Mentari : Journal of Islamic Primary School https://ejournal.staimnglawak.ac.id/index.php/ment <p><strong>Mentari : Journal of Islamic Primary School</strong> emphasizes the study of primary education and Islamic primary education in Islamic countries in general and specifically in Indonesia by emphasizing the theories of Islamic primary education and its practices in the Islamic worlds that developed in attendance through publications of articles.</p> <p><strong>Mentari : Journal of Islamic Primary School</strong>&nbsp;is a double-blind peer-reviewed journal published by the Study Program of Education for Islamic Elementary School Teachers , Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Miftahul Ula Kertosono Nganjuk. The journal publishes research articles of Islamic primary education or primary education in Islamic country. The articles of this journal are published annually; March, June,&nbsp; September and Desember.</p> en-US nuranirahmania@gmail.com (Nurani Rahmania) nuranirahmania@gmail.com (Nurani Rahmania) Mon, 30 Jun 2025 00:00:00 +0700 OJS 3.1.1.2 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 Tantangan Mempertahankan Profesionalisme di Tengah Dinamika Pendidikan https://ejournal.staimnglawak.ac.id/index.php/ment/article/view/1714 <p><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;">Manusia sebagai Homo Educandum, di mana guru yang memegang peran kunci dalam keberhasilan proses pembelajaran dan pembentukan karakter dalam pendidikan. Namun, di tengah dinamika pendidikan yang terus berkembang, guru menghadapi berbagai tantangan dalam mempertahankan profesionalismenya. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji tantangan-tantangan tersebut, termasuk perubahan kurikulum, integrasi teknologi digital, dan keberagaman peserta didik, serta strategi yang dapat diimplementasikan untuk meningkatkan profesionalisme guru. Pendekatan penelitian yang diterapkan merupakan studi literatur, dilakukan dengan cara menghimpun dan menelaah berbagai sumber informasi terpercaya seperti jurnal, buku, dan dokumen kebijakan pendidikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru perlu meningkatkan kompetensi pedagogik, adaptasi teknologi, dan pendekatan inklusif untuk memenuhi tuntutan pendidikan yang dinamis. Rekomendasi yang disampaikan meliputi pelatihan berkelanjutan, kolaborasi antar guru, serta penguatan empat prasyarat profesionalisme guru menurut Samani. Dengan demikian, profesionalisme guru yang terjaga akan berdampak positif pada kualitas pendidikan dan masa depan generasi bangsa.</span></span></p> Muthia Hanifa Nugraha, Muhamad Rivaldi, Lulu Salsabilah, Muhamad Bambang Yudistira ##submission.copyrightStatement## http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://ejournal.staimnglawak.ac.id/index.php/ment/article/view/1714 Mon, 30 Jun 2025 11:48:38 +0700 Madrasah Ibtidaiyah sebagai Penjaga Tradisi: Telaah Sosioantropologis terhadap Warisan Keagamaan Lokal https://ejournal.staimnglawak.ac.id/index.php/ment/article/view/1716 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peran Madrasah Ibtidaiyah dalam melestarikan tradisi keagamaan lokal di Indonesia melalui pendekatan sosioantropologis. Madrasah Ibtidaiyah sebagai lembaga pendidikan Islam dasar tidak hanya memberikan pendidikan akademis, tetapi juga berfungsi sebagai penjaga identitas religius dan sosial siswa. Di tengah arus globalisasi yang kuat, madrasah ini menghadapi tantangan untuk mempertahankan tradisi keagamaan lokal seperti Maulid Nabi, tahlilan, dan dzikir bersama yang semakin tergeser oleh budaya modern. Penelitian ini menggunakan metode studi pustaka untuk mengeksplorasi berbagai strategi yang diterapkan oleh madrasah dalam mengintegrasikan nilai tradisi ke dalam kurikulum dan kegiatan ekstrakurikuler. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan berbasis tradisi di Madrasah Ibtidaiyah berkontribusi signifikan dalam membentuk identitas keagamaan siswa dan memperkuat kohesi sosial di komunitas. Studi ini menyoroti pentingnya inovasi dalam metode pembelajaran yang relevan untuk menjaga kelangsungan tradisi keagamaan lokal di era modernisasi.