Manajemen Kurikulum Madrasah Berbasis Pesantren dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan

  • Mukhamat Saini STAI Miftahul Ula Nganjuk
Keywords: Managemen Kurikulum, Berbasis Pesantren, Kualitas Pendidikan

Abstract

Penelitian ini membahas tentang manajemen kurikulum pada Madrasah Berbasis Pesantren Sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Pendidikan (Studi Kasus di salah satu Madrasah Aliyah di kabupaten Nganjuk). Pembahasan kurikulum pendidikan di suatu madrasah sangatlah luas dan terperinci, mengingat bahwa kurikulum merupakan semua pengalaman yang diberikan madrasah kepada peserta didik dibawah pengawasan dan pengaturan madrasah, dengan kapasitas waktu berlaku dari peserta didik tersebut masuk hingga lulus. Cakupan kurikulum meliputi tenaga pendidik, peserta didik, materi, bahan ajar, uang, dan lingkungan dengan aktifitas perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan atau evaluasi. Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui bagaimana perencanaan kurikulum pada madrasah berbasis pesantren dalam upaya peningkatkan kualitas pendidikan. (2) Untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan kurikulum pada madrasah berbasis pesantren dalam upaya peningkatkan kualitas pendidikan. (3) Untuk mengetahui bagaimana evaluasi kurikulum pada madrasah berbasis pesantren dalam upaya peningkatkan kualitas pendidikan.Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar peran manajemen kurikulum pada madrasah berbasis pesantren sebagai upaya peningkatan kualitas. Sumber data yang diambil melalui obseravsi, dokumentasi dan wawancara, dengan wawancara kepada kepala madrasah, wakil kepala madrasah bidang kurikulum, asisten wakil kepala madrasah bidang kurikulum, kepala bidang keterampilan, guru mata pelajaran mulok dan kitab kuning, serta peserta didik. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabasahan data meliputi Perpanjangan pengamatan, Meningkatkan ketekunan, Trianggulasi, Diskusi dengan teman sejawat, Analisis kasus negatif, dan Membercheck. Hasil analisis data ditemukan bahwa dalam manajemen kurikulum mencakup kegiatan berdasarkan teori George. R. Terry meliputi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan evaluasi. (1) Perencanaan kurikulum didasarkan pada visi, misi, tujuan dan konsep pendidikan yang telah ada sebelumnya. (2) pengorganisasian dibasarkan pada pengelompokan berdasarkan kebutuhan sesuai visi, misi, tujuan dan konsep pendidikan. (3) Pelaksanaan kurikulum sesuai dengan penerapan konsep pendidikan dan penerapan semua mata pelajaran berdasarkan trilogi kurikulum. (4) evaluasi dilaksanakan ujian harian,pre test, post test, PR, PTS, PAS, dan remidi semua evaluasi dilaksanakan sesuai dengan mata pelajaran, jika mata pelajaran kitab kuning maka dengan takhasus, jika mata pelajaran keterampilan maka dengan praktik dan ujian teori.

References

Ahmadi, Ruslam. 2005. Memahami Metode Penelitian Kualitatif. Malang: Universitas Negeri Malang.

Alhaddad, Muhammad Roihan. 2018. Hakikat Kurikulum Pendidikan Islam, dalam Jurnal Raudhah, Vol. 3, No. 1.

Amin, Haedar. 2004. Panorama Pesantren dalam Cakrawala Modern. Jakarta: Diva Pustaka

Amrullah, Syaikh Abdulmalik Bin Abdulkarim (Hamka). Tafsir Al-Azhar Jilid 7. Surabaya: Yayasan Latimojong.

Arif, Moh. 2013. Manajemen Madrasah dalam Upaya Peningkatan Mutu Pendidikan Islam. dalam Jurnal Episteme, Vol. 8, No. 2.

Arifin, Zainal. 2012. Perkembangan Pesantren di Indonesia, dalam Jurnal Pendidikan Agama Islam, Vol. Ix, No. 1.

Arikunto, Suharsimi dan Lia Yuliana. 2009. Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: Aditya Media.

Arikunto, Suharsini. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek: Edisi Revisi V. Jakarta: Rineka Cipta.

Asmami, Jamal Ma’mur. 2013. Kiat Melahirkan Madrasah Unggulan. Jogjakarta: Diva Press.

Baharun, Hasan dan Mahmudah.2018. Konstruksi Pendidikan Karakter di Madrasah Berbasis Pesantren, dalam Jurnal Mudarrisuna, Vol. 8, No. 1.

Bukhori, Muhammad Dkk. 2005. Azas-Azas Manajemen. Yogyakarta: Aditya Media.

Bungin, M. Burhan. 2011. Penelitian Kualitatif. Jakarta: Prenada Media Grup.

Dakir. 2010. Perencanaan dan Pengembangan Kurikulum. Jakarta: Bumi Aksara.

Dhofier, Zamakhsyari. 1986. Tradisi Pesantren, Cet. V. Jakarta: LP3S.

Dinn Wahyuddin. 2014. Manajemen Kurikulum. Bandung: Remaja Rosdakarya.

D.M, Herman. 2013. Sejarah Pesantren di Indonesia, dalam Jurnal Al-Ta’dib Vol. 6 No. 2.

