Menggali Hikmah dan Mengembangkan Spiritualitas Santri di Ponpes Al-Kautsar Melalui Daurah Al-Quran
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi pengaruh pelaksanaan daurah Al-Quran terhadap penggalian hikmah dan penguatan spiritual santriwan/wati Pondok Pesantren Al-Kautsar. Daurah Al-Quran adalah kegiatan intensif yang melibatkan studi, refleksi, dan implementasi ajaran Al-Quran dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif dan melibatkan sampel santriwan/wati Pondok Pesantren Al-Kautsar. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan analisis dokumen terkait. Analisis data dilakukan melalui proses pengkodean tematik dan interpretasi yang mendalam. Temuan penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan daurah Al-Quran memberikan kontribusi positif dalam menggali hikmah-hikmah Al-Quran dan memperkuat dimensi spiritual santriwan/wati. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui daurah Al-Quran, santriwan/wati mampu mendapatkan pemahaman yang lebih mendalam tentang ajaran Al-Quran, memperkaya pengetahuan mereka tentang nilai-nilai kehidupan yang terkandung dalam Al-Quran, dan meningkatkan kesadaran spiritual mereka. Santriwan/wati juga mengalami perubahan sikap dan perilaku yang lebih reflektif, berempati, dan bertanggung jawab.
References
Akhmadiyah Saputra, Muh. Ridho Nasri. “Tradisi Pembacaan Ayatul Khirzi (Studi Living Qur’an Pondok Pesantren Al-Fatah Temboro).” Al Karima 4 (2020): 1–9.
Al-Adnani, A. A. Negeri-Negeri Penghafal Al-Quran. Solo: Al-Wafi, 2016.
Anggraeni, Dewi. “Ragam Metode Tahfidz Al-Qur’an Di Pondok Pesantren Husnul Khotimah Kuningan (Pendekatan Fenomenologi)” (2016): 1–23.
Arifin, Zainal. “Authority of Spiritual Leadership at Pesantren Temboro Based on Jamaah Tabligh Ideology.” Jurnal Pendidikan Islam 6, no. 2 (2017): 265.
Asdar, Muh., and Munir Munir. “Evaluasi Model CIPP Pada Program Studi Al-Qur’an Intensif (SAINS) Universitas Negeri Makassar.” Al-Musannif 3, no. 2 (2022): 83–100.
Asmara, T. Kecerdasan Ruhaniyah (Trancedental Intelligence) Membentuk Kepribadian Yang Bertanggung Jawab, Profesional Dan Berakhlak. Jakarta: Gema Insani, 2001.
Astuti, D. z. SQ: Spritual Intelligence the Ultimate Intelligence Terj. Bandung: Mizan, 2005.
Didik, Peserta, and D I Man. “Peran Rohani Islam Dalam Menanggulangi Krisis Akhlak Pada” 1 (2022): 52–85.
Fatimah, Meti. “Metode Tahfizh Al-Qur’an Di Pondok Pesantren Muhammadiyah Boarding School Klaten.” Mamba’ul ’Ulum 16, no. 2 (2020): 1–16.
Fitriyani, D. “Pengaruh Aktivitas Menghafal Al-Quran Terhadap Kecerdasan Spritual Santri Di Pondok Pesantren Anak-Anak- Tahfidzul Quran (PPTQ) Raudlatul Bermi Gembrong Pati.” UIN Walisongo Surabaya, 2016.
Ginanjar, A. Rahasia Sukses Membangun Kecerdasan Em Si Dan Spritual : EQ (Emotuonal, Spritual Dan Quotient). Jakarta: Penerbit Arga, 2005.
Kusuma, Rina Sari, and Aprilia Dwi Isti Asmorowati. “Majelis Tafsir Al-Qurâ€TMan (MTA) Religion Online for Ideological Daâ€TMwa Massification.” KOMUNIKA: Jurnal Dakwah dan Komunikasi 15, no. 1 (2021): 13–25.
Lillah, Qonita. “Pengaruh Hafalan Al Qur’an Terhadap Aspek Psikologis Dan Motivasi Belajar Hafidz Hafidzah Al Qur’an.” JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran) 6, no. 2 (2022): 371.
M. Amirullah, and Ronny Mahmuddin. “Pembentukan Generasi Qur’ani Dengan Akhlāq Al-Karīmah Di Pondok Pesantren Al-Haris Makassar.” WAHATUL MUJTAMA’: Jurnal Pengabdian Masyarakat 2, no. 2 (2021): 146–154.
Muttaqin, Rizal. “KEMANDIRIAN DAN PEMBERDAYAAN EKONOMI BERBASIS PESANTREN (Studi Atas Peran Pondok Pesantren Al-Ittifaq Kecamatan Rancabali Kabupaten Bandung Terhadap Kemandirian Eknomi Santri Dan Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Sekitarnya).” JESI (Jurnal Ekonomi Syariah Indonesia) 1, no. 2 (2016): 65.
Rohmat, Rohmat. “Pendidikan Spiritual : Menggetarkan Kalbu Dan Bermanfaat Bagi Sesama.” Millah XIV, no. 2 (2016): 67–90.
Surwanto, M. “Upaya Meningkatkan Kecerdasan Spriual Melalui Kegiatan Tahfidzul Quran (Studi Kasus Pada Siswa Kelas XII MA Darul Fikri Bringin Kauman Ponorogo).” IAIN Ponorogo, 2018.