PENGARUH INSFRASTRUKTUR SEKOLAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA

  • Anisatul Anisa Hidayah Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga
  • Syahrul Ramadhan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
Keywords: Insfrastruktur Sekolah, JASP, PISA, Prestasi Belajar, Sekolah Dasar.

Abstract

Penelitian bertujuan menganalisis pengaruh antara insfrastruktur sekolah dengan prestasi belajar siswa. Permasalahan kualitas Pendidikan memuat banyak faktor, satu diantaranya dikarenakan kurangnya insfrastruktur sekolah yang kurang memadai dalam mencapai tujuan dari proses pembelajaran. Metode yang digunakan pada penelitian metode kuantitaif dengan menggunakan model regresi linier dengan bantuan software JASP (Jeffrey’s Amazing Statistics Program) versi 0.16.30. Adapun informan didapat dari hasil PISA (The Programme for International Student Assesment) 2018 pada kurangnya insfrastruktur sekolah yang baik dan prestasi hasil belajar siswa. Pada hasil penelitian menampakkan terdapat pengaruh insfrastruktur sekolah terhadap prestasi belajar pada hasil PISA (The Programme for International Student Assesment) 2018, diperoleh kesimpulan bahwa ada pengaruh positif dan signifikan antara antara insfrastruktur dengan prestasi belajar siswa, dengan demikian diartikan bahwa Ha diterima. Pada hal ini insfrastruktur sekolah merupakan sarana yang mendukung secara langsung proses pendidikan mencapai tujuan pendidikan, kelengkapan fasilitas pada suatu sekolah menunjang proses pembelajaran sehingga siswa dapat mengoptimalkan kemampuan berpikir dalam belajar hal ini berdampak pada prestasi belajar siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

