Pengembangan Media Pembelajaran Multimedia Interaktif Mata Pelajaran Seni Budaya dan Prakarya Materi Seni Tari Tema 1 Kelas IV di SD Negeri 4 Tirtobinangun Tahun Ajaran 2022/2023

  • Devvy Chyntia Priyono STAI Miftahul Ula Nganjuk
  • Luluk Indarinul Mufidah STAI Miftahul Ula Nganjuk
Keywords: Media Pembelajaran, Multimedia Interaktif, Seni Tari, SBdP

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pemanfaatan media pembelajaran yang masih belum optimal menjadi salah satu permasalahan mendasar dalam pelaksanaan pembelajaran. Media pembelajaran yang hanya menggunakan buku paket dan papan tulis memiliki keterbatasan dalam menguraikan materi serta menimbulkan kesulitan pemahaman bagi siswa dalam mempelajari materi, sedangkan fasilitas sekolah sudah memadai dengan adanya LCD Proyektor.Tujuan Penelitian ini adalah : (1) Mendeskripsikan proses pengembangan media pembelajaran multimedia interaktif mata pelajaran seni budaya dan prakarya materi seni tari tema 1 kelas IV di SD Negeri 4 Tirtobinangun Tahun Ajaran 2022/2023. (2) Mendeskripsikan validitas pengembangan media pembelajaran multimedia interaktif mata pelajaran seni budaya dan prakarya materi seni tari tema 1 kelas IV SD Negeri 4 Tirtobinangun Tahun Ajaran 2022/23. (3) Mendeskripsikan hasil uji coba pengembangan media pembelajaran multimedia interaktif mata pelajaran seni budaya dan prakarya materi seni tari tema 1 kelas IV SD Negeri 4 Tirtobinangun Tahun Ajaran 2022/2023. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan research and development (R&D). Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini mengacu pada model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Teknik pengumpulan data dengan wawancaradan angket, jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Subjek penelitian inii adalah 18 peserta didik.Hasil penelitian secara umum menunjukkan bahwa hasil tahap validasi oleh ahli materi memperoleh persentase sebesar 90%, hasil validasi ahli media memperoleh persentase sebesar 96%. Sedangkan respon peserta didik terhadap media memeperoleh 91% pada uji coba tahap 1, dan 96% pada uji coba tahap 2 dan respon guru kelas terhadap media sebesar 98%. Berdasarkan data hasil validasi dan uji coba produk, media pembelajaran multimedia interakti didapatkan kesimpulan bahwa pengembangan produk media pembelajaran multimedia interaktif sesuai dengan analisis kebutuhan dan tingkat kelayakan produk masuk pada kategori sangat layak.

Downloads

Download data is not yet available.

References

W.J.S.. Poerwadarminta, Kamus Besar Bahasa Indonesia, (Jakarta: Balai Pustaka, 1985), hlm. 702.

Dick, W., Carey, L., & Carey, J. O. (2005). The systematic design of instruction

Atep Adya Barata,Dasar-dasar Pelayanan Prima,(Ele Media Komputindo,2003),117

Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, (Jakarta: Rineka Cipta 2010), hal 44

Septi Ria Kurnia S.Pd., Wawancara, Kecamatan Patianrowo, 29 Mei 2023

Ahmad Tirtas, Wawancara, Kecamatan Patianrowo, 29 Mei 2023

Anwar, Zainul, Sabarudin Sabarudin, dan Nurani Rahmania. 2023. “Analysis of Challenges Faced by PGMI Students at STAI Miftahul Ula Nganjuk in the Development of Digital Learning Media.” EDUTEC : Journal of Education And Technology 7(2): 496–505. doi:10.29062/edu.v7i2.767.

Published
2024-06-06
How to Cite
Priyono, D., & Mufidah, L. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Multimedia Interaktif Mata Pelajaran Seni Budaya dan Prakarya Materi Seni Tari Tema 1 Kelas IV di SD Negeri 4 Tirtobinangun Tahun Ajaran 2022/2023. Mentari : Journal of Islamic Primary School, 2(2), 114-138. Retrieved from https://ejournal.staimnglawak.ac.id/index.php/ment/article/view/1449
Section
Articles