Analisis Implementasi Model Konsep Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar: Studi Kepustakaan

  • Muhammad Hulkin Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta
Keywords: Implementasi, kurikulum merdeka, sekolah dasar

Abstract

Pada penerapan model konsep kurikulum merdeka di sekolah dasar masih sangat beragam. Hal ini dipengaruhi oleh berbagai faktor seperti faktor internal sekolah dan juga faktor eksternal sekolah, serta faktor karakteristik siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis implementasi model konsep kurikulum di sekolah dasar melalui studi kepustakaan. Metode penelitian ini menggunakan studi kepustakaan dengan menganalisis artikel, jurnal, buku dan juga dokumen-dokumen yang berkaitan dengan penelitian ini. Hasil penelitian ini menunjukkan implementasi model konsep kurikulum merdeka dapat menumbuhkan potensi dan kualitas pembelajarannya. Dalam implementasinya memiliki pemahaman terhadap model konsep kurikulum merdeka, tantangan dan peluang implementasi kurikulum merdeka, serta evaluasi efetivitas implementasi kurikulum merdeka. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu hal yang penting untuk dilakukan. Namun, implementasi tersebut perlu memperhatikan berbagai hal agar dapat berjalan dengan dan mencapai tujuannya. Penelitian ini memiliki implikasi yang penting yaitu memberikan pandauan bagi guru dan pengambil kebijakan dalam menerapkan model konsep tersebut. Selain itu, penelitian juga memberikan rekomendasi terkait kebijakan pendidikan, seperti penyediaan sumber daya yang memadai dan pelatihan guru.

References

Achruh, A. (2019). KOMPONEN DAN MODEL PENGEMBANGAN KURIKULUM. Inspiratif Pendidikan, 8(1), Article 1. https://doi.org/10.24252/ip.v8i1.9933

Ahmad, A., Madani, F., Ishaq, M., Purwito, L., & Sari, R. P. (2022). Evaluasi Kebijakan Merdeka Belajar Pada Satuan Pendidikan Nonformal. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(2), Article 2. https://doi.org/10.37905/aksara.8.2.1143-1154.2022

Alamya, N., Bahri, A., & Kaharuddin. (2023). Rekontruksi Hubungan Sosial Guru Dan Murid Dalam Mendorong Motivasi Belajar Sekolah Dasar Inpres Sengka Kecamatan Bontonompo Selatan Kabupaten Gowa. JKP: Jurnal Khasanah Pendidikan, 1(3), Article 3.

Alimuddin, J. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah KONTEKSTUAL, 4(02), Article 02. https://doi.org/10.46772/kontekstual.v4i02.995

Almarisi, A. (2023). Kelebihan dan Kekurangan Kurikulum Merdeka pada Pembelajaran Sejarah dalam Perspektif Historis. MUKADIMAH: Jurnal Pendidikan, Sejarah, Dan Ilmu-Ilmu Sosial, 7(1), Article 1. https://doi.org/10.30743/mkd.v7i1.6291

Angga, A., Suryana, C., Nurwahidah, I., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Komparasi Implementasi Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar Kabupaten Garut. Jurnal Basicedu, 6(4), Article 4. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3149

Anwar, Z., & Jannah, R. (2023). Telaah Kurikulum 13 dan Kurikulum Merdeka di SD/MI. Mentari : Journal of Islamic Primary School, 1(3), Article 3.

Anwar, Z., Masrifatin, Y., & Prastowo, A. (2023). Merdeka Belajar: Kesiapan Guru dalam Pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah. Mentari : Journal of Islamic Primary School, 1(2), Article 2.

Ardianti, Y., & Amalia, N. (2022). Kurikulum Merdeka: Pemaknaan Merdeka dalam Perencanaan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 6(3), Article 3. https://doi.org/10.23887/jppp.v6i3.55749

Bangun, K., & Hamami, T. (2022). PENDEKATAN REKONSTRUKSI SOSIAL DALAM PENGEMBANAGAN KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. Raudhah Proud To Be Professionals : Jurnal Tarbiyah Islamiyah, 7(2), Article 2. https://doi.org/10.48094/raudhah.v7i2.206

Betu, F. S. (2021). KURIKULUM REKONSTRUKSI SOSIAL: PANDUAN BAGI KEGIATAN KEAGAMAAN DAN SOLIDARITAS NASIONAL. Atma Reksa Jurnal Pastoral dan Kateketik, 6(1), Article 1. https://doi.org/10.53949/ar.v6i1.122

Bisri, M. (2020). Komponen-Komponen dan Model Pengembangan Kurikulum. Prosiding Nasional, 3, 99–110.

