Analisis Konsep Komunikasi Pendidikan Perspektif Al-Qur’an Kajian Tafsir Al-Misbah dan Hadis
Abstract
Komunikasi pendidikan adalah salah satu elemen kunci dalam proses pembelajaran yang efektif. Dalam Islam, komunikasi pendidikan memiliki landasan yang kuat dalam Al-Qur'an dan Hadis. Al-Qur'an sebagai kitab suci umat Islam, memberikan petunjuk tentang bagaimana proses komunikasi yang baik seharusnya dilakukan, terutama dalam konteks pendidikan. Hadis Nabi Muhammad SAW juga banyak mengandung pedoman tentang komunikasi yang efektif dan bermakna. Islam sangat menekankan pentingnya ilmu pengetahuan dan pendidikan, yang tercermin dalam banyak ayat Al-Qur'an dan Hadis Nabi Muhammad SAW. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif (library research). Kemudian proses pengumpulan data dilakukan dengan observasi pelacakan terhadap berbagai referensi terkait dengan fokus penelitian baik itu dari buku, artikel dan lain-lain, dan untuk melengkapi sumber penalaran menggunakan data primer dan skunder. Teknik analisis data dilakukan dengan metode analisis isi (content analysis). Hasil dari penelitian ini konsep komunikasi dalam dunia pendidikan, atau komunikasi yang terjadi pada bidang pendidikan. Sedangkan dalam Al-Qur’an pembahasan mengenai komunikasi terdapat dalam penafsiran dan pemaknaan Al-Qawl. Sedangkan bentuk komunikasi pendidikan dalam perpektif al-Qur’an dapat digolongkan dengan sudut pandang subjeknya dan konteks komunikasi yang dibahas, tentunya antara pandangan umum dan pandangan Al-Qur’an sama-sama menjelaskan mengenai konsep kebenaran dalam komunikasi pada aspek pendidikan. Kemudian berkaitan dengan Model komunikasi antara guru dan murid dalam perspektif umum dan Al- Qur’an menggunakan sudut pandang pada kisah-kisah terdahulu dan konteks bagaimana komunikasi yang baik antara seorang guru (subjek utama) dan murid (sebagai objek).
Downloads
References
Aqsar, M Aidil. (2018). Komunikasi dalam pendidikan. Jurnal Komunikasi Al Hadi. 2 (6), 699-706.
As’ad. (2020). Komunikasi dalam al-qur'an dan kaitannya dengan pendidikan, Jurnal Tazkiya Vol.IX, 1 (6),1-11
Departemen Agama RI. (1995). Hadits Shahih Bukhari dan Muslim. Jakarta: Departemen Agama RI.
Harahap, Ginda. (2018). Konsep Komunikasi Pendidikan dalam Perspektif Al- Qur'an, Jurnal Dakwah Risalah Vol.29. 2(1), 143-162
Hardjana, Agus M. (20017). Komunikasi Intrapersonal & Interpersonal. Yogyakarta : Kanisius.
Moh. Soehadha. 2012. Metode Penelitian Sosial Kualitati untuk Studi Agama. Yogyakarta: SUKA Press, 2012.
Moleong, J. Lexy. (2006). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Mulyana, Deddy. (2004). Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Quraish Shihab, M. Quraish, 2006. Tafsir Al-Mishbah: Pesan, Kesan dan Keserasian Al-Qur’an, Vol. 1, Cet. VI, Tangerang: Lentera Hati.
Qur'an dan Terjemahannya. (1984). Departemen Agama Republik Indonesia.
Shihab, M. Quraish. (2000). Tafsir Al-Misbah: Pesan, Kesan dan Keserasian Al-Qur’an. Jakarta: Lentera Hati.
Yusuf, Kadar M. (2015). Tafsir Tarbawi: Pesan Al-Qur’an tentang Pendidikan. Lampung : Amzah.
Zubair Charris Achmad dan Bakker Anton. 1990. Metodelogi Penelitian Filsafat. Yogyakarta: Kanisius, 1990.