Pengembangan Bahan Ajar Fikih Haid Berbasis Animasi Untuk Kelas VI MDTA Miftahul Ulum Nyalabu Daya Pamekasan

  • Toha Toha Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Madura, Indonesia
  • Halimatus Sa`diyah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Madura, Indonesia
  • Muhammad Ihsan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Madura, Indonesia
  • Moh. Hariri Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Madura, Indonesia
Keywords: teaching materials, Islamic menstrual law, animated learning

Abstract

Initial observations of teaching Islamic menstrual law (fikih haid) to 6th grade students at MDTA Miftahul Ulum Nyalabu Daya Pamekasan revealed challenges in understanding set theory concepts. Conventional teaching methods without the use of learning aids resulted in minimal student engagement in the learning process. This research aims to develop animated teaching materials for Islamic menstrual law to enhance students' understanding of set theory concepts. Evaluating the effectiveness of animated teaching materials is also a key objective of this study. The research adopts a Research and Development (R&D) approach using the Hannafin and Peck model, encompassing needs analysis, design, and implementation of teaching materials. Validation is conducted through questionnaires administered to three validators to assess the quality of teaching materials in terms of language, content, and audio-visual aspects. Small-scale and large-scale trials are conducted at MDTA Miftahul Ulum Nyalabu Daya Pamekasan.

