Implementasi Active Learning pada Pendidikan Aqidah

  • Bahtiar Hariyadi Pascasarjana Pendidikan Agama Islam Universitas Sunan Giri Surabaya
  • Tri Marfiyanto Pascasarjana Pendidikan Agama Islam Universitas Sunan Giri Surabaya
Keywords: aqidah akhlak, active learning, metode

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah Untuk mengetahui penerapan metode active learning pembelajaran aqidah akhlak. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang mempelajari  acara  intensif  latar  belakang,  status  terakhir,  dan  interaksi  lingkungan yang terjadi pada suatu satuan social. Dalam  penelitian  ini  penulis  menggunakan  pendekatan  kualitatif  yang  bersifat  deskriptif,  yaitu  sebuah  penelitian  suatu  kelompok  manusia  atau   objek,   sesuatu   kondisi,   sistem   pemikiran   ataupun   suatu   kelas   istimewa pada masa sekarang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kualitas   dan   kuantitas   pada pembelajaran aqidah akhlak dengan penerapan   metode   active learning.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-05-30
How to Cite
Hariyadi, B., & Marfiyanto, T. (2019). Implementasi Active Learning pada Pendidikan Aqidah. EDUCATIO : Journal of Education, 1(2). https://doi.org/10.29138/educatio.v1i2.196
Section
Articles