Pengembangan Media Pembelajaran Kincir Pintar Pancasila untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di MI Al Huda Kedunglo Cengkok Ngronggot Nganjuk

  • Naila Rohmaniah STAI Miftahul Ula Nganjuk
  • Muhamad Ayyub Mubtadik STAI Miftahul Ula Nganjuk
Keywords: Media Pembelajaran, Kincir Pintar Pancasila, Pemahaman

Abstract

Pembelajaran merupakan proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar. Pembelajaran di MI Al Huda kedunglo khususnya di mata pelajaran PPKN (Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan) masih dilakukan dengan metode ceramah dan kurangnya media pembelajaran membuat siswa merasa bosan. Pengembangan media pembelajaran dapat menjadi solusi dalam membantu siswa untuk memahami materi PPKN khususnya materi makna lambang negara garuda pancasila. Media pembelajaran yang dikembangkan berupa kincir pintar pancasila. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengembangan media media pembelajaran kincir pintar pancasila untuk meningkatkan pemahaman siswa kelas III bab makna lambang Negara Garuda Pancasila pada mata pelajaran PPKN MI Al Huda Kedunglo Tahun Ajaran 2023/2024, bagaimana validasi media pembelajaran pintar pancasila untuk meningkatkan pemahaman siswa kelas III bab makna lambang Negara Garuda Pancasila, dan bagaimana keefektifan media pembelajaran pintar pancasila untuk meningkatkan pemahaman siswa kelas III bab makna lambang Negara Garuda Pancasila. Peneliti menggunakan model ADDIE dalam penelitian pengembangan ini. ADDIE menurut Reiser mempergunakan kata kerja atau verb (Analyze, design, develop, implement, evaluate), dengan penelitian R&D (Research & Develpoment). Peneliti juga menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawaancara, kuisioer (angket) dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan mengkonversi skor yang diperoleh dari ahli materi ahli media dan siswa yang awalnya berupa data kualitatif menjadi data kuantitatif. Peneliti berfokus pada pengembangan media pembelajaran kincir pintar pancasila dengan membagi siswa menjadi beberapa kelompok kemudian bermain dengan belajar menggunakan kincir pintar pancasila untuk meningkatkan pemahaman siswa. Hasil penelitian dan pengembangan ini adalah kincir pintar pancasila yang berisi gambar simbol-simbol pancasila. Validasi produk dari ahli materi dan media mendapat hasil presentase rata-rata keseluruhan 95% yang menunjukkan produk telah valid. Hasil perhitungan skor dan rata-rata n-gain dari pretest dan  posttest  adalah  0,71  dan  71,6%.  menunjukkan  bahwa  produk  yang  telah dikembangkan termasuk ke dalam kategori skor “tinggi” dan tingkat efektivitas “cukup efektif”.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arifudin, O. 2022. Teacher Personality Competence In Building The Character Of Students. International Journal of Education and Digital Learning (IJEDL), 1(1).
Purwanto, Ngalim. 2011. Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis, Bandung : Remaja Rosdakarya,
Sugiyono. 2016 . Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung:alfabeta.
Sugiyono. 2019. Metode Penelitian dan Pengembangan RnD. Bandung: Alfabeta.
Published
2024-12-16
How to Cite
Rohmaniah, N., & Mubtadik, M. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Kincir Pintar Pancasila untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di MI Al Huda Kedunglo Cengkok Ngronggot Nganjuk. Mentari : Journal of Islamic Primary School, 2(4), 287-301. Retrieved from https://ejournal.staimnglawak.ac.id/index.php/ment/article/view/1628
Section
Articles