Penerapan Metode Bebasis Masalah Dalam Pemahaman Tentang Modersi Beragama Pada Siswa Sekolah Dasar

  • Fauzatul Jannah IAIN MADURA
  • Zainab Nur Laili Institut Agama Islam Negeri Madura
Keywords: : pemahaman, metodeberbasismasalah, moderasiberegama

Abstract

Moderasi beragama merupakan kebaikan moral bersama yang sesuai dengan perilaku dan perikehidupan individu maupun kelompok atau lembaga. Memilih jalan tengah di antara dua kutub ekstrem dan berlebih-lebihan merupakan sikap beragama yang paling ideal.Jenispenelitianiniyaitupenelitiankualitatif.Penelitianinidenganpendekatanpenelitianstudikasushasildaripenelitianinimenunjukkakbahwa siswa di tingkat SD sudah bisa dikatakan menerapkan nilai nilai mederasi beragama karena hal tersebut ada disekitar mereka dan mereka sudah mampu memahami hal ini dibuktikan dengan kesimpulan siswa tentang bagaimana cara mereka menyikapi tentang orang yang berbeda dari mereka baik dari segi agama maupun dari segi perbedaan pendapat yaitu dengan cara toleransi antar umat beragama dan menghargai pendapat orang lain, dimana jawaban tersebut sesuai dengan nilai-nilai moderasi beragama.

References

Akbar, “Implementasi Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PKn di SMA Negeri 1 Batukliang Utara”, Jurnal Kependidikan: Maret 2019. Vol.5, No.1,
https://ejournal.undikma.ac.id/index.php/jurnalkependidikan/article/view/1386/1109
Amaluddin, Muhammad Rizqi. “PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMK PGRI PEKANBARU”, JURNAL CERDIK: JURNAL PENDIDIKAN DAN PENGAJARAN, Vol 2, No 1 (2022).
Chadidjah, Sitti dkk. “Implementasi Nilai-Nilai Moderasi BeragamaDalam PembelajaranPAI(Tinjauan Analisis Pada Pendidikan Dasar, Menengah Dan Tinggi)” Al-Hasanah: Jurnal Pendidikan Agama Isla m Volume 6, Nomor 1, Januari-Juni 2021.
https://jurnal.staip.ac.id/index.php/hasanah/article/view/20/23
Gani, Ramlah H. A. dkk, “PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERMAIN DRAMA PADA SISWA KELAS XII SMA 4 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2019/2020”.KOLONI:Jurnal Multidisiplin Ilmu, Vol. 1, No. 1, Bulan Maret Tahun 2022.
Jamaluddin, Ali. Nilai-Nilai Moderasi Beragama dalam Buku Ajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas XII Kurikulum 2013. skripsi : Penerbittigaserangkai. 2016
Jannah, Septa Miftakul. NILAI-NILAI MODERASI BERAGAMA DALAM BUKU AJAR MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI SMK KELAS XI KURIKULUM 2013.Skripsi: IAIN Ponorogo. 2021
Nur’aini, Ratna Dewi. “PENERAPAN METODE STUDI KASUS YIN DALAM PENELITIAN ARSITEKTUR DAN PERILAKU”, INERSIA, Vol. XVI No. 1, Mei 2020.
Sari, IfitNovitadkk, “MetodePenelitianKualitatif”. Malang: Unisma Press, 2022.
Suhendri, Huri&Tuti Mardalena, PENGARUH METODE PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI KEMANDIRIAN BELAJAR, Jurnal Formatif 3(2), 2013.
Sutarmi, Ketut &I Md Suarjana, Peningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Metode Problem Solving dalam Pembelajaran IPA, Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar. Vol.1 (2). 2017.
Syamsuriah &Ardi, “Urgensi Pemahaman Moderasi Beragama di Indonesia”, JURNAL ILMIAH ISLAMIC RESOURCESVol.19, No. 2, Desember 2022, 19 -20
https://repository.uinbanten.ac.id/8245/4/BAB%20II.pdf
Taul, Stefanus Franco Herdiawan&Verry Ronny Palilingan. Djami Olii. “PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADA MATA PELAJARAN PRAKARYA SMA”, Edu TIK : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi Volume 1 Nomor 2, April 2021, 167
https://ejurnal.unima.ac.id/index.php/edutik/article/view/1214/1298
Umrati&HengkiWijaya, “Analisis Data Kualitatif”, Makassar: SekolahTinggiTheologiaJaffray, 2020.
Published
2023-09-19
How to Cite
Jannah, F., & Laili, Z. N. (2023). Penerapan Metode Bebasis Masalah Dalam Pemahaman Tentang Modersi Beragama Pada Siswa Sekolah Dasar. JURNAL LENTERA : Kajian Keagamaan, Keilmuan Dan Teknologi, 22(2), 198-209. https://doi.org/10.29138/lentera.v22i2.1180