Daga, A. T. (2021). Makna Merdeka Belajar dan Penguatan Peran Guru di Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(3), Article 3. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1279

Dhani, R. R. (2020). PERAN GURU DALAM PENGEMBANGAN KURIKULUM. Jurnal Serunai Administrasi Pendidikan, 9(1), Article 1. https://doi.org/10.37755/jsap.v9i1.251

Fajra, M., Jalinus, N., Jama, J., & Dakhi, O. (2020). PENGEMBANGAN MODEL KURIKULUM SEKOLAH INKLUSI BERDASARKAN KEBUTUHAN PERSEORANGAN ANAK DIDIK. Jurnal Pendidikan, 21(1), Article 1. https://doi.org/10.33830/jp.v21i1.746.2020

Ghani, A. (2021). REKONSTRUKSI PENDIDIKAN LIFE SKILL MELALUI PENGEMBANGAN PENDIDIKAN KETERAMPILAN DALAM KURIKULUM MADRASAH. Halimi: Journal of Education, 2(1), Article 1.

Hamdi, M. M. (2020). EVALUSI KURIKULUM PENDIDIKAN. INTIZAM: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(1), Article 1.

Hr, S. H., & Wakia, N. (2021). Problematika Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Perguruan Tinggi. Adaara: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 11(2), Article 2. https://doi.org/10.35673/ajmpi.v11i2.2149

Hulkin, M., & Prastowo, A. (2023). Media Pembelajaran Audio Visual untuk Meningkatkan Akhlak Sopan Santun Siswa Sekolah Dasar. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 5(3), Article 3. https://doi.org/10.31004/edukatif.v5i3.5027

Hulkin, M., & Santosa, S. (2023). Integration of Information Technology in the Transformation of Religious Education: Fostering Learning Quality in Elementary Islamic Schools. Sunan Kalijaga International Journal on Islamic Educational Research, 7(1), Article 1. https://doi.org/10.14421/skijier.2023.71.02

Indriani, N., Suryani, I., & Mukaromah, L. (2023). IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER DISIPLIN PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR. Khazanah Pendidikan, 17(1), Article 1. https://doi.org/10.30595/jkp.v17i1.16228

Istialfiyah, I., Khojir, K., & Rukiyah, I. (2023). KESIAPAN PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA TINGKAT SEKOLAH DASAR ISLAM DI SAMARINDA. TARBAWI:Journal on Islamic Education, 1(2), Article 2. https://doi.org/10.24269/tarbawi.v1i2.2372

Julaeha, S. (2019). Problematika Kurikulum dan Pembelajaran Pendidikan Karakter. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 7(2), 157. https://doi.org/10.36667/jppi.v7i2.367

M, S. R. A., & Savitri, S. D. (2020). PENGEMBANGAN MODEL KURIKULUM REKONTRUKSI SOSIAL DAN IMPLEMENTASINYA PADA JENJANG PENDIDIKAN MENENGAH. Seminar Nasional Arah Manajemen Sekolah Pada Masa Dan Pasca Pandemi Covid-19, 0, Article 0. http://conference.um.ac.id/index.php/apfip/article/view/427

Mahrudin, A., Ilyas, A., & Humaira, M. A. (2021). Efektifitas Model Kurikulum Rekonstruksi Sosial Berkarakter Agama Dalam Mencegah Penyimpangan Perilaku Seksual Remaja. TADBIR MUWAHHID, 5(1), Article 1. https://doi.org/10.30997/jtm.v5i1.2552

Marzoan, M. (2023). PENERAPAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DI SEKOLAH DASAR (Tinjauan Literature dalam Implementasi Kurikulum Merdeka). Renjana Pendidikan Dasar, 3(2), Article 2.

Mawati, A. T., Hanafiah, H., & Arifudin, O. (2023). DAMPAK PERGANTIAN KURIKULUM PENDIDIKAN TERHADAP PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR. Jurnal Primary Edu, 1(1), 69–82.

