Pendekatan Filsafat Dalam Studi Islam

  • Adji Pratama Putra UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
Keywords: Pendekatan, Filsafat, Studi Islam

Abstract

Pendekatan filsafat merupakan pendekatan dalam pemecahan suatu masalah dengan mengungkap permasalahan secara bijaksana dan mendalam untuk mendapatkan hasil dari permasalahan tersebut. Pendekatan Filsafat bersifat mendalam dalam arti pembahasan dilakukan sampai ke akar permasalahan hingga tidak sanggup lagi dijangkau. Model pendekatan filsafat selanjutnya dapat dijadikan untuk memahami ajaran-ajaran agama.

Metode dalam penelitian ini adalah penelitian kepustakaan yang diuraikan secara deskriptif analisis. Pendekatan filsafat menjadi salah satu cara untuk memahami lebih dalam tentang studi Islam. Filsafat dalam studi Islam memiliki peran penting dalam mengkaji isu-isu kontemporer seputar Islam. Beberapa cabang dalam pendekatan filsafat diantaranya Epistemologi, Etika, Logika, dan Metafisika.

Kata Kunci: Pendekatan, Filsafat, Studi Islam

References

Ahmad Norma P, dkk. Metodologi Studi Agama. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. 2000.
Benny Kurniawan, Studi Islam dengan Pendekatan Filosofis, JURNAL SAINTIFIKA ISLAMICA, No. 2, Vol. 2 ( Juli-Desember, 2015)
Connolly (ed), Peter. Aneka Pendekatan Studi Agama. Yogyakarta: Lkis. 2012.
Dede Ahmad Ghazaki and Heri Gunawan. Studi Islam : Suatu Pendekatan Dengan Pendekatan Interdisipliner. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. 2015.
Hadiwijono, Harun. Sari Sejarah Filsafat Barat 1. Yogyakarta: Kanisius. 1980.
Madjid, Nurcholis. Khazanah Intelektual Islam. Jakarta: Bulan Bintang. 1994.
Mundiri. Logika. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada. 2008.
M Budianto, Irmayanti. Realitas dan Objektivitas: Refleksi Kritis atas Cara Kerja Ilmiah. Jakarta: Wedatama Widya Sastra. 2022.
Nata. Metodologi Studi Islam.
Stanford Encyclopedia of Philosophy, “Phylosophy of Religion”
Susanto. Filsafat Ilmu Suatu kajian dalam Dimensi Ontologis, Epistemologis dan Aksiologis. Jakarta: Bumi Aksara. 2011.
Published
2022-09-04
How to Cite
Putra, A. (2022). Pendekatan Filsafat Dalam Studi Islam. JURNAL LENTERA : Kajian Keagamaan, Keilmuan Dan Teknologi, 21(2), 190-199. Retrieved from https://ejournal.staimnglawak.ac.id/index.php/lentera/article/view/799