Pengaruh Penggunaan Media Buku Cerita Bergambar dalam Meningkatkan Minat Baca Anak Usia SD

  • Fika Nuralifah UIN Syarif Hidayatullah
  • Siti Masyithoh
Keywords: Buku Cerita Bergambar, Minat Baca, Motivasi Belajar

Abstract

Penggunaan buku cerita bergambar telah terbukti efektif dalam meningkatkan minat baca anak usia sekolah dasar. Buku ini tidak hanya membantu siswa menjadi lebih aktif dan percaya diri dalam belajar, tetapi juga meningkatkan kemampuan membaca dan minat terhadap bacaan secara keseluruhan. Dengan memadukan teks dan ilustrasi visual, buku cerita bergambar menciptakan pengalaman belajar yang bervariasi dan efektif bagi siswa kelas rendah. Sebagai alat pendidikan berharga, penggunaan media ini mendukung perkembangan literasi anak-anak usia sekolah dasar dengan memotivasi siswa untuk lebih aktif dalam proses belajar, khususnya dalam kegiatan membaca. Minat dan motivasi membaca siswa dapat ditingkatkan melalui penggunaan media buku cerita bergambar yang menarik dan menyenangkan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anwar, Zainul, Sabarudin Sabarudin, dan Nurani Rahmania. 2023. “Analysis of Challenges Faced by PGMI Students at STAI Miftahul Ula Nganjuk in the Development of Digital Learning Media.” EDUTEC : Journal of Education And Technology 7(2): 496–505. doi:10.29062/edu.v7i2.767.

Arief S. Sadiman, dkk. 2014. Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Cetakan ke. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.

Emosda, E. 2017. “Pengaruh Penggunaan Buku Cerita Bergambar Terhadap Motivasi Belajar Pada Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Gentala Pendidikan Dasar 2(2): 256–74. doi:10.22437/gentala.v2i2.6810.

Fahrozi, Wulandari &. 2021. “Pembentukan Karakter Gemar Membaca Pada Anak Usia Melalui Media Buku Cerita Bergambar.” Manfaat buku cerita 02(06): 580.

Imanugroho, Satrio, dan Roro Isyawati Permata Ganggi. 2018. “program gerakan literasi sekolah dalam menumbuhkan minat baca Peserta didik sdn Kuripan lor 01 kota pekalongan.” Jurnal Ilmu Perpustakaan 7(2): 71–80.

Kasanah, Silfiana Putri Uswatun, Karina Radan Mukhlis, and Aima Zahro Fidha. 2024. “STUDI LITERATUR : MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA.” (1): 1027–33.

Manjakani, Anggun, Ferah Khoirunnisa, dan Maulita Rahma. 2021. “Penggunaan Media Buku Cerita Bergambar Untuk Meningkatkan Motivasi Minat Baca Di Kelas Rendah.” Seminar Nasional Ilmu: 474–77.

Mantei, Jessica, dan Lisa Kervin. 2014. “Interpreting the images in a picture book: Students make connections to themselves, their lives and experiences.” English Teaching 13(2): 76–92.

Mirnawati. 2020. “Penggunaan media gambar dalam pembelajaran untuk meningkatkan minat baca siswa.” Jurnal Didaktika 9(1): 98–112.

Nurjanah, Eka, dan Dhikrul Hakim. 2018. “Pengembangan Bahan Ajar Materi Mencerna (Menyimak Cerita Anak) Berbasis Cerita Anak Majalah Bobo Pada Siswa Kelas VI MI Darun Najah 1 Jatirejo Mojokerto.” Jurnal Bidang Pendidikan Dasar 2(1): 69. doi:10.21067/jbpd.v2i1.2201.

Paramita, Gusti Ayu Putu Pradnya, Anak Agung Gede Agung, dan Ida Bagus Gede Surya Abadi. 2022. “Buku Cerita Bergambar Guna Meningkatkan Keterampilan Membaca Muatan Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas III SD.” Mimbar Ilmu 27(1): 11–19. doi:10.23887/mi.v27i1.45499.

Published
2024-06-17
How to Cite
Nuralifah, F., & Masyithoh, S. (2024). Pengaruh Penggunaan Media Buku Cerita Bergambar dalam Meningkatkan Minat Baca Anak Usia SD. Mentari : Journal of Islamic Primary School, 2(2), 162-168. Retrieved from https://ejournal.staimnglawak.ac.id/index.php/ment/article/view/1456
Section
Articles