PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS APLIKASI ANDROID PADA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI BANGUN DATAR KELAS V DI MI AL-HILAL BUNGKAL - MAYANGKAWIS - BALEN - BOJONEGORO TAHUN AJARAN 2022/2023)

  • Najih Lahnan Al Hafta STAI Miftahul Ula Nganjuk
  • Luluk Indarinul Mufidah STAI Miftahul Ula Nganjuk
Keywords: Bahan Ajar, Android, Madrasah Ibtidaiyah

Abstract

Perkembangan teknologi menuntut dunia pendidikan untuk dapat menyesuaikan, termasuk dalam pengembangan bahan ajar. Smartphone android yang dimiliki peserta didik juga dapat dijadikan sebagai sarana pengembangan bahan ajar. Minimnya penggunaan android sebagai bahan ajar melatarbelakangi penelitian ini. Selain itu kurangnya jam pelajaran dan kurangnya minat siswa untuk membaca buku menjadikan pengembangan bahan ajar berbasis android akan sangat relevan. Maka, peneliti melakukan penelitian dan pengembangan bahan ajar berbasis apllikasi android pada pelajaran matematika materi bangun datar kelas V di MI Al-Hilal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengembangan bahan ajar berbasis aplikasi android pada pelajaran matematika materi bangun datar trapesium dan layang-layang kelas V di MI Al-Hilal Bungkal Mayangkawis Balen Bojonegoro tahun ajaran 2022/2023, bagaimana validasi bahan ajar berbasis aplikasi android pada pelajaran matematika materi bangun datar trapesium dan layang-layang kelas V, dan bagaimana keefektifan bahan ajar berbasis aplikasi android pada pelajaran matematika materi bangun datar trapesium dan layang-layang kelas V. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan /research and development (R&D). Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini mengacu pada model pengembangan 4-D dari thiagarajan yaitu: (1) Pendefinisian (define); (2) Perancangan (design); (3) Pengembangan (develop); (4) Penyebaran (disseminate). Instrumen pengumpulan data berupa angket validasi yang diberikan kepada ahli media dan ahli materi dan soal pretest dan posttest yang diberikan kepada peserta didik untuk mengetahui keefektifan produk yang dikembangkan. Analisis data yang diguunakan adalah analisis data kuantitatif untuk mengukur validitas dan keefektifan produk. Hasil penelitian dan pengembangan ini adalah aplikasi android bernama banjarmatik dengan ektensi “.apk” yang memuat menu profil, petunjuk, sk/kd, materi, video, dan kuis. Validasi produk dari ahli materi dan media  mendapat hasil presentase rata-rata keseluruhan 93,75% yang menunjukkan produk telah valid. hasil perhitungan skor dan rata-rata n-gain dari pretest dan posttest adalah 0,60 dan 60,48%. menunjukkan bahwa produk yang telah dikembangkan termasuk ke dalam kategori skor “sedang” dan tingkat efektivitas “cukup efektif”.

