Teori Belajar Dan Pembelajaran Anak Usia Dasar
Abstract
Teori belajar menjadi elemen kunci bagi seorang guru dalam melaksanakan proses pembelajaran kepada siswa, terutama dalam konteks kemampuan profesional guru dalam menjalankan tugas pokoknya dalam mengajar. Keterkaitan ini sangat relevan dengan persyaratan program pendidikan nasional, di mana seorang guru diharapkan memiliki pemahaman yang memadai dalam ilmu pedagogi, menjadikan teori belajar sebagai landasan yang esensial. Oleh karena itu, tulisan ini akan mengulas beberapa teori terkenal tentang pengajaran dan pembelajaran yang diakui secara internasional oleh para ahli pendidikan. Pendekatan metodologi yang digunakan dalam penulisan ini adalah model analisis deskriptif kualitatif yang secara rinci menjelaskan suatu teori, memberikan pemahaman yang mendalam kepada pembaca. Meskipun isi teori mungkin terasa sederhana, penjelasannya memiliki relevansi yang signifikan.
Downloads
References
Adam, A. (2022, October 15). Makalah Konsep Belajar Dan Pembelajaran.
Anshori, M. (2019). Konsep Dasar Belajar Dan Pembelajaran Dalam Perspektif Al-qur’an. Dirasah : Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Dasar Islam, 1(1), Article 1. https://doi.org/10.51476/dirasah.v1i1.56
Baharuddin. (2015). Pendidikan dan Psikologi Perkembangan. Yogyakarta: Ar Ruzz Media.
Baharuddin & Esa Nur Wahyuni. (2015). Teori Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Cahyo, A. N. (2013). Panduan Aplikasi Teori-Teori Belajar Mengajar Teraktual dan Terpopuler. Yogyakarta: Diva Pers.
Forisma, A., & Hidayat, T. (2023). Pembentukan Karakter Peserta Didik Melalui Pendidikan Humanistik Di Era 4.0 Paradigma Abraham Maslow Dan Ki Hajar Dewantara. Raudhah Proud To Be Professionals Jurnal Tarbiyah Islamiyah, 8.
Herliani, Didimus Tanah Boleng, & Elsye T. M. (2021). Teori Belajar dan Pembelajaran. Jawa Tengah: Lakeisha.
Jelita, M., Ramadhan, L., Pratama, A. R., Yusri, F., & Yarni, L. (2023). Teori Belajar Behaviorisme. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(3), Article 3. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i3.16174
Joshi, G., & Patankar, Dr. P. (2016, March 12). Use Of Constructivist Pedagogy In Science Education.
Maryani, D., Cholidah, N., & Fauziati, E. (2023). Pembelajaran Komputasi dalam Perspektif Teori Behaviorisme (Teori Edward Lee Thorndike). Attractive : Innovative Education Journal, 5. attractivejournal.com/index.php/aj/article/view/862/716
Masgumelar, N. K., & Mustafa, P. S. (2021). Teori Belajar Konstruktivisme dan Implikasinya dalam Pendidikan dan Pembelajaran. GHAITSA: Islamic Education Journal, 2(1), Article 1.
Muhammad Hasan, dkk. (2021). Teori-Teori Belajar. Klaten: Tahta Media Group.
Muhibbin, S. (2010). Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nahar, N. I. (2016). Penerapan Teori Belajar Behaviorisme Dalam Proses Pembelajaran. Nusantara : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 1(1), Article 1. http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/nusantara/article/view/94
Nur‘Aini, K. N., Nurhuda, A., & Huda, A. A. S. (2023). Teori Behaviorisme Dalam Pendidikan Keluarga Menurut Hadits Nabi. JIS: Journal Islamic Studies, 1(3), Article 3.
Parjuangan, M. Q. (2022). Kreativitas Dalam Perspektif Teori Humanistik Rogers. Intiqad: Jurnal Agama Dan Pendidikan Islam, 14(1). https://doi.org/10.30596/intiqad.v14i1.10372
Peri, P. G., & Karimah, R. S. (2022). Memahami Teori Belajar Behaviorisme Dan Implementasi Dalam Pembelajaran. Asaatidzah, 2(1), Article 1.
Rahmah, S. (2022). Teori Kognitivisme Serta Aplikasinya Dalam Pembelajaran. SKULA: Jurnal Pendidikan Profesi Guru Madrasah, 2(3), Article 3.
Rangkuti, N. (2014). Konstruktivisme Dan Pembelajaran Matematika. Jurnal Darul Ilmi, 2(2).
Rohmah, Z. A. (2021). Teori-Teori Belajar. UIN Walisongo Semarang.
Sanyata, S. (2012). Teori dan Aplikasi Pendekatan Behaviorisme dalam Konseling. Paradigma, 14(7).
Saputra, M. N. A., & Mubin, M. N. (2021). Urgensi Kurikulum Pendidikan Agama Islam Dalam Fenomena Radikalisme Di Indonesia. Scaffolding: Jurnal Pendidikan Islam Dan Multikulturalisme, 3(1), 16–28. https://doi.org/10.37680/scaffolding.v3i1.693
Sari, M., & Asmendri, A. (2020). Penelitian Kepustakaan (Library Research) dalam Penelitian Pendidikan IPA. Natural Science, 6(1), 41–53. https://doi.org/10.15548/nsc.v6i1.1555
Sartika, S. B., Untari, R. S., Rezania, V., & Rochmah, L. I. (2022). Buku Ajar Belajar dan Pembelajaran. Sidoarjo: Umsida Press.
Simanjuntak, R. (2018). Mengenal Teori-Teori Belajar. Sanctum Domine: Jurnal Teologi, 7(1), 47–60. https://doi.org/10.46495/sdjt.v7i1.43
Sinambela, P. N. J. M., Husain, D. L., Meisarah, F., Wolo, H. B., Hikmah, N., Tirta, G. A. R., Muhammadiah, M., Hasan, M., Lailisna, N. N., Utami, G. A. O., & Sari, F. (2022). Teori Belajar dan Aliran-Aliran Pendidikan. Sada Kurnia Pustaka.
Sugandi, A. (2007). Teori Pembelajaran. UPT MKK UNNES.
Sugrah, N. (2019). Implementasi Teori Belajar Konstruktivisme Dalam Pembelajaran Sains. Humanika : Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 19(2).
Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana.
Su’udi. (2022). Pembelajaran Konstruktivistik PAI dan Budi Pekerti sebagai Implementasi Pendidikan Karakter. Penerbit NEM.
Uno, H. B. (2008). Perencanaan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Wahab, G., & Rosnawati. (2021). Teori-Teori Belajar dan Pembelajaran. Penerbit Adab.
Wahyuni, T., Uswatun, N., & Fauziati, E. (2023). Merdeka Belajar dalam Perspektif Teori Belajar Kognitivisme Jean Piaget. Tsaqofah, 3(1), 129–139. https://doi.org/10.58578/tsaqofah.v3i1.834