Pengembangan Bahan Ajar LKPD Berbasis Realistic Mathematics Education (RME) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika di Madrasah Ibtidaiyah Al–Aziz Jati Sawahan Lengkong Nganjuk
Abstract
Pengembangan bahan ajar dilakukan agar dapat memberikan kemudahan untuk peserta didik dalam menyelesaikan materi pembelajaran dalam matapelajaran matematika. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru wali kelas IV MI Al –Aziz dalam pembelajaran matematika, beberapa peserta didik memiliki hasil belajar matematika dibawah KKM, terutama pada materi pecahan. Hal ini disebabkan keterbatasan bahan ajar yang ada yang tidak menarik antusias siswa dalam belajar. Untuk mengatasi masalah tersebut, maka peneliti merasa perlu untuk mengembangkan bahan ajar yaitu LKPD yang dikembangkan berbasis RME. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana pengembangan bahan ajar berbasis Realistic Mathematics Education materi pecahan untuk siswa kelas IV MI Al – Aziz dan bagaimana efektivitas LKPD berbasis Realistic Mathematics Education terhadap hasil belajar siswa kelas IV MI Al – Aziz. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan bahan ajar berbasis RME pada materi pecahan untuk siswa kelas IV MI Al – Aziz .Serta ingin mengetahui Efektivitas LKPD berbasis RME terhadap hasil belajar siswa kelas IV MI Al – Aziz. Metode Penelitian yang digunakan dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Sedangkan jenis penelitian menggunakan Reseacrh and Development (R&D), mengacu pada model ADDIE yang diadopsi menjadi lima langkah yaitu; 1) Analisis (analisys); 2) Desain (design); 3) Pengembangan(developmet) 4) Implementasi (implementation); dan 5) Evaluasi (evaluation). Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar yang dikembangkan mendapat kriteria sangat baik / sangat layak dan valid, berdasarkan penilaian oleh ahli materi dan ahli desain dengan perolehan skor masing – masing, 97,7% oleh ahli materi, 94,5% oleh ahli desain / media, dan 88,3% oleh penilaian siswa. Sedangkan hasil keefekifan yang didapat dari instrument pretest dan postest yang diberikan kepada peserta didik, memenuhi kriteria keefektifan dan masuk kategori efektif terhadap hasil belajar siswa kelas IV, dengan persentase sebesar 79 % dan memenuhi kriteria keefektifan.
Downloads
References
Elwijaya, F., Harun, M., & Helsa, Y. (2021). Implementassi Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 741–748. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.796
Hake, R. (1999). Analyzing Change/Gain Scores. Indiana University.
Hamalik, O. (2001). Proses Belajar Mengajar. Bumi Aksara.
Hamidah, N., Haryani, S., & Wardani, D. S. (2018). Efektivitas Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 12(2), 2212–2223.
Handayani, N. F. (2022). Pengaruh Media Gambar Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Sekolah Dasar Negeri Ajung Kabupaten Balangan. Jurnal Terapung : Ilmu - Ilmu Sosial, 4(2), 37. https://doi.org/10.31602/jt.v4i2.8621
Helmi, T., Munjin, A., & Sari, I. P. (2016). Kualitas Pelayanan Publik Dalam Pembuatan Izin Trayek Oleh Dllaj Kabupaten Bogor. Jurnal GOVERNANSI, 2(1), 51–52.
Ihsan, M. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Realistik Berbasis Alquran Pokok Bahasan Pecahan. Jurnal of Mathematic Education, 5(2), 82.
Mulyatiningsih, E. (2016). Pengembangan Model Pembelajaran. Alfabeta.
Ningrum, E. C. (2024). Pengaruh Keterampilan Guru dan Sarana Prasarana Terhadap Hasil Belajar Siswa. Mentari Journal of Islamic Primary School, 2(3), 199–208.
Purnamasari, R. (2015). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Tentang Pecahan Melalui Pendekatan Matematika Realistik. Pedagogia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 6(1), 121. https://doi.org/10.55215/pedagogia.v8i2.4918
Rohman, M. A. (2015). Pengembangan Media Permainan Monopoli Dalam Pembelajaran Seni Budaya Dan Keterampilan Kelas VI SDN Tanamera 1. Jurnal Pendidikan Seni Rupa, 3(50).
Rosliana, I. (2019). Pengembangan LKPD Matematika dengan Model Learning Cycle 7E Berbantuan Mind Mapping. Jurnal Pengembangan Pembelajaran Matematika, 1(1), 10–22. https://doi.org/10.14421/jppm.2019.11.10-22
Saodah, I. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis matematika Realstik Pada Materi Aritmatika Sosial Untuk Siswa SMP. Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(1), 83.
Septian, R., Irianto, S., & Andriani, A. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Matematika Berbasis Model Realistic Mathematics Education. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 5(1), 59–67. https://doi.org/10.31949/educatio.v5i1.56
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D) (2nd ed.). Alfabeta.
Sumaryanta. (2009). Bahan Perkuliahan Telaah Kurikulum Pendidikan Matematika. UIN Sunan Kalijaga.
Telaumbanua, Y. (2020). Efektifitas Penggunaan Alat Peraga pada Pembelajaran Matematika pada Sekolah Dasar Pokok Bahasan Pecahan. Warta Dhamawangsa, 14(4), 709–722.
Utami, A. arisma. (2023). Efektivitas Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pengajaran (JIPP), 2(2), 23–29. https://doi.org/10.31571/jipp.v2i2.6221
Wahyudi, A. (2022). Pentingnya Pengembangan Bahan Ajar dalam Pembelajaran IPS. Jurnal Education Social Science (JESS), 2(46), 51–61.
Copyright (c) 2024 Siti Amianah, Yuni Masrifatin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.