Analisis Program Anti Bullying sebagai Penunjang Karakter Profil Pelajar Pancasila di Madasah Ibtidaiyah

Keywords: Program Anti Bullying, Profil Pelajar Pancasila, Madrasah Ibtidaiyah

Abstract

Penelitian ini mengeksplorasi efektivitas program anti bullying sebagai pendukung dalam membentuk karakter profil pelajar Pancasila di Madrasah Ibtidaiyah (MI) disalah satu daerah di Nganjuk. Kebutuhan akan upaya pencegahan bullying di sekolah menjadi semakin penting dalam konteks pembentukan karakter siswa yang mengintegrasikan nilai-nilai Pancasila.Tujuan penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sejauh mana program anti bullying berkontribusi terhadap pembentukan karakter siswa berdasarkan nilai-nilai Pancasila di MI. Metode penelitian ini melibatkan pendekatan kualitatif dengan penggunaan wawancara, observasi dokumentasi. Data-data yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Hasil analisis menunjukkan bahwa program anti bullying memiliki pengaruh positif dalam membentuk karakter siswa berdasarkan nilai-nilai Pancasila di MI. Siswa yang terlibat dalam program tersebut menunjukkan peningkatan dalam pemahaman nilai-nilai Pancasila, sikap toleransi, dan kepedulian terhadap sesama. Penelitian ini mengindikasikan bahwa program anti bullying memiliki peran yang signifikan dalam membentuk karakter siswa yang menginternalisasi nilai-nilai Pancasila. Implementasi program semacam ini memainkan peran penting dalam menciptakan lingkungan sekolah yang aman, mengurangi insiden bullying, dan meningkatkan kesadaran akan pentingnya toleransi dan kepedulian di antara siswa.

References

Erwinsyah, A. (2017). Manajemen Kelas Dalam Meningkatkan Efektifitas Proses Belajar Mengajar. Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(2), Article 2.
FIFIN, V. (2023). UPAYA PENANAMAN KARAKTER ANTI BULLYING PADA SISWA KELAS X DI SMK NEGERI 1 BANDAR LAMPUNG [Diploma, UIN RADEN INTAN LAMPUNG]. http://repository.radenintan.ac.id/29383/
Handayani, Y., Maryanto, & Miyono, N. (2023). IMPLEMENTASI SEKOLAH RAMAH ANAK PROGRAM ANTI BULLYING DI SMA NEGERI 1 KENDAL. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2), Article 2. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i2.1087
Handika, D. F., & Darmiyati, A. (2022). REFLEKSI PENDIDIKAN KARAKTER ISLAM DALAM MEMBENTUK INSAN KAMIL DI MTsN 4 KARAWANG. JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, 10(1), 379–385.
Hubberman, M. &. (1992). Analisis data kualitatif: Buku sumber tentang metode-metode baru (T. Rohidi Rohendi, Ed.). UI Press.
Irawati, D., Iqbal, A. M., Hasanah, A., & Arifin, B. S. (2022). Profil Pelajar Pancasila Sebagai Upaya Mewujudkan Karakter Bangsa. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), Article 1. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3622
Istianah, A., Maftuh, B., & Malihah, E. (2023). KONSEP SEKOLAH DAMAI: HARMONISASI PROFIL PELAJAR PANCASILA DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR. JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, 11(3), 333–342. https://doi.org/10.37081/ed.v11i3.5048
Napitu, U., Corry, Haloho, B., Napitu, R., & Nasution, T. A. (2023). Sosialisasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Bagi Peserta Didik SMIP Yayasan Universitas Simalungun. Jurnal Pengabdian Masyarakat Sapangambei Manoktok Hitei, 3(2), Article 2. https://doi.org/10.36985/jpmsm.v3i2.844
Parni, P. (2017). Penerapan Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Ips SD/MI. Jurnal Alwatzikhoebillah: Kajian Islam, Pendidikan, Ekonomi, Humaniora, 3(6), 184–195.
Rachman, E. S., & Sinthiya, I. A. P. A. (2022). Implementasi Pendidikan Soft Skills Dalam Membentuk Moralias Generasi Muda Di Era Globalisasi. Edification Journal : Pendidikan Agama Islam, 5(1), Article 1. https://doi.org/10.37092/ej.v5i1.405
Santi, N. K. S. A., & Sueca, I. N. (2023). PERAN POJOK BACA SEBAGAI WADAH LITERASI DIGITAL DALAM PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DI SMK PRAJA PANDAWA BANGLI. Jurnal Pendidikan DEIKSIS, 5(1), Article 1. https://doi.org/10.59789/deiksis.v5i1.135
Saputra, M. (2022). Preventive Detection and Education to Realize Anti Bullying Friendly Schools. ABDIMAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), Article 1. https://doi.org/10.35568/abdimas.v5i1.1690
Savitri, M. D. (2023). Penerapan Pendidikan Karakter Berdasarkan Nilai-nilai Pancasila Di SMA Negeri 1 Palembang. Jurnal Pendidikan West Science, 1(02), Article 02. https://doi.org/10.58812/jpdws.v1i02.224
Sinyanyuri, S., Edwita, & Yarmi, G. (2023). PELUANG DAN TANTANGAN IMPLEMENTASI PROJECT PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (P5) DI TINGKAT SEKOLAH DASAR: BEST PRACTICE. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(3), Article 3. https://doi.org/10.23969/jp.v8i3.10776
Suciartini, N. N. A., & Sumartini, N. L. P. U. (2018). Verbal Bullying Dalam Media Sosial Ditinjau Dari Perspektif Penyimpangan Prinsip Kesantunan Berbahasa. Ganaya : Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 1(1), Article 1.
Suprapti, S. (2023, September 8). AKTUALISASI PROFIL PELAJAR PANCASILA MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK DI SEKOLAH PENGGERAK [Skripsi]. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN. https://digilib.unila.ac.id/75844/
Usman, U., Nuraulia, D., Nauroh, R., & ... (2023). Project to Strengthen Pancasila Student Profile as an Application of Differentiated Learning in the Independent Curriculum: A Case Study at a Senior High School in …. Jurnal Pendidikan …, Query date: 2023-06-04 11:27:27. https://journal.gmpionline.com/index.php/jpig/article/view/159
Published
2024-03-18
How to Cite
Anwar, Z., Karwadi, K., & Masrifatin, Y. (2024). Analisis Program Anti Bullying sebagai Penunjang Karakter Profil Pelajar Pancasila di Madasah Ibtidaiyah. Mentari : Journal of Islamic Primary School, 2(1), 14-25. Retrieved from https://ejournal.staimnglawak.ac.id/index.php/ment/article/view/1418
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)