Peran Orang Tua dalam Perkembangan Emosional Anak Sekolah Dasar
Abstract
Orang tua bertanggung jawab atas perkembangan emosional anak. Sebagaimana dinyatakan oleh American Acdemy of Pediatrics, perkembangan emosi mengacu pada kemampuan anak untuk mengendalikan dan mengungkapkan emosi positif dan negatif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menunjukkan bahwa cara orang tua berinteraksi dengan anak mereka memiliki dampak yang signifikan terhadap perkembangan emosional anak di sekolah dasar dan untuk memberi tahu orang tua betapa pentingnya komunikasi dengan anak mereka. Penelitian ini menggunakan metode studi literatur, di mana peneliti mempertimbangkan secara hati-hati masalah penelitian. Untuk memilih dan merangkum data dari berbagai sumber, seperti jurnal ilmiah, skripsi, dan buku, peneliti menggunakan teknik reduksi dan fokus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi keluarga adalah komponen penting dalam menentukan sikap seorang anak. Apabila orang tua menanamkan sikap-sikap baik kepada anaknya seperti kejujuran, rendah hati, berani dan hal-hal baik lainnya, maka akan terbentuk sikap emosional yang positif pada anak
Downloads
References
Baharuddin. (2019). PENGARUH KOMUNIKASI ORANG TUA TERHADAP PERILAKU ANAK PADA MIN I LAMNO DESA PANTE KEUTAPANG ACEH JAYA. In Jurnal Al-Ijtimaiyyah (Vol. 5, Issue 1).
Dewi, M. P., S, N., & Irdamurni, I. (2020). Perkembangan Bahasa, Emosi, Dan Sosial Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(1), 1. https://doi.org/10.30659/pendas.7.1.1-11
Firdausi, R., & Ulfa, N. (2022). Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perkembangan Emosional Anak Di Madrasah Ibtidaiyah Nahdlatul Ulama Bululawang. MUBTADI: Jurnal Pendidikan Ibtidaiyah, 3(2), 133–145. https://doi.org/10.19105/mubtadi.v3i2.5155
Islam, P., Usia, A., Tarbiyah, F. I., Raden, U. I. N., & Palembang, F. (2023). Peran Orang Tua Dalam Meningkatkan Perkembangan Sosial dan Emosional Anak Usia Dini. 3(1), 236–242.
Khoiruddin, M. A. (2018). Perkembangan Anak Ditinjau dari Kemampuan Sosial Emosional. Jurnal Pemikiran Keislaman, 29(2), 425–438. https://doi.org/10.33367/tribakti.v29i2.624
Muali, C., & Fatmawati, S. (2022). Peran Orang Tua Meningkatkan Kecerdasan Emosional Anak; Analisis Faktor dan Strategi dalam Perspektif Islam. Fitrah: Journal of Islamic Education, 3(2), 85–100. https://doi.org/10.53802/fitrah.v3i2.135
Muckromin, A., & Dewi Wulandari, M. (2022). Perkembangan Emosi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(13), 39–47. https://doi.org/10.5281/zenodo.6961142.
Ramadhani, R. (2013). Komunikasi Interpersonal Orang Tua dan Anak dalam Membentuk Perilaku Positif Anak pada Murid SDIT Cordova Samarinda. E-Journal Ilmu Komunikasi, 1(3), 112–121. https://ejournal.ilkom.fisip-unmul.ac.id/site/?p=865
Ratnasari, A. (2007). Komunikasi Harmonis Orang Tua dengan Anak. Mediator: Jurnal Komunikasi, 8(2), 345–352. https://doi.org/10.29313/mediator.v8i2.1247
Susanti, M., Rahmah, H., & Hikmaturuwaida, H. (2023). Peran Orang Tua dan Guru terhadap Perkembangan Emosional Anak di Madrasah Ibtidaiyyah. Jurnal Basicedu, 7(1), 562–571. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.4602
Anwar, Zainul, dan Khamim Zarkasi Putro. 2023. “Integrasi Pendidikan dan Psikologi dalam Mengatasi Tantangan Pendidikan di Madrasah Ibtidaiyah.” IBTIDAI’Y DATOKARAMA: JURNAL PENDIDIKAN DASAR 4(1): 15–25.