Drajat, Manpan. 2018. Sejarah Madrasah di Indonesia, dalam Jurnal Al-Afkar Journal For Islamic Studies. Vol. 01, No. 01.

Fathurrohman, M. 2016. Pengembangan Budaya Religius dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan, dalam Jurnal Ta’allum, Vol. 04, No. 01.

Fitri, Agus Zaenul. 2013. Manajemen Kurikulum Pendidikan Islam: dari Normatif Filosofis ke Praktis. Bandung :Alfabeta.

Guruddin, Fatmawati. 2018. Manajemen Kurikulum dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Islam (Studi Kasus di Sma Al-Izaah IIBS Batu Malang. (Program Megister Manajemen Pendidikan Islam Pascasarjana Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Tesis, dalam Https://Etheses.Uin-Malang.Ac.Id.

Hamalik, Oemar. 2010. Manajemen Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Hidayat, Rahmat dan Candra Wijaya. 2017. Ayat-Ayat Alquran Tentang Manajemen Pendidikan Islam. Medan: LPPPI.

Kosim, Mohammad. 2007. Madrasah di Indonesia, dalam Jurnal Tadris Vol. 2, No. 1.

Lazwardi, Dedi. 2017. Manajemen Kurikulum Sebagai Pengembangan Tujuan Pendidikan, dalam Jurnal Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam, Vol. 7, No. 1.

Ma’shum, Ali dan Zainal Abidin Manawwir. 1997. Kamus Al-Munawwir. Surabaya: Pustaka Progresif.

Madarik, Muhammad. 2016. Manajemen Madrasah dalam Perspektif Islam. dalam Jurnal Program Studi PGMI, Vol. 3, No. 2.

Makmur, Mohammad Alfan. 2010. Madrasah Vokasi Bidang IT Menyongsong Revolusi Industri 4.0 Menuju Madrasah Hebat dan Bermartabat di Man 2 Kota Probolinggo, dalm Jurnal Pedagogy, Vol. 07, No. 01.

Mardalis. 2003. Metode Penelitian Suatu Pendekatan Proposal. Jakarta: Bumi Aksara.

Minarti, Sri. 2011. Manajemen Sekolah. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Melayu, Hasibuan. 2014. Manajemenn Dasar, Pengertian, dan Masalah. Jakarta:Bumi Aksara.

Muttaqien, Imam. 2019. Pengembangan Entrepreneurship pada Program MA Keterampilan Melalui Inovasi Model Pembelajaran Teaching Factory di Man 2 Kulon Progo, dalam Jurnal Pendidikan Madrasah, Vol. 4, No. 2.

Moleong, Lexy J. 2005. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nasution,S. 1995. Kurikulum dan Pengajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Nurokhman, Agus. 2017. Alternatif Pengembangan Madrasah Erbasis Pesantren, dalam Jurnal Kependidikan IAIN Purwokerto, Vol. 5, No. 2.

Pandiangan, Anjani Putri Belawati. 2019. Penelitian Tindakan Kelas: Sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Pembelajaran, Profesionalisme Guru dan Kompetensi Belajar Siswa. Yogyakarta: Deepublish.

Romlah. 2016. Manajemen Pendidikan Islam. Bandarlampung: Buku Badas.

Rusman. 2009. Manajemen Kurikulum. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Saifuddin, Ahmad. 2015. Eksisitensi Kurikulum Pesantren dan Kebijakan Pendidikan, dalam Jurnal Pendidikan Agama Islam, Vol. 03, No. 01.

Salim, Agus. 2019. Kurikulum dalam Perspektif Filsafat Pendidikan Islam. dalam Jurnal Edutech, Vol. 5, No. 2.

Satori, Djam’an dan Aan Komariah. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Sidiq, Umar. 2018. Manajemen Madrasah. Ponorogo: CV. Nata Karya.

Sudjana, Nana dan Ibrahim, 1984. Penelitian dan Pendekatan Pendidikan. Bandung: Sinar Baru.

Sugiyono. 2005. Memahami Penelitian. Bandung: Cv.Alfabeta.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata, Nana Syaodih. 1997. Pengembangan Kurikulum, Teori, dan Praktek. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Supardi, Dedi. 2004. Mambangun Bangsa Melalui Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Syafaruddin dan Amiruddin. 2017. Manajemen Kurikulum. Medan: Perdana Publishing

Tim Pengembangan MKDP. 2011. Kurikulum dan Pembelajaran, Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Triwiyanto, Teguh. 2015. Manajemen Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Usman, Husaini. 2011. Manajemen; Teori, Praktik, dan Riset Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Wahyuddin, Wawan. 2016. Kontribusi Pondok Pesantren Terhadap NKRI, dalam Saintifika Islamica: Jurnal Kajian Keislaman V. 3 No. 1.

Widdah, Minnah El dan Syamsul Huda. 2018. Manajemen Strategi Peningkatan Mutu Madrasah. Jambi: Salim Media Indonesia.

Published
2024-03-20
How to Cite
Saini, M. (2024). Manajemen Kurikulum Madrasah Berbasis Pesantren dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan. Mentari : Journal of Islamic Primary School, 2(1), 52-74. Retrieved from https://ejournal.staimnglawak.ac.id/index.php/ment/article/view/1423
Section
Articles