Ajaran Kemanusiaan Agama Khonghucu dan Islam
Abstract
Setiap agama mengajarkan nilai-nilai kemanusiaan untuk kehidupan. Nilai-nilai tuntunan tersebut disampaikan melalui kitab suci agama masing-masing. Islam dan Khonghucu secara khusus memiliki tujuan yang sama, meskipun memiliki latar belakang sejarah-keagamaan yang berbeda. Penelitian ini dimaksudkan untuk melihat masing-masing ajaran agama yang memiliki nilai positif bagi kehidupan bermasyarakat dan bernegara. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kepustakaan dengan mengumpulkan artikel, jurnal dan buku yang relevan dari berbagai sumber kemudian menganalisis dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ajaran Islam dan Khonghucu memiliki kesamaan nilai-nilai ajaran kehidupan.
References
Ahmad, I. (2016). Pendidikan Agama Kong Hu Cu di Pendidikan Tinggi (1st ed.). Ristekdikti.
Gusnadi. (2016). Pendidikan Agama Konghucu dan Budi Pekerti (3rd ed.). Pusat Kurikulum.
Huda, M. T. (2019). Teologi Toleransi Agama Khonghucu di Klenteng Boen Bio Surabaya. Satya Widya: Jurnal Studi Agama, 2(2), 54–70. https://doi.org/10.33363/swjsa.v2i2.350
Ing, T. T. (1985). Pokok-Pokok Keimanan Konfusiani. Matakin.
Ismail. (2005). Sejarah Agama-Agama. Penerbit Pustaka Pelajar.
Putro, Z. A. E., & Pamungkas, C. (2017). Agama Khonghucu Dan Buddha Dalam Lintasan Sejarah Korea. Jurnal Kajian Wilayah, 8(2), 137. https://doi.org/10.14203/jkw.v8i2.779
Suryadinata, L. (2022). Negara dan Etnis Tinghoa : Kasus Indonesia. Pustaka LP3ES Indonesia.
Thariqul, M. H., & Rikhla Sinta Ilva Sari. (2019). TOLERANSI DAN PRAKTIKNYA DALAM PANDANGAN AGAMA KHONGHUCU. JSA, 8(5), 55.
Tirtarasa, S. (2006). Mengenal Agama Kong Hu Cu, dalam TJHIE. Departemen Komunikasi dan Informatika.
Yulianto, R. (2019). Eksistensi Khonghucu di Indonesia. Jurnal Studi Agama-Agama, 5, 56.