Penerapan Strategi Pembelajaran Kontekstual Pada Pembelajaran Fiqih Dengan Media Pembelajaran Audio Visual Di Madrasah Tsanawiyah (MTs)
Abstract
This research is motivated by the application of contextual learning strategies using audio-visual media in a learning process in the classroom. The learning process in the classroom is a very important thing that a teacher needs to pay attention to. The learning process must be equipped with strategies and media as tools to help the learning process run smoothly in the classroom. Contextual strategies and audio-visual media are one of the strategies and media chosen by a teacher that can be applied and used in the learning process in the classroom with the aim of making the learning process run smoothly and achieving the goals desired by a teacher and students. The existence of strategies and media can make it easier for a teacher to convey learning material well and can also be easily understood by students.
References
Ahmad Muslim dan Nurjannah. penggunaan media audio visual untuk meningkatkan hasil belajar fiqih siswa kelas i ma nw nurul ihsan tilawah lombok tengah, (Jurnal Vasionary, Volume 6 Nomor 2 Edisi Oktober 2018).
Arsyad, Azhar. 2013. Media pembelajaran. Jakarta: PT, Raja Grafindo Persada.
Basrowi dan Suwandi. 2008. Memahami Penelitian Kualitatif. Jakarta: Recika Cipta.
Buseri. Kamrani. Strategi pembelajaran fiqih, Jl. A. Yani Km. 4,5 Banjarmasin.
Fathurrohman, Pupuh. 2014. strategi belajar mengajar. Bandung: PT. Refika Aditama
Gunawan, Imam. 2014. Metode Penelitian Kualitatif teori & Praktik. Jakarta: Bumi Aksara.
Hamruni. 2012. Strategi pembelajaran. Insan Madani, Yogyakarta
Hilmi Fahruddin, Rosichin Mansur, Jazari, analisis peran media visual dalam
pembelajaran fiqh di madrasah aliyah unggulan al-mustofawiyah palang tuban, (Jurnal Pendidikan Islam, Volume 6 Nomor 4 Tahun 2021).
Kadir, Abdul. Konsep Pembelajaran Kontekstual Di Sekolah, (Dinamika Ilmu: Vol. 13. No. 3, Desember 2013).
Komalasari, Kokom. 2013. Pembelajaran kontekstual. PT. Refika Aditama, Bandung
Moh Hatta Baidlawi, guru fiqih MTs Nurul Jihad, Wawancara langsung, (20 Mei 2022).
Moh Hatta Baidlawi, Guru fiqih MTs Nurul Jihad, Wawancara langsung, (23 Mei 2022).
Mohammad Taufikurrahman, Guru fiqih MTsN 3 Pamekasan, Wawancara langsung, (28 Mei 2022).
Molyono. Strategi Pembelajaran, UIN Maliki, Malang, 2012.
Moleong, Lexy J. 2011. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nisfu Ema Fatimah, Nurodin Usman, Implementasi pendidikan karakter dalam pembelajaran fiqih di Mi Al islam tonoboyo kacamatan bandongankabupatenmagelang (Jurnal Tarbiyahtuna, Vol 8, no 1, juni, 2017.
Panji Setiawan. Dewa Nyoman Sudana. Penerapan Model Pembelajaran Kontekstual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika, (Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru: Vol. 1 No. 2, Juli 2018).
Sanusi, Konsep pembelajaran fiqih dalam perspektif kesehatan reproduksi (Jurnal penelitian pendidikan islam. Vol 10, no 2, agustus, 2015.
Suyadi. 2013. Strategi Pembelajaran pendidikan karakter. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Solichin, M. Muchlis. 2013. Pengelolaan Pembelajaran. Surabaya: Pena Salsabila.
Suprihatiningrum, Jamil, 2013. Guru Profesional. Jogjakarta: Ar-Ruzz Medi
Sodikin, Khotim Ashom. Implementasi Pembelajaran Fiqih Materi Sholat Dengan Media Audio Visual, (Journal of Primary Education Vol 2, No 1, Juni 2021).
Wina Sanjaya. 2014. Media komonikasi pembelajaran, (Jakarta: prenadamedia group.
Yuanta, Friendha. Pengembangan Media Audio Visual Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Untuk Sekolah Dasar , (Jurnal kependidikan islam berbasis sains), Vol 2, No 2, 2017.
Yusuf, Muri. 2014. Metode Penelitian kuantitatif kualitatif dan penelitian gabungan. Jakarta: Prenadamedia Group.