ilmu Qur’an. Pustaka Litera Antar Nusa.
Lubis, R. R., & Nasution, M. H. (2017). Implementasi Pendidikan Karakter di Madrasah Ibtidaiyah. JIP (Jurnal Ilmiah PGMI), 3(1), 15–32.
Manullang, B. (2013). Grand desain pendidikan karakter generasi emas 2045. Jurnal Pendidikan Karakter, 4(1).
Nurfadhilah, N. (2019). Analisis Pendidikan Karakter Dalam Mempersiapkan Pubertas Menuju Generasi Emas Indonesia 2045. Jurnal Pendidikan Dasar, 10(1), 85–100.
Omeri, N. (2015). Pentingnya pendidikan karakter dalam dunia pendidikan. Manajer Pendidikan: Jurnal Ilmiah Manajemen Pendidikan Program Pascasarjana, 9(3).
Retnanto, A. (2017). Integrasi Keilmuan dalam Pendidikan Islam. Jurnal Elementary, 5(2), 232–250.
Rifai, N., & Sayuti, W. (2014). Integrasi keilmuan dalam pengembangan kurikulum di uin se-indonesia: Evaluasi penerapan integrasi keilmuan uin dalam kurikulum dan proses pembelajaran.
S., K. (2019). Perspektif Umat Islam tentang Agama dan Ilmu Pengethauan. Jurnal Dinamika Penelitian: Media Komunikasi Sosial Keagamaan, 19(1), 145–146.
Saifudin, S. (2020). Integrasi Ilmu Agama Dan Sains: Studi Penulisan Skripsi Di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Profetika: Jurnal Studi Islam, 21(1), 78–90.
Sari, R. M., & Amin, M. (2020). Implementasi Integrasi Ilmu Interdisipliner dan Multidisipliner: Studi Kasus di Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Prosiding Konferensi Integrasi Interkoneksi Islam Dan Sains, 2, 245–252.
Siregar, P. (2014). Integrasi Ilmu-Ilmu Keislaman Dalam Perspektif M. Amin Abdullah. Miqot: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 38(2).
Slamet, S. (2019). Konsep integrasi ilmu dan agama. As-Salam: Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Keislaman, 2(1), 231–245.
Terjemah Kemenag. (n.d.). Terjemah Kemenag.
Published
2023-12-17
How to Cite
Anwar, Z. (2023). KONSEP INTEGRASI ILMU KE-MI-AN DENGAN ILMU ISLAM. Mentari : Journal of Islamic Primary School, 1(4), 290-300. Retrieved from https://ejournal.staimnglawak.ac.id/index.php/ment/article/view/1373
Section
Articles