</p> Ana Quthratun Nada, Sri Sumarni, Farida Hanum ##submission.copyrightStatement## http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://ejournal.staimnglawak.ac.id/index.php/ment/article/view/1716 Mon, 30 Jun 2025 00:00:00 +0700 Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Antusiasme Siswa dalam Pembelajaran PAI dengan Materi “Ketika Kehidupan Telah Berhenti” Melalui Penggunaan Metode Diskusi, Kerja Kelompok dan Media Visual https://ejournal.staimnglawak.ac.id/index.php/ment/article/view/1737 <p>Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivasi belajar siswa. Dengan metode belajar menggunakan metode diskusi kelompok.Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa Diskusi kelompok sangat penting dilakukan untuk pembelajaraan PAI agar pembelajaran lebih baik dan aktif.</p> <h1>Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan metode pembelajaran diskusi dan tanya jawab dengan menggunakan media visual dalam meningkatkan aktivitas dan antusiasme belajar siswa dalam pembelajaran PAI kelas V SD Lembur Sawah Kecamatan Cicantayan pada semester genap tahun pelajaran 2024/2025. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan aktivitas dan antusiasme belajar siswa dalam pembelajaran PAI kelas V SD Lembur Sawah Kecamatan Cicantayan pada semester genap tahun pelajaran 2024/2025.</h1> <p>Menggunakan jenis penelitian studi kasus dengan pendekatan kualitatif yang datanya diperoleh dari wawancara, observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan penelitian, pembelajaran PAI di SMP Negeri 3 Jombang berjalan lancar, nilai siswa bagus dan pelaksanaan program keagamaan konsisten. Eksplorasi media audio visual dalam pembelajaran PAI terkendala fasilitas pembelajaran, perlu pengembangan visualisasi materi, dan penyesuaian karakter belajar siswa.</p> <h1>Penelitian tindakan kelas ini, terdiri dari dua siklus, dimana setiap siklusnya terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi. Alat pengumpulan data menggunakan instrumen berupa lembar pengamatan peserta didik dalam proses pembelajaran. Hasil penelitian ini adalah pada siklus I, aktivitas dan antusiasme belajar siswa yang tercemin dari kegiatan pembelajan yang cukup aktif sudah cukup baik. Hal ini terlihat dari data yang ada dengan jumlah siswa 46 orang terdapat kenaikan 10,5 % yaitu dari 56,7% dengan kategori rendah, menjadi 67,2% dan berada dalam kategori sedang yang aktif dalam pembelajaran. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode diskusi, kerja kelompok dengan menggunakan media visual dapat meningkatkan aktivitas dan antusiasme siswa dalam pembelajaran.</h1> Iin Hindasih, Ratna Wulan ##submission.copyrightStatement## http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://ejournal.staimnglawak.ac.id/index.php/ment/article/view/1737 Mon, 30 Jun 2025 11:51:18 +0700 Peningkatan Peningkatan Pemahaman Nilai Pancasila Melalui Media Pembelajaran Permainan Ular Tangga Kelas I MI Nurul Hidayah Urangagung https://ejournal.staimnglawak.ac.id/index.php/ment/article/view/1768 <p style="text-align: justify;">Artikel ini mengulas penerapan media permainan edukatif ular tangga sebagai strategi untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap nilai-nilai Pancasila dalam mata pelajaran Pendidikan Pancasila di kelas I MI Nurul Hidayah Sidoarjo. Permainan ular tangga dinilai efektif dalam menyampaikan konsep-konsep abstrak kepada siswa usia dini karena mampu membangun suasana belajar yang aktif, menyenangkan, dan interaktif. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus, dengan masing-masing siklus meliputi tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan mencakup tes, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan dalam pemahaman siswa, dengan rata-rata nilai yang meningkat dari 63,08 pada siklus I menjadi 78,08 pada siklus II, serta peningkatan ketuntasan belajar dari 30,7% menjadi 92,3%. Kebaruan penelitian ini terletak pada integrasi nilai-nilai Pancasila ke dalam bentuk permainan tematik yang disertai kegiatan reflektif. Penelitian ini merekomendasikan penggunaan media permainan edukatif sebagai pendekatan inovatif dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila di tingkat sekolah dasar.