Manajemen Penilaian Kinerja Guru Dalam Proses Pembelajaran (Studi Kasus Madrasah Aliyah Persis Lempong Garut)

  • Fahri Sahrul Ramadhan UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
  • Abdul Hafid UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
  • Badrudin Badrudin UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
Keywords: Management, Teacher Performance Assessment, Learning

Abstract

Teacher professionalism will never be separated from attention to their performance. This research aims to find out in general about teacher performance assessment management (PKG), especially in the learning process. The procedures for collecting data were carried out using observation, interviews and documentation methods with the main sources being Madrasah Heads, Teachers and other stakeholders, so that the research results showed that the management of teacher performance evaluation at MA Persis Lempong was divided into; Teacher Performance Assessment Planning, which includes; (1) PKG Preparation Stage, (2) PKG Team Formation Stage, (3) PKG Schedule Determination Stage. Implementation of Teacher Performance Assessment, which includes; (1) Teacher Performance Appraisal Time, (2) Teacher Performance Appraisal Instrument, (3) Teacher Performance Appraisal Method. And Evaluation of Teacher Performance Assessment at MA Persis Lempong – Garut.

References

Abdullah, Yurni, Rahmawati, and Damhuri. “Implementasi Penilaian Kinerja Guru Dalam Kegiatan Supervisi Pembelajaran di SDN 04 Duhiadaa.” Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 8, no. 2 (August 10, 2020): 88–105. https://doi.org/10.30603/tjmpi.v8i2.1294.
Alhaddad, Muhammad Roihan. “MANAJEMEN PENILAIAN KINERJA GURU DI PONDOK PESANTREN RAUDHATUL ULUM SAKATIGA PALEMBANG” 2, no. 2 (2019).
Candra Wijaya & Muhammad Rifa’i, (2016). Dasar-Dasar Manajemen Mengoptimalkan Pengelolaan Organisasi Secara Efektif Dan Efesien, Medan Perdana Publishing.
Edi Wibowo (Guru Senior/Guru Mapel B. Indonesia), Wawancara pada tanggal (11/12/2023)
Hafidulloh, et., all, (2021), Manajemen Guru; Meningkatkan Disiplin Dan Kinerja Guru, (Yogyakarta; Bintang Pustaka Madani).
John W. Creswell, (2014). Penelitian Kualitatif & Desain Riset; Memilih diantara Lima Pendekatan, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar).
Muhaemin, (2014). Ilmu Pendidikan Islam, (Sulawesi; Read Institute Press).
Munawir, Munawir, Amirah Yasmin, and Ahmad Jauharul Wadud. “Memahami Penilaian Kinerja Guru.” Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan 8, no. 1b (April 26, 2023): 627–34. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i1b.1237.
Muspawi, Mohamad. “Strategi Peningkatan Kinerja Guru.” Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi 21, no. 1 (February 8, 2021): 101. https://doi.org/10.33087/jiubj.v21i1.1265.
Moleong, Lexy J. 2015. Metode Penelitian Kualitatif, (Bandung: Remaja Rosdakarya), Cet ke 34.
Putri, Rizki Amalia. “ANALISIS MANAJEMEN KINERJA GURU (Studi Kasus Madrasah Aliyah Al Ayyubi di Sidoarjo).” Accounting and Management Journal 1, no. 1 (March 6, 2018). https://doi.org/10.33086/amj.v1i1.71.
Saefullah. Manajemen Pendidikan Islam. Bandung, CV Pustaka Setia, 2021, Cet ke-4.
Sagala, Dwika Hanum, Umi Masnah Sihombing, and Vivin Fitriyani Zebua. “Evaluasi Kinerja Guru dalam Konteks Program Pembelajaran di Sekolah MIS Terpadu Mutiara Hikmah” 6 (2022).
Suhadi Winoto. 2020, Dasar-Dasar Manajemen Pendidikan. Yogyakarta CV. Building Nusantara.
Suriansyah, Ahmad. et., all. 2014, Strategi Pembelajaran, Jakarta; Rajawali Press
Syafaatu Rosidah, Alvi, Wahyu Izza Rahman, Maharani Aulia, Rafi Ariansyah, and Imron Fauzi. “Penilaian Kinerja Guru di Sekolah Dasar Antara Tantangan dan Peluang.” DIMAR: Jurnal Pendidikan Islam 4, no. 1 (December 1, 2022): 1–23. https://doi.org/10.58577/dimar.v4i1.64.
Syopian Siregar, 2017. Metode Penelitian Kuantitatif; dilengkapi dengan perbandingan perhitungan manual dan SPSS. Jakarta: Kencana.
Syafaruddin, 2005. Manajemen Lembaga Pendidikan Islam. Jakarta : PT. Ciputat Press.
Tim Dosen Administrasi Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia, (2020). Manajemen Pendidikan, (Bandung: Penerbit Alfabeta).
Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan.
Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 58 Tahun 2017 Tentang Kepala Madrasah. Kinerja Guru Madrasah.
Keputusan Direktur Jendral Pendidikan Islam Nomor 1843 Tahun 2021 Tentang Petunjuk Teknis Penilaian Kinerja Guru Madrasah.
Surat Keputusan Kepala Madrasah MA Persis Lempong Nomor MA.S/D-4/17/PKG/Kep/033/X/2023 Tanggal 23 Oktober 2023 Tentang Tim Penilaian Kinerja Guru Tahun 2023.
Edi Wibowo, Administrasi Daftar Ceck List Dokumen Penilaian Kinerja Guru (PKG) Madrasah Aliyah Tahun 2023.
Gina Ihsan Sajidah, Administrasi Dokumen Remedial dan Pengayaan, PKG Madrasah Aliyah Tahun 2023
Yayang Rahmat (Kepala Madrasah), Wawancara pada tanggal (05/12/2023).
Wardiansyah, Deni. (Waka Kurikulum), Wawancara pada tanggal (05/12/2023).
Published
2024-04-23
How to Cite
Ramadhan, F., Hafid, A., & Badrudin, B. (2024). Manajemen Penilaian Kinerja Guru Dalam Proses Pembelajaran (Studi Kasus Madrasah Aliyah Persis Lempong Garut). JURNAL LENTERA : Kajian Keagamaan, Keilmuan Dan Teknologi, 23(1), 12-27. https://doi.org/10.29138/lentera.v23i1.1358
Section
Articles