PENGEMBANGAN MEDIA WEBTOON DALAM PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM SISWA KELAS V MI ISLAMIYAH LENGKONG NGANJUK

  • Almin Kurnia Annisa STAI Miftahul Ula Nganjuk
  • Denik Rohmah Inayati STAI Miftahul Ula Nganjuk
Keywords: Webtoon, Media Pembelajaran, Sejarah Kebudayaan Islam

Abstract

Pengembangan media Webtoon pelajaran sejarah kebudayaan Islam materi sebab-sebab dan peristiwa Fathu Makkah kelas V mi islamiyah Lengkong Nganjuk atas dasar permasalahan yang ada di sekolah yaitu kurangnya motivasi belajar dan minimnya penggunaan media pembelajaran, dalam proses belajar mengajar lebih banyak menggunakan buku paket, LKS siswa dan papan tulis sebagai media pembelajaran.  Tujuan penelitian ini yaitu (1) mendeskripsikan pengembangan media Webtoon pembelajaran sejarah kebudayaan Islam siswa kelas 5 MI Islamiyah Lengkong Nganjuk. (2) mendeskripsikan uji validitas pengembangan media Webtoon pelajaran sejarah kebudayaan Islam siswa kelas 5 MI Islamiyah Lengkong Nganjuk. (3) mendeskripsikan hasil uji coba terhadap media Webtoon pelajaran sejarah kebudayaan Islam siswa kelas 5 MI islamiyah Lengkong Nganjuk. Metode penelitian ini yaitu menggunakan model 4D (Difine, Desain, Development & Dissminate) dengan desain penelitian R&D (Research and Development). Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan kuesioner, jenis data yang digunakan adalah data kualitatif dan kuantitatif. Subjek penelitian ini berjumlah 28 siswa. Hasil penelitian secara umum menunjukkan skor dari uji ahli media diperoleh persentase 86% dikategorikan sangat valid, uji validasi ahli materi diperoleh persentase 94% dikategorikan sangat valid, uji validasi bahasa diperoleh persentase 98% dikategorikan sangat valid. Berdasarkan hasil penilaian guru mendapatkan  persentase sebesar 82%. Pada tahap pertama uji coba mendapatkan hasil presentase sebesar 82% pada tahap uji coba kedua mendapatkan presentase sebesar 85% dari keseluruhan tahapan dapat di kualifikasikan sangat baik. Dengan demikian media Webtoon pembelajaran sejarah kebudayaan Islam sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran.

References

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Rayanto dan sugianti. (2020). Penelitian Pengembangan Model ADDIE dan R2D2. Pasuruan : lembaga academis and research institute

Published
2023-12-17
How to Cite
Annisa, A., & Inayati, D. (2023). PENGEMBANGAN MEDIA WEBTOON DALAM PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM SISWA KELAS V MI ISLAMIYAH LENGKONG NGANJUK. Mentari : Journal of Islamic Primary School, 1(4), 173-187. Retrieved from https://ejournal.staimnglawak.ac.id/index.php/ment/article/view/1366
Section
Articles