Manajemen Dan Kepemimpinan Kepala Sekolah SMPI Miftahul Ulum Takobuh Dalam Mengembangkan Sekolah Unggul

  • Muhammad Ihsan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Madura
  • Waqiatul Masruroh Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Madura
Keywords: Madrasah Unggul, Kepemimpinan, pendidikan islam

Abstract

Artikel ini membahas manajemen dan kepemimpinan kepala sekolah di SMPI Miftahul Ulum Takobuh dalam mengembangkan sekolah unggul. Fokus utama artikel adalah strategi-strategi yang diterapkan oleh kepala sekolah untuk mencapai visi dan misi sekolah, yang mencakup pengembangan kurikulum, pengelolaan sumber daya manusia, penerapan kepemimpinan transformasional, serta kolaborasi dengan pihak eksternal. Kepala sekolah memainkan peran penting dalam merumuskan dan melaksanakan strategi manajemen yang efektif, termasuk pengembangan kurikulum yang relevan dengan kebutuhan zaman dan nilai-nilai Islam. Pengelolaan sumber daya manusia, seperti guru dan staf, dilakukan melalui pelatihan dan pengembangan profesional untuk meningkatkan kualitas pengajaran. Kepemimpinan transformasional yang diterapkan oleh kepala sekolah mampu menciptakan budaya organisasi yang inklusif dan kolaboratif, mendorong seluruh stakeholder untuk berpartisipasi aktif dalam pencapaian tujuan pendidikan. Selain itu, kepala sekolah juga berperan dalam mengatasi tantangan dan mengelola krisis, seperti adaptasi terhadap perubahan teknologi dan masyarakat serta manajemen keuangan yang bijak. Evaluasi kinerja yang berkelanjutan dan sistem penilaian yang adil dan transparan menjadi alat penting dalam meningkatkan mutu pendidikan di sekolah. Kolaborasi dengan industri, universitas, dan komunitas lokal juga menjadi strategi kunci dalam mendukung pengembangan sekolah. Melalui penerapan strategi-strategi tersebut, SMPI Miftahul Ulum Takobuh berhasil mencapai berbagai prestasi dan meningkatkan kualitas pendidikan secara keseluruhan. Artikel ini memberikan gambaran mendalam tentang bagaimana kepemimpinan kepala sekolah dapat membawa perubahan positif dan mencapai keunggulan dalam pendidikan.

References

Akbar, A., & Noviani, N. (2019). Tantangan dan solusi dalam perkembangan teknologi pendidikan di Indonesia. Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang. Retrieved from https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/Prosidingpps/article/view/2927
Alwasilah, A. C. (2009). Pokoknya action research. Jakarta: PT Dunia Pustaka Jaya.
Arikunto, S. (2010). Prosedur penelitian: Suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Creswell, J. W. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (4th ed.). SAGE Publications.
Departemen Pendidikan Nasional. (2016). Panduan manajemen berbasis sekolah. Jakarta: Depdiknas.
Fadhli, M. (2020). Implementasi manajemen strategik dalam lembaga pendidikan. Continuous Education: Journal of Science and Research, 1(1), 11–23.
Hanafi, S. (2023). Dampak kepemimpinan transformasional terhadap inovasi dan sehatnya organisasi (studi di Desa Kadubeureum Kecamatan Padarincang Kabupaten Serang). Entrepreneur: Jurnal Bisnis Manajemen dan Kewirausahaan, 4(03), 213–227.
Husni, F., & Wahyudiati, D. (2022). Relevansi manajemen strategik kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan dan daya saing di sekolah dasar. Dirasat: Jurnal Manajemen dan Pendidikan Islam, 8(1), 34–47.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2023). Portal Data Pendidikan. Retrieved from https://data.kemdikbud.go.id
Kompri, M. Pd I. (2017). Standardisasi kompetensi kepala sekolah: Pendekatan teori untuk praktik profesional. Jakarta: Kencana. Retrieved from https://books.google.com/books?hl=id&lr=&id=AeVNDwAAQBAJ
Mulyasa, E. (2011). Manajemen berbasis sekolah: Konsep, strategi, dan implementasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nuha, U. (2018). Optimalisasi peran dewan pengawas syariah pada lembaga keuangan mikro syariah (studi kasus di Assosiasi Koperasi Warga NU Jepara). MALIA: Journal of Islamic Banking and Finance, 2(2), 211–222.
Patton, M.Q. (2015). Qualitative Research & Evaluation Methods. SAGE Publications.
Purwanto, N. (2014). Administrasi dan supervisi pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sagala, S. (2014). Manajemen strategik dalam peningkatan mutu pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Schwab, K. (2017). The Fourth Industrial Revolution. World Economic Forum.
Sudjana, D. (2020). Metode statistika. Bandung: Tarsito.
Sugiyono. (2013). Metode penelitian pendidikan: Pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suprayitno, S., & Mujahidin, E. (2020). Kurikulum pendidikan jasmani: Studi analisis kitab Tarbiyatul Aulad Fil Islam. Tawazun: Jurnal Pendidikan Islam, 13(1), 75–83.
Suyanto, S. (2016). Menjadi guru profesional: Strategi meningkatkan kualifikasi dan kualitas guru di era global. Jakarta: Esensi Erlangga Group.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Website resmi SMPI Miftahul Ulum Takobuh. Retrieved from https://smpi-miftahululumtakobuh.sch.id
Yin, R.K. (2018). Case Study Research and Applications: Design and Methods. SAGE Publications.
Published
2025-03-23
How to Cite
Ihsan, M., & Masruroh, W. (2025). Manajemen Dan Kepemimpinan Kepala Sekolah SMPI Miftahul Ulum Takobuh Dalam Mengembangkan Sekolah Unggul. JURNAL LENTERA : Kajian Keagamaan, Keilmuan Dan Teknologi, 24(1), 12-22. https://doi.org/10.29138/lentera.v24i1.1485
Section
Articles