DAMPAK POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP PERKEMBANGAN EMOSIONAL ANAK SEKOLAH DASAR

  • Ana Quthratun Nada UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Alia Latifah UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Shaleh Shaleh UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Sedya Santosa UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
Keywords: Pola Asuh Orang Tua, Perkembangan Emosional, Anak Usia Sekolah Dasar

Abstract

Orang tua sebagai pendidik pertama, mempunyai kewajiban membimbing, melindungi serta membesarkan anak. Keberadaan orang tua sangatlah penting, sehingga peran orang tua merupakan dasar pertama dalam pembentukan pribadi anak. Upaya tersebut dapat terwujud apabila orang tua menerapkan pola asuh yang tepat, karena pola asuh yang diberikan kepada anak akan mempengerahui pekembangan sosial-emosional anak. Setiap orang tua tentu mempunyai pola asuh yang berbeda, diantanyanya yaitu: Pola asuh otorite, pola asuh demokratis, dan pola asuh permisif. Pola asuh orang tua pada anak usia dini mencakup pemberian rangsangan fisik, mental, emosional, moral, maupun sosial yang akan mendorong tumbuh kembang anak secara optimal. Gaya pengasuhan terhadap anaknya, akan mempengaruhi pada perkembangan sosial dan kepribadian anak. Gaya pengasuhan yang tidak baik akan menurunkan perkembangan sosial anak yang baik. Pola asuh orang tua berarti kebiasaan orang tua, ayah dan ibu dalam memimpin, mengasuh dan membimbing anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola asuh orang tua dalam membentuk perkembangan emosional anak. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa perkembangan emosional anak dengan kecenderungan pola asuh demokratis berkembang baik

References

Agusniatih, Andi, and Jane M. Manopa, KETERAMPILAN SOSIAL ANAK USIA DINI: Teori dan Metode Pengembangan (EDU PUBLISHER, 2019)
Anzani, Rahmah Wati, and Intan Khairul Insan, ‘Perkembangan Sosial Emosi Pada Anak Usia Prasekolah’, PANDAWA, 2.2 (2020), 180–93
Diadha, Rahminur, ‘KETERLIBATAN ORANG TUA DALAM PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DI TAMAN KANAK-KANAK’, Edusentris, 2.1 (2015), 61
Fadhilah, Nur, ‘POLA ASUH ORANG TUA DENGAN KEPERCAYAAN DIRI ANAK USIA PRASEKOLAH’ (unpublished other, Universitas dr. SOEBANDI, 2022) [accessed 5 April 2023]
Firdausi, Rofiqoh, and Nanik Ulfa, ‘POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP PERKEMBANGAN EMOSIONAL ANAK DI MADRASAH IBTIDAIYAH NAHDLATUL ULAMA BULULAWANG’, MUBTADI: Jurnal Pendidikan Ibtidaiyah, 3.2 (2022), 133–45
Khoiruddin, M. Arif, ‘Perkembangan Anak Ditinjau Dari Kemampuan Sosial Emosional’, Tribakti: Jurnal Pemikiran Keislaman, 29.2 (2018), 425~438-425~438
Muzzamil, Ferdy, ‘PENGARUH LINGKUNGAN TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK’, MURANGKALIH: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2.02 (2021) [accessed 13 June 2023]
Nurhasanah, Nurhasanah, Suci Lia Sari, and Nova Adi Kurniawan, ‘Perkembangan Sosial Dan Emosional Anak Usia Dini’, Mitra Ash-Shibyan: Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4.02 (2021), 91–102
Psi, Riana Mashar, M. Si, Emosi Anak Usia Dini dan Strategi Pengembangannya (Kencana, 2015)
Sari, Popy Puspita, Sumardi Sumardi, and Sima Mulyadi, ‘POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP PERKEMBANGAN EMOSIONAL ANAK USIA DINI’, JURNAL PAUD AGAPEDIA, 4.1 (2020), 157–70
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D (Bandung: Alfabeta, 2019)
Sukatin, Qomariyyah Yolanda Horin, ‘ANALISIS PSIKOLOGI PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA DINI’, Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak, 6.2 (2020), 156–71
Suriadi, Rita Yuliani, Asuhan Keperawatan Pada Anak Edisi 2 (Jakarta: Sagung setia, 2006)
Suteja, Jaja, and Yusriah Yusriah, ‘DAMPAK POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL-EMOSIONAL ANAK’, AWLADY : Jurnal Pendidikan Anak, 3.1 (2017)
Tiel, Julia Maria Van, Perkembangan Sosial Emosional Anak Gifted (Prenada Media, 2019)
Published
2023-09-21
How to Cite
Nada, A., Latifah, A., Shaleh, S., & Santosa, S. (2023). DAMPAK POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP PERKEMBANGAN EMOSIONAL ANAK SEKOLAH DASAR. Mentari : Journal of Islamic Primary School, 1(3), 141-150. Retrieved from https://ejournal.staimnglawak.ac.id/index.php/ment/article/view/1289