Analisis Butir Soal Penilaian Akhir Semester MI Menggunakan Rasch Model

  • Zainul Anwar UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta https://orcid.org/0009-0006-6925-8773
  • Yuni Masrifatin STAI Miftahul Ula Nganjuk
  • Nurani Rahmania STAI Miftahul Ula Nganjuk
Keywords: Validitas, Reliabilitas, Tingkat Kesulitan, Rasch Model

Abstract

Penilaian merupakan satu dari sekian pendekatan yang digunakan untuk mengevaluasi hasil dari belajar siswa sera memutuskan ketercapaian tujuan dalam proses pembelajaran tersebut. Berangkat dari permasalah tersebut, penelitian ini ingin mengetahui validitas, reliabilitas serta tingkat kesulitan butir soal menggunakan Rasch Model. Dalam pengumpulan, data peneliti mengggunakan teknik dokumentasi yang meliputi lembar jawaban Penilaian Akhir Semester genap 2022/2023 kelas V di salah satu MI Kabupaten Nganjuk, dengan total 30 responden serta 15 tes pilihan ganda dengan 4 opsi jawaban. Pada penelitian ini analisa data menggunakan bantuan Winstep 3.7.3. Dengan hasil analisa dilihat dari validitas, 14 soal valid (93,3%) dan 1 soal tidak valid (6,3%); dengan nilai Cronbach Alpha sebesar 0,27 dengan interpretasi buruk, nilai Person Reliability 0,1 dengan interpretasi lemah serta nilai Item Reliaability 0,83 dengan interpretasi bagus; tingkat kesulitan butir soal telah sesuai dengan kaidah pengembangan instrumen tes, dikarenakan terdapat penyebaran kesulitan butir soal tersebut meliputi 4 butir soal (26,66%) dengan kreiteria sangat sulit, 2 butir soal (13,33%) dengan kriteria sulit, 4 butir soal (26,66%) mudah serta 5 butir soal (33,33%) dengan kriteria sangat mudah. Hasil penelitian ini dapat ditarik kesimpulan butir soal Penilaian Akhir Semester genap mata pelajaran matematika kelas V MI memiliki pola item yang fit. Sehingga, dapat diasumsikan butir soal Penilaian Akhir Semester genap mata pelajaran matematika kelas V MI dapat mengukur apa yang ingin diukur.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustian, I., Mufidah, N., Chakra Setiawan, H., Suklani, S., & Chakra Setiawan, H. (2023). Manajemen Evaluasi Kinerja Guru di Pondok Pesantren Al-Iman Putra Ponorogo. COMSERVA Indonesian Jurnal of Community Services and Development, 2(09), 1873–1882. https://doi.org/10.59141/comserva.v2i09.567

Arvianto, F. (2016). Analisis Kualitas dan Keterbacaan Soal Ujian Nasional Bahasa Indonesia. Utile: Jurnal Kependidikan, 2(2), 184–203. https://doi.org/10.37150/jut.v2i2.287

Asmin Lukman, Hujairah Hi Muhammad. (2022). Analisis Tingkat Kesulitan Butir dan Kemampuan Matematika Siswa Berdasarkan Hasil Ujian Sekolah. https://doi.org/10.5281/ZENODO.7421825

Chan, S.-W., Looi, C.-K., & Sumintono, B. (2021). Assessing computational thinking abilities among Singapore secondary students: A Rasch model measurement analysis. Journal of Computers in Education, 8(2), 213–236. https://doi.org/10.1007/s40692-020-00177-2

Eliza, W., & Yusmaita, E. (2021). Pengembangan Butir Soal Literasi Kimia pada Materi Sistem Koloid Kelas XI IPA SMA/MA. JURNAL EKSAKTA PENDIDIKAN (JEP), 5(2), 197–204. https://doi.org/10.24036/jep/vol5-iss2/621

Erfan, M., Maulyda, M. A., Hidayati, V. R., Astria, F. P., & Ratu, T. (2020). ANALISIS KUALITAS SOAL KEMAMPUAN MEMBEDAKAN RANGKAIAN SERI DAN PARALEL MELALUI TEORI TES KLASIK DAN MODEL RASCH. Indonesian Journal Of Educational Research and Review, 3(1), 11–19. https://doi.org/10.23887/ijerr.v3i1.24080

Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. 21(1).

Fernanda, J. W., & Hidayah, N. (2020). Analisis Kualitas Soal Ujian Statistika Menggunakan Classical Test Theory dan Rasch Model. Square : Journal of Mathematics and Mathematics Education, 2(1), 49–60. https://doi.org/10.21580/square.2020.2.1.5363

Hidayat, R., Patras, Y. E., Harijanto, S., & Hasanah, L. (2020). Analisis Instrumen dan Prioritas Tindakan untuk Kepuasan Kerja Guru di Indonesia Berdasarkan Pemodelan Rasch. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 7(2), 110–130. https://doi.org/10.24246/j.jk.2020.v7.i2.p110-130

Kirom, A., & Hasyim, M. (2021). Analisis Abilitas Siswa pada Tes Penilaian Akhir Semester Mata Pelajaran PAdB dengan Menggunakan Rasch Model di SD Ma’arif NU Pandaan Pasuruan. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 13(2), 591–600. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v13i2.1017

Luthfiyah, A., & Susilaningsih, E. (2021). Pengembangan Instrumen Penilaian Collaborative Problem Solving Pada Materi Larutan Elektrolit Nonelektrolit Dan Analisisnya Menggunakan Rasch Model. Chemistry in Education, 10(1), 1–7. https://doi.org/10.15294/chemined.v10i1.39385

