PERAN GURU TAHFIDZ DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI “MENGHAFAL AL-QUR’AN” SISWA KELAS VI MI ISLAMIYAH AL-WATHANIYAH
Abstract
Siswa sekolah dasar saat ini memiliki banyak hal di piring mereka, dan menambahkan "menghafal Al-Qur'an" ke dalam daftar itu mungkin akan membuat kewalahan. Mereka perlu memiliki waktu untuk berkomitmen mempelajari Al-Qur'an dengan hati dan membacanya secara teratur. Tantangan bagi guru tahfidz adalah mencari tahu bagaimana membangkitkan minat anak didiknya terhadap tajwid (bahasa Arab untuk "menghafal Al-Qur'an"). Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui apakah siswa kelas VI MI Islamiyah Al-Wathaniyah lebih termotivasi untuk “menghafal Al-Qur’an” sebagai hasil dari paparan pengajar tahfidz. Metode penelitian kualitatif seperti observasi, wawancara, dan dokumentasi digunakan untuk menyusun laporan ini. Teknik analisis data meliputi reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Temuan menunjukkan bahwa instruktur tahfidz dapat membantu murid-muridnya dalam mengembangkan kebiasaan muraja'ah dengan menyuruh mereka menghafal Al-Qur'an setiap pagi sebelum masuk kelas menggunakan huruf yang dipilih khusus untuk kelas tersebut. Siswa didorong dan didorong untuk "menghafal Al-Qur'an" dengan harapan mereka akan mengembangkan minat yang tulus dalam melakukannya dan meningkatkan keterampilan menghafal mereka. Seorang siswa yang telah lulus ujian tasmi' dengan menghafal juz 30, surah yasin, al-mulk dan al-waqiah yang dipersyaratkan tahfidz Al-Qur'an sebagai cara untuk menumbuhkan semangat "menghafal Al-Qur'an" di kelas.
Downloads
References
Agung dan Indriana. (2020). Peran Guru Sejarah dalam Pemanfaatan Inovasi Media Pembelajaran. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 4.
Fauziyah, H. N. (2022). Dampak Pola Asuh Orang Tua dan Intensitas Penggunaan Gadget pada Anak Usia Sekolah Dasar (Studi Kasus di Dukuh Gelang Sukosari Babadan Ponorogo). IAIN Ponorogo.
Fitriani dan Lahmuddin. (2018). Peran Guru dalam Memotivasi Siswa Menghafal Al-quran Di SDIT Al-Ikhlas Konggo. Jurnal Sabilarrasyad, 3.
Fitriani, Z. (2018). Strategi Guru PAI dalam Meningkatkan Minat Membaca dan Menghafal Al- Qur’an Pada Siswa di Sekolah Dasar Negeri 31 Pagaralam. Muaddib : Islamic Education Journal, 1, 5.
Iqbal dkk, M. (2020). Pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an Melalui Metode Wafa Di SDIT Nurul Fikri Banjarmasin. Bada’a: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 2.
Isna dkk. (2021). Metode Efektif “menghafal Al-Qur’an” Bagi Siswa Madrasah Ibtidaiyah. El-Mujtama: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1.
Lia Minhatul. (2017). Strategi Guru Tahfidz Dalam Meningkatkan Motivasi Siswa “menghafal Al-Qur’an” Juz 30 Kelas VI di MI PUI Pasar Salasa Ciampea Bogor. Fakultas Tarbiyah Institut Ilmu Al-Qur’an.
Mifta Arifa dkk. (2021). Strategi Guru Tahfidz dalam Meningkatkan dan Menjaga Hafalan Santri di Rumah Tahfidz Barokalloh Kalipare. Al-Wijdan: Journal of Islamic Education Studies, 6, 57.
Qurrotul Ainy dan Iksan. (2021). Peran Guru dalam Upaya Meningkatkan Kualitas Baca Tulis Al Qur’an di TPQ Al-Chusnaniyah Surabaya. MUNAQASYAH: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Pembelajaran, 4.
Rahmat dkk. (2022). Metode Muraja’ah Dalam “menghafal Al-Qur’an” Santri Program Baitul Qur’an (Pbq) Di Pondok Pesantren Modern Diniyyah Pasia. Jurnal Koloni, 1.
Rahmi dan Nevi. (2020). Bakat Terhadap Motivasi Belajar Siswa Dalam Proses Belajar Dan Pembelajaran. Ensiklopeda of Journal, 3.
Sarosa, S. (2021). Analisis Data Penelitian Kualitatif. Penerbit PT Kanisius.
Soeparmo. (2012). Al-Qur’an Sumber Segala Ilmu. Sendang Ilmu.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan, “Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.” Alfabeta.
Titik Lestari, E. (2004). Cara Praktis Meningkatkan Motivasi Siswa Sekolah Dasar. CV Budi Utama.
Yazid. (2018). Adab dan Akhlak Penuntut Ilmu. Pustaka At-Taqwa.