Pengembangan Media Pembelajaran Aplikasi Android Elen (Enjoy Learning English) Guna Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Kosa Kata Bahasa Inggris Kelas V Semester II SD II Al - Furqon Garu Baron Nganjuk
Abstract
Perkembangan teknologi menuntut dunia pendidikan untuk dapat menyesuaikan, termasuk dalam pengembangan media pembelajaran. Aplikasi pada Smartphone android yang dimiliki peserta didik juga dapat dijadikan sebagai sarana pengembangan media pembelajaran. Minimnya penggunaan android sebagai media pembelajaran melatarbelakangi penelitian ini. Selain itu kurangnya jam pelajaran dan kurangnya minat siswa untuk membaca buku menjadikan pengembangan media pembelajaran berbasis android akan sangat relevan. Maka, peneliti melakukan penelitian dan pengembangan media pembelajaran berbasis apllikasi android pada kosa kata Bahasa Inggris kelas V di SD IT Al-Furqon.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengembangan media pembelajaran berbasis aplikasi android pada kosa kata Bahasa Inggris kelas V di SD IT Al-Furqon Karangtengah Garu Baron Nganjuk tahun ajaran 2023/2024, bagaimana validasi media pembelajaran berbasis aplikasi android kosa kata Bahasa Inggris kelas V, dan bagaimana keefektifan media pembelajaran berbasis aplikasi android pada kosa kata Bahasa Inggris kelas V SD IT Al-Furqon.
Penelitian ini merupakan research and development (RnD). Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini mengacu pada model pengembangan 4D dari thiagarajan yaitu: (1) Pendefinisian (define); (2) Perancangan (design); (3) Pengembangan (develop); (4) Penyebaran (disseminate). Instrumen pengumpulan data berupa angket validasi yang diberikan kepada ahli media dan ahli materi dan soal pretest dan posttest yang diberikan kepada peserta didik untuk mengetahui keefektifan produk yang dikembangkan. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kuantitatif untuk mengukur validitas dan keefektifan produk
Hasil penelitian dan pengembangan ini adalah aplikasi android bernama ELEN (Enjoy Learning English) yang memuat menu materi, video, dan kuis. Validasi produk dari ahli materi dan media mendapat hasil presentase rata-rata keseluruhan 98% yang menunjukkan produk telah valid. hasil perhitungan skor dan rata-rata n-gain dari pretest dan posttest adalah 0,81 dan 81,5%. menunjukkan bahwa produk yang telah dikembangkan termasuk ke dalam kategori skor “tinggi” dan tingkat efektivitas “efektif”.
Downloads
References
Hanna Haristah Al Azka, Rina Dwi Setyawati, and Irkham Ulil Albab. 2019. ‘Pengembangan Modul Pembelajaran’, Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika.
Wulandari, Amelia Putri, Annisa Anastasia Salsabila, Karina Cahyani, Tsani Shofiah Nurazizah, and Zakiah Ulfiah. 2023. "Pentingnya Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar." Journal on Education 5
Copyright (c) 2024 Laili Istiqomah, Denik Rohmah Inayati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.