Implementasi Budaya Literasi di MTs Negeri 3 Pamekasan dan MTs 1 Putri An-Nuqayah Sumenep: Strategi, Dampak, dan Tantangan

  • Kamilah Kamilah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Madura
  • Halimatus Sa’diyah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Madura
Keywords: Literacy Culture, Islamic Junior High School, Reading Skills

Abstract

Literacy culture is a means to develop the ability to find, evaluate, and utilize information in students from an early age. Through literacy culture in educational institutions, the quality of learning will be of higher quality because it can develop reading and writing skills and increase students' motivation to learn. In addition, the literacy culture applied is also a facility in developing students' ability to manage information so that learning becomes more meaningful, quality and fun. Therefore, both MTs. Negeri 3 Pamekasan and MTs. 1 Putri An-Nuqayah Sumenep institutions implement a literacy culture

References

Al-Qur’an. (n.d.).
Arifin, Z. (2019). Evaluasi program. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Bidang Pendidikan Madrasah. (2019). Buku panduan khusus Gerakan Ayo Membangun Madrasah (Geramm). Kantor Wilayah Kemenag Provinsi Jawa Timur.
Cahyani, I. (2009). Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Direktorat Pendidikan Islam Depag RI.
Debton, L., & Hubble, D. (2016). Sekolah literasi: Perencanaan dan pembinaan. Bandung: Nuansa.
Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2016). Panduan Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Menengah Pertama. Jakarta.
Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2016). Disain induk Gerakan Literasi Sekolah.
Kamil, M. (2010). Model pendidikan dan pelatihan (Konsep dan aplikasi). Bandung: Alfabeta.
Kinesti, R. D. A. (2021). Pemberian reward bagi siswa berprestasi sebagai strategi guru kelas dalam pembelajaran di SD Al-Ma’soem Bandung. Jurnal Jurusan PGMI, 13(2).
Mufrihat. (2019). Analisis efektivitas implementasi budaya literasi di MIN 1 Kota Makassar (Skripsi). UIN Alauddin Makassar Gowa.
Mulyati, T. (2017). Pembelajaran literasi. Jakarta: Bumi Aksara.
Mursyid, M. (2016). Membumikan gerakan literasi di sekolah. Yogyakarta: Lembaga Ladang Kata.
Musthafa, B. (2014). Literasi dini dan literasi remaja. Bandung: CREST.
Nashar. (2013). Dasar-dasar manajemen. Surabaya: Pena Salsabila.
Pakistianingsih, A. (n.d.). Surabaya sebagai kota literasi. Surabaya: Pelita Hati.
Raihan. (2019). Penerapan reward dan punishment dalam meningkatkan prestasi belajar pendidikan agama Islam terhadap siswa SMA di Kabupaten Pidie. Journal of Islamic Education, 2(1).
Saryono, D. (2017). Gerakan literasi nasional. Jakarta: Kemendikbud.
Published
2025-03-25
How to Cite
Kamilah, K., & Sa’diyah, H. (2025). Implementasi Budaya Literasi di MTs Negeri 3 Pamekasan dan MTs 1 Putri An-Nuqayah Sumenep: Strategi, Dampak, dan Tantangan. JURNAL LENTERA : Kajian Keagamaan, Keilmuan Dan Teknologi, 24(1), 251-263. https://doi.org/10.29138/lentera.v24i1.1672
Section
Articles