</p> Khilyatul Isma, Moh. Agus Syairofi Syafi’ ##submission.copyrightStatement## http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://ejournal.staimnglawak.ac.id/index.php/ment/article/view/1768 Mon, 30 Jun 2025 11:52:08 +0700 Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Canva untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Islam Terpadu Darul Falah Kertosono Nganjuk https://ejournal.staimnglawak.ac.id/index.php/ment/article/view/1769 <p>Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Aplikasi Canva Kelas III di SD Islam Terpadu Darul Falah Kertosono Nganjuk atas dasar fenomena yang ada di sekolah yakni belum optimalnya penggunaan media pembelajaran, dikarenakan lebih fokus pada penguasaan kelas, dalam proses pembelajaran masih terbatas menggunakan LKS sebagai media pembelajaran.</p> <p>Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mendeskripsikan pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Aplikasi Canva materi Kisah Nabi Ibrahim kelas III (2) Mendeskripsikan hasil uji coba Media Pembelajaran Interaktif Aplikasi Canva materi Kisah Nabi Ibrahim kelas III Sekolah Dasar Islam Terpadu Darul Falah Kertosono Nganjuk tahun ajaran 2023/2024.</p> <p>Metode penelitian yang digunakan adalah model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation) dengan desain penelitian R&amp;D (Research &amp; Development). Peneliti berfokus pada pengembangan media berbasis canva untuk memenuhi kebutuhan siswa, teknik pengumpalan data berupa observasi, wawancara dan angket, sedangkan analisis data yang digunakan deskriptif kualitatif, subjek penelitian ini berjumlah 12 siswa.</p> <p>Hasil penelitian secara umum menunjukkan skor dari uji validasi ahli media 93%, uji validasi ahli materi 94%, respon siswa terhadap media 95%, pada uji coba memperoleh 98% dengan kualifikasi sangat baik dimana siswa memahami materi dan mampu menggunakan media, serta respon guru kelas terhadap media 98%. Dengan demikian Multimedia Pembelajaran Interaktif Aplikasi Canva sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran.</p> M. Khoirul Anam Catur Pamungkas ##submission.copyrightStatement## http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://ejournal.staimnglawak.ac.id/index.php/ment/article/view/1769 Mon, 30 Jun 2025 11:53:10 +0700 Pengembangan Panduan Praktikum Berbasis Keterampilan Proses Sains pada Mata Pelajaran IPA untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa di MI Sabilillah Tanjung Kertosono Nganjuk https://ejournal.staimnglawak.ac.id/index.php/ment/article/view/1770 <p>Dalam dunia pendidikan pembelajaran IPA adalah suatu bidang ilmu yang memerlukan praktikum untuk pembuktian yang sistematis. Dalam mencapai pembelajaran yang mencakup tentang produk, proses, dan sikap ilmiah dibutuhkan praktikum dalam pembelajaran IPA. Berdasarkan dari hasil wawancara guru kelas IV bahwa di MI tersebut belum tersedia buku yang khusus untuk melakukan kegiatan praktikum sehingga siswa kurang termotivasi dan kurang memahami konsep dasar dalam melakukan kegiatan praktikum IPA. Untuk mencapai tujuan tersebut, maka diperlukan bahan ajar yang sesuai. Bahan ajar yang sesuai adalah lembar panduan praktikum IPA bebasis ketrampilam proses sains. Tujuan penelitian adalah: Untuk mengetahui kelayakan panduan praktikum IPA dalam meni ngkatkan pemahaman konsep IPA pada siswa MI, Untuk mengetahui keefetifan panduan praktikum pada mata pelajaran IPA. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&amp;D). Model Pengembangan yang digunakan adalah 4-D <em>(Define, Design, Development, Disseminate)</em>&nbsp;&nbsp; &nbsp;Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV MI Sabilillah Tanjung. Metode pengumpulan data dalam penelitian menggunakan teknik observasi, wawancara, dan angket. Teknis analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif. Proses pengembangan panduan praktikum IPA berbasis keterampilan proses sains terdapat empat tahap yaitu pendefinisian, perancangan produk, pengembangan produk, penyebaran produk. Kelayakan dan keefektifan panduan praktikum IPA berbasis keterampilan proses sains terbukti sangat layak dengan hasil validasi dari validator ahli materi 92%, ahli desain 93%, respon guru 85% dan respon siswa 74%, dan dengan hasil keefektifan 78% efektif untuk digunakan pada proses kegiatan belajar mengajar terutama pada kegiatan&nbsp; praktek IPA.</p> Nurul Mukaromah Dwi Hayati ##submission.copyrightStatement## http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://ejournal.staimnglawak.ac.id/index.php/ment/article/view/1770 Mon, 30 Jun 2025 11:54:11 +0700