TEKNIK DAN INSTRUMEN ASSESMENT RANAH PSIKOMOTORIK

  • M. Ferry Irawan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Mamkua Amirullah UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
Keywords: Instrumen Asessment, Psikomotorik, Teknik Asessment

Abstract

Artikel ini dilatar belakangi oleh pentingnya penilaian dalam ranah keterampilan. Dalam pelaksanaan penilaian hasil belajar psikomotor dapat dilakukan dengan tes perbuatan atau tes unjuk kerja (test kinerja) atas keterampilan yang telah dikuasai peserta didik. Penilaian unjuk kerja merupakan penilaian yang dilakukan dengan mengamati kegiatan peserta didik dalam melakukan sesuatu. Penilaian ini cocok digunakan untuk menilai ketercapaian kompetensi yang menuntut peserta didik melakukan tugas tertentu seperti: praktik sholat, praktik olahraga, bermain peran. Teknik dan instrumen evaluasi hasil belajar psikomotor yaitu skala penilaian, daftar cek, dan Catatan Anekdotal (Catatan Kejadian). Analisis instrumen evaluasi hasil belajar psikomotor dapat juga dijelaskan secara teoriti (analisis kualitatif) maupun secara empiris (analisis kuantitatif).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anita, Yus. Penilaian Perkembangan Belajar Anak Taman Kanak-Kanak. Kencana, 2015.
Arikunto, Suharsimi. Dasar-dasar evaluasi pendidikan edisi 3. Bumi Aksara, 2021.
E01109002, Erik Fortanatus Asbandi Nim. “IMPLEMENTASI PERATURAN PEMERINTAH No. 19 TAHUN 2005 TENTANG STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN DI SEKOLAH DASAR NEGERI NO. 04 PENGADANG.” PublikA Jurnal Ilmu Administrasi Negara (e-Journal) 4, no. 3 (10 Desember 2015). https://doi.org/10.26418/publika.v4i3.815.
Eko Putro, Widoyoko. “Penilaian Hasil Belajar Di Sekolah.,” t.t.
Fadhli, Muhammad. “Manajemen Peningkatan Mutu Pendidikan,” t.t.
Fakhrurrozi, Hatta. “Standar Penilaian Aspek Psikomotorik Pendidikan Agama Islam.” Jurnal Paedagogia Vol 7, no. 1 (2018).
Ismet, Basuki, dan Haryanto. Assesment Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2014.
Noviansah, Ahmad. “Objek Dalam Assesment Penilaian (Afektif, Kognitif, dan Psikomotorik).” Al-Hikmah: Jurnal Studi Islam 1, no. 2 (2020): 114–27.
Rosnaeni, Rosnaeni, Sukiman Sukiman, Apriliyanti Muzayanati, dan Yani Pratiwi. “Model-Model Pengembangan Kurikulum di Sekolah.” Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan 4, no. 1 (2022): 467–73.
Sahabuddin, Chuduriah. “HUBUNGAN KOMUNIKASI BELAJAR MENGAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI I KABUPATEN MAJENE.” Pepatudzu : Media Pendidikan dan Sosial Kemasyarakatan 10, no. 1 (7 Oktober 2016): 17–30. https://doi.org/10.35329/fkip.v10i1.35.
Sukiman. Pengembangan Sistem Evaluasi. Yogyakarta. Yogyakarta: Insan Madani, 2011.
sulistyorini. Evaluasi Pendidikan Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Yogyakarta: Teras, 2009.
Suyanto, Slamet. Dasar-dasar pendidikan anak usia dini. Yogyakarta: Hikayat Publishing, 2005.
Published
2023-12-17
How to Cite
Irawan, M. F., & Amirullah, M. (2023). TEKNIK DAN INSTRUMEN ASSESMENT RANAH PSIKOMOTORIK. Mentari : Journal of Islamic Primary School, 1(4), 276-289. Retrieved from https://ejournal.staimnglawak.ac.id/index.php/ment/article/view/1316
Section
Articles