Mubaroq, S. (2018). KONSEP KURIKULUM REKONSTRUKSI SOSIAL DALAM MENGHADAPI PEMBELAJARAN DI ERA MODERN. BELAJAR BAHASA: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 3(1), Article 1. https://doi.org/10.32528/bb.v3i1.1112

Nasution, A. F., Ningsih, S., Silva, M. F., Suharti, L., & Harahap, J. P. (2023). Konsep Dan Implementasi Kurikulum Merdeka. COMPETITIVE: Journal of Education, 2(3), Article 3. https://doi.org/10.58355/competitive.v2i3.37

Nofia, N. N. (2020). ANALISIS TANTANGAN IMPLEMENTASI KEBIJAKAN “MERDEKA BELAJAR KAMPUS MERDEKA” PADA PERGURUAN TINGGI ISLAM NEGERI DI INDONESIA. PRODU: Prokurasi Edukasi Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(2), Article 2. https://doi.org/10.15548/p-prokurasi.v1i2.3328

Pohan, S. A., & Dafit, F. (2021). Pelaksanaan Pembelajaran Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1191–1197. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.898

Rahayu, R., Rosita, R., Rahayuningsih, Y. S., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak. Jurnal Basicedu, 6(4), 6313–6319. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3237

Rahmadayanti, D., & Hartoyo, A. (2022). Potret Kurikulum Merdeka, Wujud Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 7174–7187. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3431

Rambung, O. S., Sion, S., Bungamawelona, B., Puang, Y. B., & Salenda, S. (2023). TRANSFORMASI KEBIJAKAN PENDIDIKAN MELALUI IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR. JIP: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(3), Article 3.

Rodiyana, R., & Puspitasari, W. D. (2020). PERSPEKTIF KURIKULUM IPS SEKOLAH DASAR ERA DIGITAL. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 2, 817–833.

Sari, N. J. P. N., Sari, D. W., & Hermawati, K. A. (2023). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Melalui Pendekatan Rekontruksi Sosial. Raudhah Proud To Be Professionals : Jurnal Tarbiyah Islamiyah, 8(2), Article 2. https://doi.org/10.48094/raudhah.v8i2.313

Sopiansyah, D., Masruroh, S., Zaqiah, Q. Y., & Erihadiana, M. (2022). Konsep dan Implementasi Kurikulum MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka). Reslaj : Religion Education Social Laa Roiba Journal, 4(1), Article 1. https://doi.org/10.47467/reslaj.v4i1.458

Sumarsih, I., Marliyani, T., Hadiyansah, Y., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Penggerak Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 8248–8258. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3216

Sundari, S., & Fauziati, E. (2021). Implikasi Teori Belajar Bruner dalam Model Pembelajaran Kurikulum 2013. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 3(2), Article 2. https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v3i2.1206

Tanggur, F. S. (2023). TANTANGAN IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BAGI GURU SEKOLAH DASAR DI WILAYAH PEDESAAN PULAU SUMBA. HINEF : Jurnal Rumpun Ilmu Pendidikan, 2(2), Article 2. https://doi.org/10.37792/hinef.v2i2.993

Thana, P. M., & Hanipah, S. (2023). Kurikulum Merdeka: Transformasi Pendidikan SD Untuk Menghadapi Tantangan Abad ke-21. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 4(0), Article 0.

Wahyuni, E. (2023). Evaluasi Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah. Jurnal Cendikia Pendidikan Dasar, 1(2), Article 2.

Yansah, O., Asbari, M., Jamaludin, G. M., Marini, A., & Ms, Z. (2023). Implementasi Kebijakan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar: Tantangan dan Peluang. Journal of Information Systems and Management (JISMA), 2(5), Article 5. https://doi.org/10.4444/jisma.v2i5.639

Yulianti, M., Anggraini, D. L., Nurfaizah, S., & Pandiangan, A. P. B. (2022). PERAN GURU DALAM MENGEMBANGAN KURIKULUM MERDEKA. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Sosial, 1(3), Article 3.

Zakariyah, Z., Arif, M., & Faidah, N. (2022). ANALISIS MODEL KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI ABAD 21. AT-TA’DIB: JURNAL ILMIAH PRODI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM, 1–13. https://doi.org/10.47498/tadib.v14i1.964

Published
2024-03-18
How to Cite
Hulkin, M. (2024). Analisis Implementasi Model Konsep Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar: Studi Kepustakaan. Mentari : Journal of Islamic Primary School, 2(1), 1-13. Retrieved from https://ejournal.staimnglawak.ac.id/index.php/ment/article/view/1402
Section
Articles