Penggunaan Media Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Bagi Anak Berkebutuhan Khusus

  • Unik Hanifah Salsabila Universitas Ahmad Dahlan
  • Lathifah Irsyadiyah Husna Universitas Ahmad Dahlan
  • Durotun Nasekha Universitas Ahmad Dahlan
  • Anggi Pratiwi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
Keywords: Islamic Religious Education, Learning Media, Inclusive Schools, Pendidikan Agama Islam, Media Pembelajaran, Sekolah Inklusi

Abstract

Abstract. This study investigates how learning media technology can aid individuals with special needs in pursuing Islamic religious education. This study is a qualitative field inquiry employing interviews and observations in inclusive educational environments. Researchers performed in-depth interviews and classroom observations with special education teachers at Qotrunnada Islamic SLB. This study demonstrates that students with hearing and speech impairments have access to an array of media in inclusive classrooms, including Talk Back, Audio-Visual, and A MA BA media.

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan teknologi media pembelajaran dalam proses belajar mengajar anak berkebutuhan khusus di mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini merupakan penelitian studi lapangan dengan metode wawancara dan observasi ke sekolah inklusi untuk mendapatkan data penelitian. Wawancara mendalam dan obervasi dilakukan oleh peneliti kepada guru anak berkebutuhan khusus di SLB Islami Qotrunnada. Hasil dari penelitian ini yaitu penggunaan media di sekolah inklusi sudah banyak ragamnya seperti Talk Back, dan penggunaan Audio-Visual serta media A MA BA wujud dari rancangan kurikulum oleh pendiri SLB Islami Qotrunnada bagi anak penyandang Tunarungu dan Tunawicara.

References

Anjeli, M, and F Fauzan. “Penggunaan Media Audio-Visual Dalam Pembelajaran PAI Pada Siswa Tunagrahita Di SLB Koto Agung, Blok B Sitiung 1, Kecamatan Sitiung, Kabupaten ….” Jurnal Pendidikan Tambusai 6 (2022): 623–32. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/2953%0Ahttps://jptam.org/index.php/jptam/article/download/2953/2504.
Buliali, Joko Lianto, and Andriyani. “Pengembangan Media Pembelajaran Lingkaran Menggunakan Augmented Reality Berbasis Android Bagi Siswa Tunarungu Development Learning Media Of Circle Using Android-Based.” Jurnal Pendidikan Matematika Pengembanga 7, no. 2 (2021): 170–85.
Datul Ishmi. “Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Bagi Anak Berkebutuhan Khusus Tunagrahita Di Masa Pandemi Covid-19.” WARAQAT : Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman 6, no. 1 (2021): 12–23. https://doi.org/10.51590/waraqat.v6i1.128.
Depdiknas Direktorat Pembinaan Sekolah Luar Biasa, DDPSLB. Badan Standar Nasional Pendidikan, Standar Kompetensi Dan Kompetensi Dasar Sekolah Dasar Luar Biasa. Jakarta, 2006.
Hanum, Lathifah. “Pembelajaran Pai Bagi Anak Berkebutuhan Khusus.” Jurnal Pendidikan Agama Islam 11, no. 2 (2017): 217–36. https://doi.org/10.14421/jpai.2014.112-05.
Husna, Faiqatul, Nur Rohim Yunus, and Andri Gunawan. “Hak Mendapatkan Pendidikan Bagi Anak Berkebutuhan Khusus Dalam Dimensi Politik Hukum Pendidikan.” SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I 6, no. 2 (2019): 207–22. https://doi.org/10.15408/sjsbs.v6i1.10454.
Mahbuddin, Ahmad Nur Ghofir. “Model Integrasi Media Dan Teknologi Dalam Pembelajaran PAI.” Al-Mudarris (Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam) 3, no. 2 (2020): 183–96. https://doi.org/10.23971/mdr.v3i2.2312.
Masrur, Muhammad Shodiq, and Azka Salsabila. “Peran Agama Dalam Kesehatan Mental Perspektif AlQuran Pada Kisah Maryam Binti Imran.” Islamika 3, no. 1 (2021): 38–56. https://doi.org/10.36088/islamika.v3i1.951.
Moure, Anita. “Pendampingan Orang Tua Terhadap Anak Yang Berkebutuhan Khusus,” 2019.
Muhammad, Jamila K. A. Special Education for Special Children. Edited by Edy Sembodo. 1st ed. Jakarta: Hikmah, 2008.
Muyyassaroh, Iffah Khoiriyatul. “Pemanfaatan Komputer Dalam Pembelajaran Dan Menghafal Al Quran Bagi Siswa Tunanetra Di MA Muhammadiyah 1 Ponorogo.” Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, 2019.
Ramadhan, Muhamad, and Asep Supena. “Penanganan Siswa Learning Disabilities Di Sekolah Dasar Inklusi.” Jurnal Basicedu 5 (2021): 1471–78.
Restendy, Mochammad Sinung. “Model Belajar Dan Komunikasi Anak Disabilitas Tunarungu Wicara Di Taman Pendidikan Al Quran Luar Biasa (Tpqlb) Spirit Dakwah Indonesia Tulungagung.” Jurnal Komunika Islamika 6 (2019): 58–74. https://www.ptonline.com/articles/how-to-get-better-mfi-results.
Ridwan, Ridwan, and Indra Bangsawan. Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus. Edited by Anhar. 1st ed. Jambi: Anugrah Pratama Press, 2021. http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/9218%0A.
Salsabila, Unik Hanifah. Pengantar Teknologi Dalam Lingkup Pendidikan Islam. Yogyakarta: Bintang Pustaka Madani, 2021.
Shofiyyah, Nilna Azizatus, Asep Nursobah, and Tarsono Tarsono. “Penggunaan Media Animasi Pada Pembelajaran Pai Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Tunagrahita.” Psychosophia: Journal of Psychology, Religion, and Humanity 1, no. 2 (2020): 120–35. https://doi.org/10.32923/psc.v1i2.1157.
Sukarso, Ekodjatmiko, and Dkk. Assesmen Anak Berkebutuhan Khusus. Jakarta: Dirjen PSLB, 2001.
Sulastri, Sri, and Roko Patria Jati. “Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Siswa Tunarungu.” MUDARRISA: Jurnal Kajian Pendidikan Islam 8, no. 1 (2016): 1–30. https://doi.org/10.18326/mdr.v8i1.1-30.
T. Saiful Akbar. “Manusia Dan Pendidikan Menurut Pemikiran Ibn Khaldun Dan John Dewey.” Jurnal Ilmiah Didaktika 15, no. 2 (2015): 222–43.
Utari, Lia, Kurniawan, and Irwan Fathurrochman. “Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membina Akhlak Peserta Didik Autis.” JOEAI (Journal of Education and Instruction) 3, no. 1 (2020): 75–89.
Widiastuti, Ni Luh Gede Karang, and I Made Astra Winaya. “Prinsip Khusus Dan Jenis Layanan Pendidikan Bagi Anak Tunagrahita.” Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP) 9, no. 2 (2019): 116–26. https://doi.org/10.36733/jsp.v9i2.392.
Published
2023-03-17
How to Cite
Salsabila, U., Husna, L., Nasekha, D., & Pratiwi, A. (2023). Penggunaan Media Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Bagi Anak Berkebutuhan Khusus. JURNAL LENTERA : Kajian Keagamaan, Keilmuan Dan Teknologi, 22(1), 11-21. https://doi.org/10.29138/lentera.v22i1.998
Section
Articles