IMPLEMENTASI MEDIA BLOOD SIRCULATION UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA BAGI SISWA KELAS V DI MADRASAAH IBTIDAIYAH MIFTAHUL ULUM DERO KESAMBEN JOMBANG

  • Ali Muhsin Fakultas Agama Islam Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum Jombang
  • Zainal Arifin STAI Miftahul Ula Nganjuk
Keywords: Identify, Blood Sirculation, Natural Science.

Abstract

This research is to improve the ability to identify human circulatory system of SCIENCE class V subjects at MI Miftahul Ulum Dero Kesamben Jombang which uses Blood Sirculation media, implemented in 2 cycles. Researchers use PTK, researchers took the class V of MI Miftahul Ulum Dero Kesamben Jombang with 20 students consisting of 12 men, 8 women. In the pre-cycle stage teachers still use conventional methods, so that only 2 students are able to achieve a classical survival with a percentage of 15%, average classification 42.50. After the media, Blood Sirculation in Cycle 1 experienced an increase of 25% with 12 skilled students. In Cycle 2 The students experience an increase significantly evidenced by the classical averages reaching 78 with a percentage of the 99.05% compensation. Therefore it was concluded that the SCIENCE learning in identifying the human circulatory system with Blood Sirculation is able to improve the ability to identify human circulatory system students class V MI Miftahul Ulum Dero Kesamben Jombang.

References

Aisyah, Nurul Bayu Widiyanto, M.Aji Fatkurrohman. “Efektivitas Penggunaan Alat Peraga Sistem Peredaran Darah terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VII SMP N Kota Tegal”, Jurnal Pendidikan MIPA Pancasakti, Januari, 2018
Djamarah, Syaiful Bahri dkk. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta. 2000
Fadhilah, Rika Nur. “Penerapan Metode Pembelajaran Bermain Peran Dalam Pembelajaran Terpadu Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada Pokok Bahasan Tekanan Darah Kelas VIII SMP Negeri 1 Babat Kabupaten Lamongan”, Jurnal Pendidikan Sains e-Pensa. September, 2013
Imasnuna, Luluk; Ulfi Faizah; Ahmad Qosyim. “Pengembangan Alat Peraga “Circulatory Bottle” untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Kelas VIII SMP pada Materi Sistem Peredaran Darah pada Manusia”, Jurnal Universitas Negeri Surabaya. 2016.
Subekti, Ari. Sehat itu Penting. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017.
Indahwati, Toenas Setyo Joeli Widha Sunarno, Sajidan. “Penerapan Model Inqiry Training Melalui Teknik Peta Konsep dan teknik Puzzle Ditinjau dari Tingkat Keberagaman aktivitas Belajar dan Kemampuan Memori”, Jurnal Inkuiri, September, 2012.
Maslaah, Siti. “Penggunaan Media Gambar Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar IPA Kelas V Sub Pokok Bahasan Alat Peredaran Darah Pada Manusia di MI Ma’arif Tamansari Karangwelas Banyumas Tahun Pelajaran 2014/2015”, Skripsi: IAIN Purwokerto. 2016.
Murtiana, Aniskurlillah Ika. Pengaruh Penggunaan Media Diorama Terhadap hasil Belajar IPA Tentang Ekosistem pada Kelas V Grogol Bantul. 2014.
Ni Pt. Yusi Susanti, dkk. “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Berdasarkan Keterampilan Proses Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD Gugus 2 Mengwi”, Jurnal Universitas Pendidikan Ganesha. 2013
Nurhayani, Devanti, Sardimi dan Jumrodah. 2015. Pengaruh Animasi terhadap Hasil Belajar Konsep Sistem Peredaran Darah Manusia Siswa Kelas VII MTs raudhatul Jannah Palangkaraya. Palangkaraya. 2013
Puspita Anggraeni, Dwii; Widiyarti; Ary Setijadi Prihatmanto. “Simulasi Aliran Darah Manusia dengan Metoda Larange Smooth Particle Hydrodynamic (SPH)”, Jurnal Rekayasa dan Teknologi Elektro, Mei, 2016.
P. Pertiwi, Pradytia & Sugiyanto. “Efektifitas Permainan Konstruktif-Aktif untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Kelas 2 Sekolah Dasar”, Jurnal Psikologi, September, 2007
Rosela, Endah. 2016. “Penggunaan Media Edukasi Ular Tangga Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII A SMP Negeri 2 Mlati Sleman Pada Materi Sitem Peredaran Darah Manusia”. “Skripsi”. Universitas Sanata Dharma Yogyakarta 03.
Sugiyono.. Metode Penelitian Pendidikan(Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. 2013.
Trianto. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta : PT Bumi Aksara. 2014
Yustisia, Tim Pustaka. Panduan Lengkap KTSP. Jakarta: Pustaka Yustisia. 2007
Wisudawati, Asih dan Sulistiyowati, Eka. Metodologi Pembelajaran IPA. Jakarta: Bumi Aksara. 2015
Zahro, Jamilatus. Penerapan Metode Jarimatika Untuk Meningkatkan Keterampilan Berhitung Penjumlahan dan pengurangan Kelas I di MIN Rejoso Peterongan Jombang Tahun 2013/2014. “Skripsi”. Unipdu Jombang. 2014
Published
2021-04-16
How to Cite
Muhsin, A., & Arifin, Z. (2021). IMPLEMENTASI MEDIA BLOOD SIRCULATION UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA BAGI SISWA KELAS V DI MADRASAAH IBTIDAIYAH MIFTAHUL ULUM DERO KESAMBEN JOMBANG. JURNAL LENTERA : Kajian Keagamaan, Keilmuan Dan Teknologi, 20(01), 17-32. Retrieved from https://ejournal.staimnglawak.ac.id/index.php/lentera/article/view/343
Section
Articles