Pengaruh Keterampilan Guru dan Sarana Prasarana Terhadap Hasil Belajar Siswa
Abstract
Pentingnya keterampilan guru dan fasilitas belajar dalam proses pembelajaran sangat penting. Terlebih keterampilan guru dan fasilitas belajar berpengaruh pada kelancaran proses pembelaajan sehingga akan menghasilkan hasil belajar dengan nilai yang tinggi. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pengaruh keterampilan guru dan fasilitas belajar terhadap hasil belajar siswa berdasarkan data yang diberikan oleh laporan PISA 2018. Untuk mencapai tujuan penelitian ini, peneliti menggunakan metode regresi linier berganda. Sampel yang digunakan terdiri dari 335 siswa di Indonesia yang berpartisipasi pada kuisioner laporan PISA 2018. Hasil analisis data menunjukkan bahwa pengaruh keterampilan guru dan fasilitas belajar terhadap hasil belajar siswa sebesar 12,6%. Jika dibandingkan dengan fasilitas belajar yang berkisar 6,8%, keterampilan guru pada variabel tersebut memiliki pengaruh yang lebih rendah sebesar 6,2%. Dibandingkan dengan variabel keterampilan guru, variabel fasilitas memberikan kontribusi yang lebih besar terhadap pembelajaran. Hal ini disebabkan fasilitas belajar adalah salah satu faktor pendukung dalam proses pembelajaran. Pada penelitian ini memungkinkan penelitian selanjutnya untuk mengembangkan lagi apakah ada faktor lain yang berpengaruh terhadap hasil belajar siswa.
Downloads
References
Ayuningtiyas dan Hendra, K. (2018). Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan dan Kualitas Informasi Terhadap Keputusan Pembelian Daring Di Aplikasi Bukalapak Pada Mahasiswa Politeknik Negeri Batam. Journal Of Applied Business Administration, 2, 158.
Dakhi, A. S. (2020). Peningkatan Hasil Belajar. Jurnal Education and Development, 8, 468.
Ghola, M. (2021). Pengaruh Keterampilan Pedagogik Guru Dan Fasilitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Penelitian Dan Pendidikan IPS, 15.
Habsyi, F. Y. (2020). Pengaruh Fasilitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa SMA Nusantara Tauro. Jurnal Pendidikan dan Ekonomi, 2, 15.
Anwar, Z., Masrifatin, Y., & Prastowo, A. (2023). Merdeka Belajar: Kesiapan Guru dalam Pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah. Mentari : Journal of Islamic Primary School, 1(2).
José Víctor Orón Semper dkk. (2021). What Kind of School Organizational Decisions Serve to Enhance Sustainable Personal and Social Growth? Sustainability, 13, 3.
Kustawan, D. (2012). Pendidikan Inklusif dan Upaya Implementasinya. Luxima Metro Media.
Putri Balqis dkk. (2014). Keterampilan Pedagogik Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada SMPN 3 Ingin Jaya Kabupaten Aceh Besar. Jurnal Administrasi Pendidikan, 2, 27.
Ridaul Inayah dkk. (2012). Pengaruh Keterampilan Guru, Motivasi Belajar Siswa, Dan Fasilitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Pada Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Lasem Jawa Tengah Tahun Pelajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan Insan Mandiri, 1.
Sopiatin, P. (2010). Manajemen Belajar Berbasis Kepuasan SIswa. Ghalia Indonesia.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif. Alfabeta.
Sulfemi, W. B. (2016a). Hubungan Persepsi Peserta Didik Tentang Keterampilan Guru Mata Pelajaran Sejarah Dengan Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Sejarah Di Kelas X SMA Negeri 1 Pamijahan Kabupaten Bogor. Jurnal Fascho, 5, 53.
Sulfemi, W. B. (2016b). Keterampilan Profesionalisme Guru Indonesia dalam Menghadapi MEA. Prosiding Seminar Nasional STKIP Muhammadiyah Bogor., 1, 70.
Yudha dan Musthapa. (2013). Analisis Pengaruh Brand Reputation, Brand Competence, dan Brand Liking Terhadap Trust In Brand Pada Konsumen Windows Phone Nokia di Surabaya. Jurnal Studi Manajemen & Organisasi, 10, 2.
Yuniasih, I. (2012). Pengaruh Keterampilan Guru Dan Fasilitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Administrasi Perkantoran. Cakrawala: Jurnal Studi Islam, 11.
Copyright (c) 2024 Effiana Cahya Ningrum
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.