Pengembangan Media Pembelajaran Kincir Pintar Pancasila untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di MI Al Huda Kedunglo Cengkok Ngronggot Nganjuk
Abstract
Pembelajaran merupakan proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar. Pembelajaran di MI Al Huda kedunglo khususnya di mata pelajaran PPKN (Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan) masih dilakukan dengan metode ceramah dan kurangnya media pembelajaran membuat siswa merasa bosan. Pengembangan media pembelajaran dapat menjadi solusi dalam membantu siswa untuk memahami materi PPKN khususnya materi makna lambang negara garuda pancasila. Media pembelajaran yang dikembangkan berupa kincir pintar pancasila. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengembangan media media pembelajaran kincir pintar pancasila untuk meningkatkan pemahaman siswa kelas III bab makna lambang Negara Garuda Pancasila pada mata pelajaran PPKN MI Al Huda Kedunglo Tahun Ajaran 2023/2024, bagaimana validasi media pembelajaran pintar pancasila untuk meningkatkan pemahaman siswa kelas III bab makna lambang Negara Garuda Pancasila, dan bagaimana keefektifan media pembelajaran pintar pancasila untuk meningkatkan pemahaman siswa kelas III bab makna lambang Negara Garuda Pancasila. Peneliti menggunakan model ADDIE dalam penelitian pengembangan ini. ADDIE menurut Reiser mempergunakan kata kerja atau verb (Analyze, design, develop, implement, evaluate), dengan penelitian R&D (Research & Develpoment). Peneliti juga menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawaancara, kuisioer (angket) dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan mengkonversi skor yang diperoleh dari ahli materi ahli media dan siswa yang awalnya berupa data kualitatif menjadi data kuantitatif. Peneliti berfokus pada pengembangan media pembelajaran kincir pintar pancasila dengan membagi siswa menjadi beberapa kelompok kemudian bermain dengan belajar menggunakan kincir pintar pancasila untuk meningkatkan pemahaman siswa. Hasil penelitian dan pengembangan ini adalah kincir pintar pancasila yang berisi gambar simbol-simbol pancasila. Validasi produk dari ahli materi dan media mendapat hasil presentase rata-rata keseluruhan 95% yang menunjukkan produk telah valid. Hasil perhitungan skor dan rata-rata n-gain dari pretest dan posttest adalah 0,71 dan 71,6%. menunjukkan bahwa produk yang telah dikembangkan termasuk ke dalam kategori skor “tinggi” dan tingkat efektivitas “cukup efektif”.
Downloads
References
Purwanto, Ngalim. 2011. Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis, Bandung : Remaja Rosdakarya,
Sugiyono. 2016 . Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung:alfabeta.
Sugiyono. 2019. Metode Penelitian dan Pengembangan RnD. Bandung: Alfabeta.
Copyright (c) 2024 Naila Rohmaniah, Muhamad Ayyub Mubtadik

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.