A, Hallatu, Y., & Lasaiba, M. A. (2022). Pengaruh Modle Problem Based Learning terhadap Kompetensi Pengetahuan dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Madrasah Aliyah BPH IHA tentang Konflik. Jurnal Geografi Dan Pendidikan Geografi, 1 (1), 57–65.
Ardila, E., Alwi, R., & Khoiri, Q. (2022). Pengaruh Pelaksanaan Program Takhassus Hafalan dan Pemanfaatan Sarana Prasarana terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran PAI Siswa. JOEAI (Journal of Education and Instruction), 5 (1), 41–51. https://doi.org/10.31539/joeai.v5i1.3594
Ariyanto, M. (2016). Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Kenampakkan Rupa Bumi Menggunakan Model Scramble. Prodesi Pendidikan Dasar, 3 (2), 134–140.
Belmonte, A., Bove, V., D’Inverno, G., & Modica, M. (2020). School Infrastructure Spending and Educational Outcomes: Evidence from the 2012 Earthquake in Northern Italy. ScienceDirect, 75. https://doi.org/10.1016/j.econedurev.2019.101951
Digdowiseiso, K. (2022). School-Based Management for Education Quality: Evidence from Procurement of Facility and Infrastructure. Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan, 14 (1), 549–560. https://doi.org/DOI: 10.35445/alishlah.v14i1.1894
Goksun, D. O., & Gursoy, G. (2019). Comparing success and engagement in gamified learning experiences via Kahoot and Quizizz. Elsevier, 135, 15–29.
Hamalik, O. (2006). Proses Belajar Mengajar. Bumi Aksara.
Hewi, L., & Shaleh, Muh. (2020). Refleksi PISA (The Programme For International Student Assesment): Upaya Perbaikan Betumpu Pada Pendidikan Anak Usia Dini). Jurnal Golden Age, Universitas Hamzanwadi, 4 (1), 30–41.
Hidayat, F., & Ardipal, A. (2023). Pengaruh Sarana Dan Prasarana Terhadap Motivasi Siswa Belajar Seni Budaya (Seni Musik). Jurnal Riset Rumpun Seni, Desain Dan Media (JURRSENDEM), 2 (2), 103–114. https://doi.org/10.55606/jurrsendem.v2i2.1588
Hidayatullah, R., Saputra, A. A., Amalia, D. R., & A. Hasyim, U. A. (2019). Schema Activation Strategy in Reading Comprehension to Improve Student’s Interest. JPIP: Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 12 (2), 147–155.
Ibanez, M. B., Portillo, A. uriarte, Cabada, R. Z., & Barron, M. L. (2019). Impact of augmented reality technology on academic achievement and motivation of students from public and private Mexican schools. A case study in a middle-school geometry course. Journal Pre-Proof, 1–18. https://doi.org/10.1016/jcompedu.2019.103734
Irmayani, H., Wardiah, D., & Kristiawan, M. (2018). The Strategy Of SD Pusri In Improving Educational Quality. International Journal of Scientific & Tevhnology Research, 7(7), 113–121.
Ismail, A. (2017). Standarisasi InsfrastukturJaringan Komputer Sekolah Berbasis Cisco Concept untuk Menunjang Sistem Informasi Sekolah. Journal of Informatics Engineering, 5 (1), 1–5.
Jayanti, J., & Wahyudin, D. (2019). How Important Are Today’s Teacher Development Program Contents For Primary School Teacher? JPIP: Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 12 (1), 55–62.
Lin, Y.-C., & Yu, M.-M. (2023). Performance Evaluation Of Compulsory Education System In Taiwan: A Modified Dynamic Network Data Envelopment Analysis Approach. Studies In Educational Evaluation, 78. https://doi.org/10.1016/j.stueduc.2023.101280
Matondang, N. (2023). Indonesia Krisis Pendidikan Berkualitas. Www.Kompasiana.Com. https://www.kompasiana.com/komentar/naylahmatondang8869/64e21b1908a8b50ee071a906/indonesia-krisis-pendidikan-berkualitas
Miski, R. (2017). Pengaruh Sarana dan Prasarana terhadap Hasil Belajar Siswa. Tadbir Muwahhid, 4 (2), 69–73. https://doi.org/10.30997/jtm.v4i2.341
Nanang, N., & Rusman, R. (2019). Analisis Kebutuhan Pelatihan Standar Penilaian Berbasis Data Pemetaan Mutu Pendidikan (PMP) Pada Jenjang Sekolah Dasar (SD) Di Kota Makassar. JPIP: Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 12 (1), 24–37.
Nasution, S. (2017). Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar & Mengajar (18th ed.). Bumi Aksara.
Nepal, B. (2016). Relationship Among School’s Infrastructure Facilities, Learning Environment And Student’s Outcome. International Journal for Research in Social Science and Humanities Research, 2(5), 44–57.
Nordgren, K., Kristiansson, M., Liljekvist, Y., & Bergh, D. (2021). Collegial Collaboration When Planning and Preparing Lessons: A Largescale Study ExploringTthe Conditions and Infrastructure For Teachers’ Professional Development. Teaching and Teacher Education, 108, 1–11. https://doi.org/10.1016/j.tate.2021.103513
Nurlaila, N., Guswandi, G., & Subagja, I. K. (2022). Analysis Of The Influence Of Quality Of Education Services and Facilities and Infrastructure On The Trust Of The Community Of Boarding Boards Az—Ziyadah With Satisfaction As A Mediation Variable. Krisnadwipayana International Journal of Management Studies (KIJMS), 2(2). https://doi.org/DOI: http://dx.doi.org/10.35137/kijms.v2i2.756
Oktavian, C. N. (2022). Kesenjangan Mutu dalam Rapor Pendidikan Indonesia. Kompas.Id. https://www.kompas.id/baca/artikel-opini/2022/04/29/kesenjangan-mutu-dalam-rapor-pendidikan-indonesia
Primc, K., Slabe-Erker, R., & Dominko, M. (2023). Towards The Development Of A Systematic Approach Forsustainability Assessment Of Educational Infrastructure: A System Of Priority Areas and Design Quality Indicators. Sustainable Development, 31(4), 2565–2583. https://doi.org/DOI: 10.1002/sd.2532
Ruhyana, N. F., & Aeni, A. N. (2019). Effect of Educational Facilities and Insfrastructure in Primary School on Students’ learning Outcomes. Mimbar Sekolah Dasar, 6 (1), 43–54. https://doi.org/10.17509/mimbar-sd.v6i1.15225
Shirrell, M., & Spillane, J. P. (2020). Opening the door: Physical infrastructure, school leaders’ work-related social interactions, and sustainable educational improvement. Elsevier, 88. https://doi.org/10.1016/j.tate.2019.05.012
Sugiyono, S. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Widayati, S., Suryanti, S., & Wiryanto, W. (2022). Strengthening The Relationship With Parents; School Creativity to Overcome School’s Infrastructure Problems. Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan, 14 (4), 6805–6816. https://doi.org/DOI: 10.35445/alishlah.v14i4.2298
Winatha, K. R., & Setiawan, I. M. D. (2020). Pengaruh Game-Based Learning Terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10 (3), 198–206.
Wulandari, D., Khusaini, K., & Syamiya, E. N. (2021). Pengaruh Sumberdaya Manusia dan Insfrastruktur Sekolah Terhadap Prestasi Belajar yang Di Mediasi Literasi Digital Siswa/I SMAN 5 Kabupaten Tangerang. JBES, 2 (2), 23–35.
Published
2023-12-17
How to Cite
Hidayah, A., & Ramadhan, S. (2023). PENGARUH INSFRASTRUKTUR SEKOLAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA. Mentari : Journal of Islamic Primary School, 1(4), 265-275. Retrieved from https://ejournal.staimnglawak.ac.id/index.php/ment/article/view/1311
Section
Articles