PENGARUH MODEL PROJECT-BASED LEARNING TERHADAP KREATIVITAS SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS 2 MI HAYYA ALAL FALAH

  • Jerry Septiansyah STAI Miftahul Ula Nganjuk
  • Binti Rosyidah STAI Miftahul Ula Nganjuk
Keywords: Kreatifitas, Penelitian Kuantitatif, Project Based Learning

Abstract

Strategi dalam mengembangkan kemampuan kreativitas serta menumbuhkan rasa percaya diri pada siswa merupakan sebuah tanggung jawab utama dalam pendidikan. Disinilah peran guru sangat penting untuk menciptakan suatu pembelajaran yang menyenangkan melalui model pembelajaran, supaya pembelajaran tidak monoton dan siswa lebih mudah memahami materi yang disampaikan. Berdasarkan uraian permasalahan tersebut ditemukan bahwa pentingnya model pembelajaran yang tepat untuk meningkatkan kreativitas siswa, salah satunya model pembelajaran yang digunakan yaitu Project Based Learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui langkah pelaksanaan model Project Based Learning pada mata pelajaran Tematik, dan pengaruh model Project Based Learning terhadap kreativitas siswa kelas 2 pada mata pelajaran Tematik di MI Hayya Alal Falah. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan data numerik yang dapat diolah dengan menggunakan metode statistik. Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah ex-post facto. Teknik pengumpulan data yang dilaksanakan meliputi angket Project Based Learning dan angket kreativitas siswa. Pengujian validitas instrumen menggunakan koefisien korelasi dan pengujian reliabilitas menggunakan alpha cronbach. Sedangkan uji analisis data menggunakan uji signifikansi korelasi. Hasil pengolahan data yang telah dilakukan dengan menggunakan statistik uji-t, didapat thitung = 6,522. Kemudian dicari ttabel dengan dk = n-k-1, dk = 19-1-1 = 17 pada taraf signifikan 5% (0,05) maka dari table distribusi t di peroleh nilai ttabel = 2,110. Maka hasilnya 6,522 > 2,110 dengan demikian diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa Project Based Learning mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kreativitas siswa.

References

Arikunto Suharsimi. (2006). Prosedur Penelitian Survei Pendekatan Praktek. Jakarta : Rinieka Cipta. 178
D. Yuliana and F. Al Jufri. (2019). “Pengaruh E-Learning Berbasis Schoology Terhadap Aktivitas Belajar Peserta Didik Kelas X Jurusan Teknik Komputer Dan Jaringan SMK Sumber Bunga,” vol. 6, no. 1, pp. 44–74
Darmadi Hamid. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung; Alfabeta. 223
Fitri Latifatus, Yuliana Dyan, dan Jaya Firman. (2021). Pengaruh Project Based Learning Terhadap Kreativitas Siswa Pada Mata Pelajaran Simulasi Digital, dalam Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi (JUKANTI), Vol.4, No.2
Nasrul Musta’in M. (2017). ”Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap Peningkatan Kreativitas Siswa Dalam Membuat Produk Daur Ulang Limbah Pada Kelas X di SMA Muhammadiyah 2 Palembang”, (Skripsi: Program Sarjana Niversitas Islam Negeri (Uin) Raden Fatah Palembang.
Sugiyono, (1992). Statistika Untuk Penelitian, cetakan 9, Bandung: Alfabeta. 145
Published
2023-12-17
How to Cite
Septiansyah, J., & Rosyidah, B. (2023). PENGARUH MODEL PROJECT-BASED LEARNING TERHADAP KREATIVITAS SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS 2 MI HAYYA ALAL FALAH. Mentari : Journal of Islamic Primary School, 1(4), 188-196. Retrieved from https://ejournal.staimnglawak.ac.id/index.php/ment/article/view/1367
Section
Articles