Octaviana, R. I., Anggara, M. B., Jamilah, R., Darmana, A., & Suyanti, R. D. (2022). Analisis Item Soal Kimia SMA Menggunakan Rasch Model. Orbital: Jurnal Pendidikan Kimia, 6(1), 26–37. https://doi.org/10.19109/ojpk.v6i1.12248

Pohan, L. A., Ledya, K., Setiawan, V. R., Darmana, A., & Suyanti, R. D. (2022). PENGGUNAAN MODEL RASCH UNTUK MENDETEKSI KUALITAS SOAL KIMIA SMA PADA UJIAN AKHIR SEMESTER (UAS). EKSAKTA : Jurnal Penelitian dan Pembelajaran MIPA, 7(2), 280–289. https://doi.org/10.31604/eksakta.v7i2.280-289

Prijowuntato, S. W. (2020). Evaluasi Pembelajaran. Sanata Dharma University Press.

Purnama, D. N., & Alfarisa, F. (2020). KARAKTERISTIK BUTIR SOAL TRY OUT TEORI KEJURUAN AKUNTANSI SMK BERDASARKAN TEORI TES KLASIK DAN TEORI RESPONS BUTIR. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 18(1), 36–46. https://doi.org/10.21831/jpai.v18i1.31457

Purniasari, L., & Masykuri, M. (2021). ANALISIS BUTIR SOAL UJIAN SEKOLAH MATA PELAJARAN KIMIA SMA N 1 KUTOWINANGUN TAHUN PELAJARAN 2019/2020 MENGGUNAKAN MODEL ITEMAN DAN RASCH. Jurnal Pendidikan Kimia, 10(2).

Rahayuni, G., Pd, M., Dwiyanti, A. N., Pd, M., Khotimah, K., & Ibtizam, R. N. (2020). Analisis Butir Soal Ulangan Harian siswa Kelas IV Sekolah Dasar.

Risdianto, E., Syarkowi, A., & Jumiarni, D. (2021). Analisis Data Respon Mahasiswa Terhadap Sistem Pembelajaran Berbasis MOOCs pada Matakuliah Ilmu Lingkungan Menggunakan Rasch Model. Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran, 8(1), 47–57. https://doi.org/10.17977/um031v8i12021p047

Rizki, M. (2022). Pengembangan Butir Soal Literasi Kimia Pada Materi Ikatan Kimia Menggunakan Model Rasch (Skripsi, Universitas Negeri Padang). Universitas Negeri Padang. Diambil dari http://repository.unp.ac.id/43175/

Rusiyah, R., Eraku, S. S., & Supadmi, S. (2020). ANALISIS SOAL UJIAN AKHIR SEMESTER MATA PELAJARAN GEOGRAFI DENGAN MENGGUNAKAN PEMODELAN RASCH. JURNAL SWARNABHUMI : Jurnal Geografi Dan Pembelajaran Geografi, 5(1), 11–19. https://doi.org/10.31851/swarnabhumi.v5i1.4136

Sakahuni, S., & Ramadhanti, A. (2021). Perbandingan Hasil Belajar Menggunakan Tes Pilihan Ganda ditinjau dari Kemampuan Berfikir Kritis Siswa. Integrated Science Education Journal, 2(3), 89–93. https://doi.org/10.37251/isej.v2i3.174

Sumintono, B., & Widhiarso, W. (2014). Aplikasi model Rasch untuk penelitian ilmu-ilmu sosial (edisi revisi). Cimahi, Indonesia: Trim Komunikata Publishing House. Diambil dari https://www.academia.edu/9478441/Aplikasi_Model_Rasch_untuk_Penelitian_Ilmu-Ilmu_Sosial_edisi_revisi_

Sumintono, B., & Widhiarso, W. (2015). Aplikasi pemodelan Rasch pada assessment pendidikan. Cimahi, Indonesia: Trim Komunikata. Diambil dari https://eprints.um.edu.my/14228/

Susdelina, S., Perdana, S. A., & Febrian, F. (2018). Analisis Perbandingan Teori Tes Klasik dan Rasch Model dalam Evaluasi Instrumen Pengukuran Pemahaman Konsep. Analisis Perbandingan Teori Tes Klasik dan Rasch Model dalam Evaluasi Instrumen Pengukuran Pemahaman Konsep.

Tyas, E. H., Hamdu, G., & Pranata, O. H. (2020). Analisis Soal Pilihan Ganda dengan Menggunakan Pemodelan RASCH untuk Mengukur Kemampuan Siswa dalam Mengurutkan Bilangan Pecahan di Sekolah Dasar. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(2), 1–12. https://doi.org/10.17509/pedadidaktika.v7i2.24773

Wahab, M., Isa, I., & Laliyo, L. A. R. (2022). ANALISIS MISKONSEPSI LARUTAN PENYANGGA DENGAN TES PILIHAN GANDA EMPAT TINGKAT PADA SISWA. Quantum: Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 13(1), 118. https://doi.org/10.20527/quantum.v13i1.12263

Wartoni, W., & Benyamin, P. I. (2020). STRATEGI PENGEMBANGAN TES OBJEKTIF (PILIHAN GANDA). Diegesis : Jurnal Teologi, 5(1). https://doi.org/10.46933/DGS.vol5i1%p

Published
2024-06-17
How to Cite
Anwar, Z., Masrifatin, Y., & Rahmania, N. (2024). Analisis Butir Soal Penilaian Akhir Semester MI Menggunakan Rasch Model. Mentari : Journal of Islamic Primary School, 2(2), 151-161. Retrieved from https://ejournal.staimnglawak.ac.id/index.php/ment/article/view/1457
Section
Articles