References

Anggriani, Shintya Putri, A. Wahab Jufri, Abdul Syukur, and Dadi Setiadi. “Pengembangan Materi Ajar Berbasis Video Kreatif Biologi Pada Materi Sistem Ekskresi Untuk Siswa Kelas XI SMA.” Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan 7, no. 1 (2022): 123–29. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i1.430.
Anita, Ria. “Pengembangan Media Pembelajaran Teks Anekdot Berbasis Animasi Pada Siswa Kelas X Sekolah Menengah Kejuruan.” PhD Thesis, FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, 2016. http://digilib.unila.ac.id/23169.
Aulia, Nabila. “Upaya Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Tematik Dengan Media Audio Visual Di Kelas IV MIN 14 Aceh Barat Daya.” PhD Thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, 2023. https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/28090/.
Ilmiani, Aulia Mustika, Ahmadi Ahmadi, Nur Fuadi Rahman, and Yulia Rahmah. “Multimedia Interaktif Untuk Mengatasi Problematika Pembelajaran Bahasa Arab.” Al-Ta’rib Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa Arab 8, no. 1 (2020): 17–32. http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/2613.
ISLAM, SEKOLAH TINGGI AGAMA, and AL-HIKAM MA’HAD ALY. “IMPLEMENTASI PENANAMAN SIKAP RELIGIUS MELALUI MEDIA GENIALLY PADA PEMBELAJARAN AGAMA ISLAM SISWA KELAS XII IPS MAN BATU.” Accessed June 28, 2024. https://repository.staima-alhikam.ac.id/22/1/ARTIKLE%20AHMADHABIBURAHMAN.pdf.
Ismatul, Hasanah. “PENGARUH MODEL BLENDED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN TEMATIK.” PhD Thesis, UIN Raden Intan Lampung, 2021. http://repository.radenintan.ac.id/16566/.
Inayati, Mahfida, and Mulyadi. “Evaluasi Media Pembelajaran Materi Fikih Madrasah Aliyah.” Pedagogika: Jurnal Ilmu-Ilmu Kependidikan 3, no. 1 (2023): 16–27. https://www.jurnal.medanresourcecenter.org/index.php/PED/article/view/946.
Inayati, Mahfida, and Nurul Zainab. “Pengembangan Bahan Ajar Kerangka TPACK Berbasis Video Pembelajran Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Semangat Belajar Siswa.” Jurnal Cendekia: Media Komunikasi Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan Islam 15, no. 2 (2023): 96–105. https://journal.stitaf.ac.id/index.php/cendekia.
KEBUDAYAAN, KEMEANPD, RAT JENDERAL PENDI DI DI REKTO, and KAN DASAR DAN M. ENENGAH. “PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SEDERHANA.” Accessed June 28, 2024. https://triatra.wordpress.com/wp-content/uploads/2018/04/7-media-pembelajan.pdf.
Kosasih, Ceceng. “Pembelajaran Seni Melalui Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Animasi Digital.” Magelaran: Jurnal Pendidikan Seni 1, no. 1 (2018): 5–11. https://journal.umtas.ac.id/index.php/magelaran/article/view/243.
Larasathi, Lucky, Octaverina Kecvara Pritasari, Arita Puspitorini, and Biyan Yesi Wilujeng. “Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Pada Kompetensi Dasar Anatomi Fisiologi Rambut Di SMK LABSCHOOL UNESA 1 Surabaya.” Accessed June 28, 2024. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-tata-rias/article/view/54620/43405.
Liani, Chairunisa. “Pengaruh Video Pembelajaran Berbasis Animasi Terhadap Tingkat Pemahaman Materi Pada Mata Pelajaran PPKn Peserta Didik Kelas VIII Di SMPN 20 Bandar Lampung,” 2022. http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/64413.
Novianti, Anik, and Ali Shodikin. “Pengembangan Bahan Ajar Kalkulus Diferensial Berbasis Animasi Dengan Pendekatan Kontekstual Dan Kearifan Lokal.” De Fermat: Jurnal Pendidikan Matematika 1, no. 2 (2018): 12–18. https://doi.org/10.36277/defermat.v1i2.20.
Pagarra, Hamzah, Ahmad Syawaluddin, and Wawan Krismanto. “Media Pembelajaran.” Badan Penerbit UNM, Makassar., 2022. http://eprints.unm.ac.id/25438/.
Pratiwi, Vivi, Widy Triani, and Metiy Ardiana. “PENINGKATAN PEMAHAMAN SISWA MELALUI PEMANFAATAN MULTIMEDIA INTERAKTIF DIAKSY (DIGITAL AKUNTANSI SYARIAH).” Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia 21, no. 2 (2023): 12–27. https://journal.uny.ac.id/index.php/jpakun/article/view/62736.
Pratomo, Adi, and Agus Irawan. “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Web Menggunakan Metode Hannafin Dan Peck.” POSITIF: Jurnal Sistem Dan Teknologi Informasi 1, no. 1 (2015). https://ejurnal.poliban.ac.id/index.php/Positif/article/view/204.
———. “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Web Menggunakan Metode Hannafin Dan Peck.” POSITIF: Jurnal Sistem Dan Teknologi Informasi 1, no. 1 (2015). https://ejurnal.poliban.ac.id/index.php/Positif/article/view/204.
RAFIQOH, HASNA FAUZIAH. “Pengembangan E-Lpkd Berbasis Multipel Representasi Pada Materi Kesetimbangan Kimia Berorientasi Keterampilan Berpikir Kritis,” 2023. http://digilib.unila.ac.id/69392/.
RIDHWAN, IRSYAD MUHAMMAD. “KAJIAN SOSIOLOGI SASTRA TERHADAP UNSUR MORAL PADA KUMPULAN PUISI DOA UNTUK ANAK CUCU KARYA WS RENDRA SEBAGAI ALTERNATIF BAHAN AJAR SASTRA DI KELAS X SMA.” PhD Thesis, FKIP UNPAS, 2023. http://repository.unpas.ac.id/66086/.
Riyana, Cepi. “Peranan Teknologi Dalam Pembelajaran.” Universitas Indonesia, Jakarta, 2008. https://www.researchgate.net/profile/Cepi-Riyana/publication/242646955_PERANAN_TEKNOLOGI_DALAM_PEMBELAJARAN/links/58d73b96aca2727e5ee9d9eb/PERANAN-TEKNOLOGI-DALAM-PEMBELAJARAN.pdf.
Rusmayana, Taufik. “Model Pembelajaran Addie Integrasi Pedati Di Smk Pgri Karisma Bangsa Sebagai Pengganti Praktek Kerja Lapangan Dimasa Pandemi Covid-19,” 2021. https://repository.penerbitwidina.com/id/publications/351939/model-pembelajaran-addie-integrasi-pedati-di-smk-pgri-karisma-bangsa-sebagai-pen.
Setiawan, Wahyu, Luthfiyani Fauziyyah Noor Hakim, and Gerry Filiestianto. “Pengembangan Bahan Ajar Trigonometri Berbasis Animasi Pada Masa Pandemi Covid-19.” JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif) 4, no. 2 (2021): 435–44. http://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/jpmi/article/view/6627.
Shodikin, Ali. “Pengembangan Bahan Ajar Kalkulus Integral Berbasis Animasi.” Aksioma: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika 6, no. 1 (2017): 1–11. https://doi.org/10.24127/ajpm.v6i1.887.
SULIMAH, NIM. “IMPLEMENTASI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DALAM PEMBELAJARAN IPA DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI PURWOKERTO.” PhD Thesis, IAIN Purwokerto, 2016. https://eprints.uinsaizu.ac.id/723/2/COVER_BAB%20I_BAB%20V_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf.
Tarwi, M., and Farida Ulfi Naimah. “Implementasi Contextual Teaching and Learning Pada Pembelajaran Aswaja.” At-Tadzkir: Islamic Education Journal 1, no. 1 (2022): 42–54. https://doi.org/10.59373/attadzkir.v1i1.7.
Wardhana, Kautsar Eka, Ahmad Maulana Syafi’i, and Firnanda Pradana Putra. “Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Macromedia Flash Dalam Pembelajaran Matematika.” Borneo Journal of Science and Mathematics Education 1, no. 1 (2021): 57–67. http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=3298311&val=28849&title=Pengembangan%20Bahan%20Ajar%20Berbasis%20Macromedia%20Flash%20dalam%20Pembelajaran%20Matematika.
Published
2024-09-27
How to Cite
Toha, T., Sa`diyahH., Ihsan, M., & Hariri, M. (2024). Pengembangan Bahan Ajar Fikih Haid Berbasis Animasi Untuk Kelas VI MDTA Miftahul Ulum Nyalabu Daya Pamekasan. JURNAL LENTERA : Kajian Keagamaan, Keilmuan Dan Teknologi, 23(3), 448-461. https://doi.org/10.29138/lentera.v23i3.1473