References

Achmad, Andi. Hubungan Pengembangan Bahan Ajar Dan Media Pembelajaran Dengan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pai Di Sekolah Dasar. Syamil 5, No. 1, 1 Juni 2017.
Daryanto dan Aris Dwicahyono, Pengembangan Perangkat Pembelajaran (Silabus, RPP, PHB, Bahan ajar). Yogyakarta: Gava Media, 2014.
Farida, Farida. Mengembangkan Kemampuan Pemahaman Konsep Peserta Didik Melalui Pembelajaran Berbasis Vcd. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika 6, No. 1, Juni 20, 2015.
Fazar, Ibnu., Zulkardi, dan Somakim. Pengembangan Bahan Ajar Program Linear Menggunakan Aplikasi Geogebra Berbantuan Android Di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika 9, No. 1, Februari 26, 2016.
Hamdani, Strategi Belajar Mengajar (Bandung: Cv Pustaka Setia, 2011).
Ichwan, M., Fifin Hakiky, Pengukuran Kinerja Goodreads Application Programming Interface (API) Pada Aplikasi Mobile Android. Jurnal Informatika, Vol. 2 No. 2, 2011.
Kurniasari, Intan. Rakhmawati, R. dan Fakhri, J. Pengembangan E-Module Bercirikan Etnomatematika Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Indonesia Jurnal Of Science And Mathematics Education 1.3, 2018.
Kurniawati, Fitri Erning. Pengembangan Bahan Ajar Aqidah Ahklak Di Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Penelitian 9, No. 2, Agustus 1, 2015.
Kusumam, Aliangga. Mukhidin Mukhidin, dan Bachtiar Hasan, Pengembangan Bahan Ajar Mata Pelajaran Dasar dan Pengukuran Listrik untuk Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan. 23, no. 1, Mei 17, 2016.
Lengkong, Hendra, N., Alicia A.E. Dan Arie S.M. Perancangan Penunjuk Rute Pada Kendaraan Pribadi Menggunakan Aplikasi Mobile Gis Berbasis Android Yang Terintegrasi Pada Google Maps. Jurnal Teknik Elektro Dan Komputer 4, No. 2, 10 Februari 2015.
Majid, Abdul. Perancangan Pembelajaran Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2012.
Manasikana, Arina. Pengembangan Bahan Ajar Interaktif Berbasis Android Pada Materi Jurnal Penyesuaian Dan Jurnal Koreksi Untuk Kelas Xii Akuntansi Di Smkn 1 Surabaya. Jurnal Pendidikan Akuntansi (Jpak) 5, No. 2, 3 Agustus 2017.
Matsun, Ramadhani, D., Dan Lestari, I. Pengembangan Bahan Ajar Listrik Magnet Berbasis Android Di Program Studi Pendidikan Fisika Ikip Pgri Pontianak. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ipa 9, No. 1, 18 Januari 2018.
Ning Bariroh, Survey Tentang Penggunaan Bahan Ajar Pada Mata Pelajaran Ekonomi Materi Akuntansi Kelas Xi Ips Di Sma Negeri 1 Cerme Gresik. Jurnal Pendidikan Akuntansi (Jpak) 1, No. 3, 13 Agustus 2013.
Nurdyansyah dan Mutala’liah nahdliyah, Pengembangan Bahan Ajar Modul Ilmu Pengetahuan Alambagi Peserta didik Kelas Iv Sekolah Dasar. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, 2018.
Prastowo, Andi. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Jogjakarta: Diva Press, 2015.
Romansyah, Khalimi, Pedoman Pemilihan Dan Penyajian Bahan Ajar Mata Pelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia. Logika Jurnal Ilmiah Lemlit Unswagati Cirebon 17, No. 2, 6 Agustus 2016.
Setyowati, Ratna, Parmin Parmin, And Arif Widiyatmoko, Pengembangan Modul Ipa Berkarakter Peduli Lingkungan Tema Polusi Sebagai Bahan Ajar Peserta didik Smk N 11 Semarang. Unnes Science Education Journal 2, No. 2, 1 November, 2013.
Shodiqin, Ali., dan Muhammad Saifuddin Zuhri. Pengembangan Bahan Ajar Matematika Sma Berbentuk Tabloid Berbantuan Software Wolfram Mathematica Dengan Pendekatan Kontekstual Pada Materi Integral, Jipmat 1, No. 2, Januari 3, 2017.
Sohibun, Sohibun dan Filza Yulina Ade. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Virtual Class Berbantuan Google Drive. Tadris: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Tarbiyah 2, no. 2, Desember 16, 2017.
Sugianto Efendhi, Elvas. Pengembangan Bahan Ajar Buku Berjendela Sebagai Pendukung Implementasi Pembelajaran Berbasis Scientific Approach Pada Materi Jurnal Khusus. Jurnal Pendidikan Akuntansi (Jpak) 2, No. 2, Agustus 25, 2014.
Sugiono. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D). Bandung, 2017.
Supriyono, Heru, Saputra, N.R., Sudarmilah, E. Dan Darsono, R. Rancang Bangun Aplikasi Pembelajaran Hadis Untuk Perangkat Mobile Berbasis Android. Jurnal Informatika 8, No. 2, 1 Juli 2014.
Trianto. Model Pembelajaran Terpadu Konsep, Strategi, Dan Implementasi Dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (Ktsp). Jakarta: Bumi Aksara, 2014.
Zaini, Muhammad dan Soenarto, Persepsi Orang Tua terhadap Hadirnya Era Teknologo Digital di Kalangan Anak Usia Dini. Jurnal obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini vol. 3 issue. 1.
Published
2023-12-17
How to Cite
Al Hafta, N., & Mufidah, L. (2023). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS APLIKASI ANDROID PADA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI BANGUN DATAR KELAS V DI MI AL-HILAL BUNGKAL - MAYANGKAWIS - BALEN - BOJONEGORO TAHUN AJARAN 2022/2023). Mentari : Journal of Islamic Primary School, 1(4), 221-239. Retrieved from https://ejournal.staimnglawak.ac.id/index.php/ment/article/view/1371
Section
Articles