Profesionalisme Guru Perspektif Said Ahmad Sulaiman

  • Rahmawati Rahmawati Institut Agama Islam Negeri Madura
Keywords: professionalism, teacher, Said Ahmad Sulaima

Abstract

A teacher's professional in martial arts is obliged to perform his duty professionally. The kind of research is literature (library research). Research sources of books, journals and other documents using qualitative approaches. Technical research analysis of content analysis. Said ahmad sulaiman, Imam al-ghazali, Buya hamka, Atiyah al-abrasyi and Ibn sina. In this case the author appeals to the professional concepts of teachers by the five characters as professional criteria for teachers whose professional profession, professional teachers have the national standard competence of education: personalized competence, pedagogical, social professional and professional development to support his continuing professional growth.

Profesionalisme guru dalam praktik keguruan berkewajiban menjalankan tugasnya secara profesional. Jenis penelitian yaitu penelitian kepustakaan. Sumber penelitian berupa buku-buku, jurnal serta dokumen-dokumen lainnya dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknis analisis data berupa analisis konten. Terdapat lima tokoh yang dikemukakan oleh penulis tentang profesionalisme guru yakni Said Ahmad Sulaiman, Imam al-Ghazali, Buya Hamka, Atiyah al-Abrasyi dan Ibnu Sina. Dalam hal ini penulis menarik persamaan konsep profesionalisme guru dari kelima tokoh tersebut adalah kriteria profesionalisme guru yang ahli dalam profesinya, guru profesional memiliki kompetensi standar nasional pendidikan yaitu kompetensi kepribadian, pedagogik, profesional sosial dan terlaksananya pengembangan profesianalisme guru untuk mendukung pertumbuhan profesionalnya yang berkelanjutan.

References

Ahmad, Yusuf, dan Siregar Balo. “Guru Profesional Menurut Imam Al-Ghazali dan Buya Hamka.” Al-Hikmah Jurnal Agama dan Ilmu Pengetahuan 12 (April 2015). https://doi.org/10.25299/jaip.2015.vol12(1).1446.
Al- Bailawi dkk, Hassan Hussein. Al-Judah Al- Syamilah Fi Al-Ta’lim. Yordania: Dar Al Masirah, 2006.
Anwar, Muhammad. Menjadi Guru Profesional. Jakarta: Prenada Media Group, 2018.
Azizah, Mughni. “Konsep Guru Profesional Menurut Ibnu Sina.” Institut Ilmu Al-Qur’an, 2017. http://repository.iiq.ac.id.
Azmi, Shofiyatul. “Menumbuhkan Profesionalisme Guru dalam Pembelajaran Berkelanjutan.” Jurnal Ilmiah Likhita Prajna 15 (t.t.). https://media.neliti.com.
Barnawi, dan Mohammad Arifin. Kinerja Guru Profesional. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2013.
Danim, Sudarwan. Pengembangan Profesi Guru: Dari Pra-Jabatan, Induksi, Ke Profesional Madani. Jakarta: Kencana, 2015.
Dwi Kesuma Putri, Ayu, dan Nani Imaniyati. “Pengembangan Profesi Guru Dalam Meningkatkan Kinerja Guru.” Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran 02 (Juli 2017). http://ejournal.upi.edu/index.php/jpmanper/article/view/00000.
Fathurrohman, Pupuh. Guru Profesional. Bandung: PT Refika Aditama, 2012.
Maula, Ismatul. “Kompetensi Profesional Pendidik Menurut Al-Ghazali.” Jurnal Ilmiah Kajian Islam 04 (April 2015). https://doi.org/10.24235/oasis.v4i2.4044.
Mubarak, Sufyan. “Riwayat Hidup dan Pemikiran Al-Ghazali dan Ibnu Maskawih.” Jurnal Qistoshia 01 (Juni 2020). https://jurnal.stainmajene.ac.id.
Muhson, Ali. “Meningkatkan Profesionalisme Guru: Sebuah Harapan.” Jurnal Ekonomi & Pendidikan 02 (Desember 2004). https://journal.uny.ac.id/index.php/jep/article/view/665/530.
Musyrif. “Buya Hamka: Suatu Analisis Sosial Sosial Terhadap Kitab Tafsir Al-Azha.” Jurnal Pendidikan Sosial dan Budaya 01 (t.t.). https://ejurnal.iainpare.ac.id/index.php/ALMAARIEF/article/download/781/5.
Naim, Zaedun. Metode Penelitian Kepustakaan. Bandung: Media Sains Indonesia, 2022.
Rasyid, Idris. “Konsep Pendidikan Ibnu Sina Tentang Tujuan Pendidikan, Kurikulum, Metode Pembelajaran, dan Guru.” Jurnal Penelitian Hukum dan Pendidikan 18 (Juni 2019). https://www.jurnal.iain-bone.ac.id/index.php/ekspose/article/view/368.
Reta Armani, Anggun, dan Margunani. Economic Education Analysis Journal 06 (Maret 2017). https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eeaj/article/view/13474.
Setianing Hartanti, Astrid, dan Jutju Yuniarsih. “Pengaruh Profesionalisme Guru, Disiplin Kerja, dan Lingkungan Kerja terhadap Kinerja Guru Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Negeri Kabupaten Sragen.” Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran 03 (Januari 2018). http://ejournal.upi.edu/index.php/jpmanper/article/view/00000.
Suprihatiningrum, Jamil. Guru Profesional Pedoman Kinerja Kualifikasi & Kompeten Guru. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2013.
Syamsiah, Nur. “Pentingnya Profesionalisme Guru dalam Pendidikan.” Jurnal Pendidikan Islam 02 (Agustus 2020). https://doi.org/10.46963/alliqo.v5i02.245.
Wahana Putra, Dhian, dan Kurotul Uyun. “Pengaruh Profesionalisme Guru Terhadap Kegiatan Belajar Mengajar Siswa Kelas VII A di MTS Negeri 5 Jember.” Jurnal Pendidikan Islam, Oktober 2020. https://doi.org/10.24042/atjpi.v11i1.5938.
Published
2022-10-01
How to Cite
Rahmawati, R. (2022). Profesionalisme Guru Perspektif Said Ahmad Sulaiman. JURNAL LENTERA : Kajian Keagamaan, Keilmuan Dan Teknologi, 21(2), 279-289. Retrieved from https://ejournal.staimnglawak.ac.id/index.php/lentera/article/view/815